10 TIPS MENGATASI JET LAG SAAT LIBURAN

10 Tips Mengatasi Jet Lag Saat LiburanApakah Anda seorang pecinta wisata, traveler atau backpacker dengan beberapa jadwal perjalanan yang cukup padat? Atau saat ini mungkin Anda sedang merencanakan sebuah liburan menuju ke kota terpencil? Pastinya Anda sudah cukup akrab dengan jetlag.

Jetlag adalah salah satu gangguan tidur yang paling umum dan juga cukup sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan kondisi yang dihasilkan oleh pikiran dan juga ketidakseimbangan dalam jam bio’logis tubuh yang diakibatkan oleh adanya perbedaan zona waktu.

Meskipun tidak ada obat yang dirasa ampuh untuk jetlag, namun ada beberapa hal yang bisa membantu Anda pada saat terkena jet lag, seperti telah dilansir oleh Thedailymeal, ada  10 tips mengatasi jet lag saat liburan:
Cara menghilangkan jetlag 2
Menyesuaikan dengan zona waktu tujuan
1. Geser waktu tidur
Sebelum perjalanan untuk wisata itu tiba, minimal 1pekan sebelumnya Anda harus sudah mulai melatih pola tidur dengan merubah jam tidur yang biasanya Anda lakukan. Pastikan terlebih dulu tempat yang akan Anda kunjungi tersebut dan lihatlah disana terdapat perbedaan waktu berapa jam.

2. Adaptasi dengan zona baru
Kondisi perbedaan waktu antara tempat Anda dan tempat wisata yang menjadi tujuan adalah hal yang tidak dapat dihindari lagi. Sebaiknya atur ulang jam Anda dengan jam yang ada di objek wisata yang akan Anda kunjungi. Kemudian mulailah berpikir yang sesuai dengan zona waktu tujuan.

3. Banyak minum air putih
Perbanyaklah minum air putih sebelum, selama dan juga setelah penerbangan. Hal seperti ini untuk menjaga kondisi tubuh Anda dari masalah dehidrasi. Para ahli juga menyarankan agar Anda minum minimal dua gelas air putih sebelum keberangkatan dan juga satu gelas air putih pada saat berada di dalam penerbangan.

4. Hindari minum alkohol
Jangan pernah Anda berpikir bahwa minum alkohol sebelum terbang bisa membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Itu sangat salah! Anda justru mesti menghindari hal ini dikarenakan alkohol hanya akan membuat Anda jadi mengantuk.

5. Makan dengan teratur
Konsumsi makanan dengan menu rendah lemak sebelum, selama dan juga setelah penerbangan. Sebaiknya Anda jangan pernah mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan juga karbohidrat tinggi karena hanya akan membuat Anda menjadi sulit tidur.

6. Tidur siang kilat
Hal yang satu ini sangat baik dilakukan pada saat Anda sudah sampai di terminal kedatangan. Tidak perlu lama-lama, cukup tidur 30 menit saja.

7. Banyak bergerak
Berjalan-jalan setelah Anda mendarat mungkin tidak hanya bisa mengembalikan energi tubuh, tapi otot-otot yang terasa tegang selama penerbangan juga akan kembali normal.

8. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat mampu meringankan sakit otot selama dalam perjalanan dan juga membantu Anda untuk mengistirahatkan tubuh yang terasa lelah. Penurunan suhu yang disebabkan oleh mandi ini juga bisa membuat Anda lebih cepat mengantuk serta dapat beristirahat dengan cepat.
Cara menghilangkan jetlag
Minimalkan ganguan tidur dengan penutup mata
9. Minimalkan gangguan tidur
Gunakanlah masker untuk penutup kepala dan juga telinga, jika tidur Anda Anda nantinya akan terganggu apabila kedua benda tersebut tidak Anda gunakan. Hal ini juga cukup efektif digunakan bagi Anda yang ingin tidur dan beristirahat selama di dalam pesawat.

10. Obat jet lag
Jika beberapa tips diatas sama sekali tidak dapat membantu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya Anda diberikan solusi untuk dapat mengalahkan jet lag tersebut dengan cara diberikan melatonin yang bertujuan untuk menjaga pola tidur Anda agar tetap normal.

Semoga setelah membaca 10 tips mengatasi jet lag saat liburan ini Anda bisa lebih siap menghadapi liburan yang sudah di depan mata.

Related Post "10 TIPS MENGATASI JET LAG SAAT LIBURAN"

WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik
10 TEMPAT NGABUBURIT DI BANDUNG YANG ASYIK
10 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik
5 TIPS WISATA DI BULAN PUASA
5 Tips Wisata Di Bulan Puasa -