PANTAI SANUR BALI, TEMPAT SUNRISE TERBAIK

Pantai Sanur Bali, Tempat Sunrise Terbaik –  Pantai Sanur adalah salah satu pantai eksotis yang ada di Pulau Bali. Tempat ini merupakan salah satu favorit para wisatawan dan objek wisata Pulau Dewata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama pantainya membuat objek wisata Pantai Sanur sudah populer sejak zaman dulu. Disebutkan di dalam sejarah Bali kuno bahwa Pantai Sanur sudah dikenal sebagai pantai yang sangat indah, hal itu tertulis di dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, salah seorang raja yang menjadi penguasa keraton di Singhadwala sekitar tahun 917 M. Saat ini, prasasti bersejarah tersebut terdapat di wilayah Blanjong, bagian selatan objek wisata Pantai Sanur Bali, tempat sunrise terbaik yang sudah populer.

Pada masa pendudukan Belanda, Pantai Sanur populer sebagai salah satu lokasi pendaratan bala tentara Belanda pada saat akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap selalu membangkang kepada pemerintah Belanda. Perangpun terjadi pada tanggal 18 November di tahun 1906 yang kemudian disebut dengan Puputan Badung, yaitu salah satu semangat perang hingga mati yang dilaksanakan oleh Raja Badung dan juga para pengikutnya.
Tempat wisata pantai sanur bali
Menikmati sunrise di Pantai Sanur
Dalam hal pariwisata, Pantai Sanur telah dikenalkan kepada dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, pelukis kenamaan dari Belgia yang pernah datang ke Bali di tahun 1932. Melihat eksotisme Pantai Sanur yang membuatnya terpesona, Le Mayeur akhirnya memutuskan untuk menetap di daerah Sanur dan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur jugamenikah dengan seorang wanita Bali yang bernama Ni Nyoman Pollok, dia seorang penari Legong yang saat itu sangat terkenal dan merupakan salah satu model bagi lukisannya. Dengan lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur yang indah mulai dikenal di berbagai belahan dunia internasional. Sekarang, sanggar lukis Le Mayeur tersebut telah berubah menjadi Museum Le Mayeur dan bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Museum Le Mayeur lokasinya masih di dalam kawasan wisata Pantai Sanur.
Tempat wisata Pantai Sanur Bali 2
Hamparan pasir putih di Sanur
Berbeda dengan objek wisata Pantai Kuta yang menyajikan sunset atau keindahan matahari terbenam, Pantai Sanur ini lebih terkenal karena keindahan panorama sunrise atau matahari terbitnya. Topografi pantai Sanur yang melengkung dilengkapi hamparan pasir putih yang membentang tampak membentuk sebuah gugusan pantai yang indah. Saat pagi hari mulai menjelang, sambil menikmati detik-detik matahari terbit yang mempesona, para pengunjung dapat melihat gugusan pulau Nusa Penida di arah sebelah tenggara dan juga panorama pantai selatan yang ada di Pulau Bali.

Pemandangan Pantai Sanur di sore hari juga sebenarnya tidak kalah menarik. Surutnya air laut dapat memperjelas pandangan mata para pengunjung pada gugusan Pulau Serangan dan juga bukit batu karang yang tampak condongke laut di arah sebelah selatan dari Pantai Sanur. Tidak cuma itu, apabila gelombang air laut sedang tidak terlalu besar, wisatawan bisa menyaksikan keindahan batu karang yang membentang dan penuh dengan warna-warni.

Lokasi Pantai Sanur tepatnya terletak di Desa Sanur, wilayah Kecamatan Denpasar Kota Denpasar. Jaraknya sekitar 6 km dari arah pusat kota Denpasar dan bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, baik memakai mobil ataupun sepeda motor. Apabila Anda ingin menggunakan kendaran umum, para pengunjung tidak perlu khawatir karena cukup banyak kendaraan umum yang  mondar-mandir antara Sanur dan Denpasar.
Tempat wisata Pantai Sanur Bali 3
Sanur, salah satu favorit wisatawan asing
Kawasan wisata Pantai Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata yang pertama di Pulau Bali, ini ditandai dengan hadirnya  berbagai hotel berbintang dan juga berbagai macam restoran. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir apabila membutuhkan tempat menginap atau tempat makan makan di sekitar pantai yang eksotis ini. Selain itu, objek wisata Pantai Sanur juga menyediakan banyak kios suvenir yang menjual banyak barang kesenian serta berbagai oleh-oleh khas pantai.

Waktunya mengunjungi Pantai Sanur Bali, tempat sunrise terbaik kebanggan Indonesia yang sudah mendunia. Enjoy!

Related Post "PANTAI SANUR BALI, TEMPAT SUNRISE TERBAIK"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak