PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH

Pesona Curug Cimahi Yang Indah – Untuk menghilangkan kepenatan setelah seminggu penuh menghabiskan waktu dalam berbagai rutinitas harian, pantai dan air terjun merupakan tempat favorit untuk refreshing di akhir pekan. Tidak heran jika kawasan air terjun dengan airnya yang jernih dan segar selalu menjadi pilihan para pecinta wisata. Untuk Anda yang berada di sekitar Bandung dan Jawa Barat, atau yang sedang berlibur dan wisata di Bandung, mungkin Anda perlu mencoba untuk mengunjungi dan menikmati pesona Curug Cimahi yang indah.

Air Terjun Cimahi atau yang biasa disebut dengan Curug Cimahi dalam Bahasa Sunda merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 87 meter. Lokasi Curug Cimahi sendiri tepatnya berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, wilayah Kecamatan Cisarua dan secara administratif termasuk dalam daerah Kabupaten Bandung Barat.

Curug cimahi jawa barat

Pesona Curug Cimahi Jawa Barat
(Image: kicaucimahi.blogspot.com)

Untuk warga sekitar, Curug Cimahi merupakan tempat wisata alam sambil berolahraga karena lokasinya yang cocok untuk jogging. Lokasi Curug Cimahi sendiri cukup mudah dijangkau karena pintu masuknya berada di sisi Jalan Kolonel Masturi atau dekat dengan Terminal Angkutan Kota Cisarua. Perjalanan menuju ke air terjun yang indah ini hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Cimahi dengan memakai kendaraan roda dua atau empat. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum. Jika Anda berangkat dari Kota Bandung dengan memakai kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur Cihideung untuk menuju ke Cisarua dengan waktu tempuhnya sekitar 1 jam lamanya. Atau bisa juga melalui Geger Kalong menuju ke Cibaligo dan Parongpong untuk kemudian menuju ke arah Cisarua. Harga tiket masuk Curug Cimahi sendiri hanya 10 ribu rupiah per orangnya, namun sewaktu-waktu harganya bisa berubah.

Nama Curug Cimahi sendiri berasal dari nama sungai yang mengalir di bagian atasnya, yaitu aliran Sungai Cimahi yang hulunya beasal dari Situ Lembang. Kawasan air terjun ini menempati area objek wisata alam yang luasnya 2 hektar. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di wilayah Bandung. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi yang indah diantara air terjun ini.

Curug Cimahi Bandung

Tingginya sekitar 87 meter
(Image: wisataalamjawabarat.wordpress.com)

Ada beberapa mitos yang berkembang di warga masyarakat sekitar air terjun. Menurut cerita warga setempat, jika Anda menadahkan badan tepat di bawah guyuran Curug Cimahi ini, dipercaya mampu menyembuhkan penyakit serta membangkitkan aura. Hal tersebut dikarenakan air terjun yang satu ini memancarkan aura yang positif dan dapat membantu Anda untuk meningkatkan energi tubuh. Anda boleh percaya atau tidak, namanya juga mitos dan belum dilakukan penelitian secara ilmiah.

Kondisi airnya yang jernih, serta pemandangan alam yang sangat eksotis membuat Anda dapat melakukan berbagai aktifitas disini. Anda bisa menikmati kesejukan udara yang menyehatkan dan menyaksikan keindahan alam sambil berendam, mandi atau sekedar bermain-main air untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh yang terasa lelah karena berbagai kegiatan sehari-hari. Selain itu, di sekitar Curug Cimahi terdapat para pedagang yang menyediakan berbagai macam makanan dan juga minuman. Ada juga pedagang yang menjajakan cinderamata, mainan anak, topi dan berbagai barang lainnya khas tempat wisata. Fasilitas lainnya yang membuat Anda nyaman saat berwisata disini diantaranya adalah musholla, shelter,area parkir, pusat informasi dan juga peta lokasi objek wisata.

Curug cimahi Bandung Barat

Eksotisnya Curug Cimahi, Bandung Barat
(Image: bandung.panduanwisata.com)

Untuk menikmati pesona Curug Cimahi yang indah, saat sampai di lokasi Anda harus menuruni jalan setapak yang memiliki 520 undakan dan dibuat dari batu kali. Panorama alam sekitar curug yang sangat cantik dan eksotis akan selalu menemani perjalanan Anda. Dibutuhkan waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit untuk sampai ke air terjun dari pintu masuknya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang curug d jawa barat. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak