5 TIPS MENGATASI FLU DAN PILEK SAAT WISATA

5 Tips Mengatasi Flu Dan Pilek Saat Wisata – Penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang seringkali hadir dan dengan lebih mudah tersebar pada saat musim hujan tiba. Bahkan saat bertepatan dengan datangnya libur panjang sekolah atau libur akhr tahun. Tentunya kita harus selalu menjaga tubuh tetap fit agar membantu kita untuk menikmati liburan.

Akan tetapi bagaimana  jadinya apabila saat menyenangkan pada liburan ini, Anda malah terkena flu dan pilek? Berikut 5 tips mengatasi flu dan pilek saat wisata sebagaimana pernah dilansir oleh lives cience, flu dan pilek dapat dihindari dengan beberapa cara mudah berikut, diantaranya :

1. Jangan menyentuh wajah
Meskipun kebanyakan orang seringkali tidak sadar ketika menyentuh wajahnya, tapi sebenarnya kegiatan yang satu ini dapat menjadi salah satu sarana penyebaran penyakit. Sebagaimana diungkapkan oleh Michael Langan, seorang dokter primer dan juga asisten profesor di Ohio State University Wexner Medical Center, bahwa kapan pun Anda menyentuh membran mukus, seperti halnya mata, hidung dan juga mulut, maka penularan penyakit juga bisa saja terjadi. Studi yang pernah dilakukan sebelumnya sebelumnya menunjukkan bahwa orang mengkontaminasi tangan mereka ternyata lebih sering terkena flu dibandingkan frekuensi mereka yang mencuci tangan.
Mengatasi flu saat liburan
Liburan menyenangkan tanpa flu dan pilek
2. Selalu mencuci tangan
Anjuran untuk mencuci tangan memang telah lama digalakan oleh pemerintah kita. Menurut pusat pengontrolan & pencegahan penyakit Amerika Serikat atau CDC, seringnya mencuci tangan dengan memakai sabun dan air yang mengalir mampu mencegah penyebaran penyakit bagi diri kita sendiri dan juga orang lain.

Untuk cara mencuci tangan sendiri perlu perhatian khusus supaya mikrobanya dapat mati dengan sempurna. CDC menyarankan kita untuk mencuci tangan sedikitnya selama 20 detik. Apabila sulit untuk menemukan air dan juga sabun, sebaiknya Anda selalu mengusap tangan dengan memakai hand sanitizer untuk dapat membantu untuk menghilangkan berbagai mikroba. Sebaiknya Anda selalu membawa hand sanitizer saat berwisata, karena siapa tahu di tempat wisata tujuan, Anda cukup sulit menemukan sabun.

3. Memakai vaksinasi flu
CDC mengungkapkan bahwa vaksinasi flu merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat melindungi diri dari fludan pilek. Akan tetapi cara yang satu ini baru efektif apabila dilakukan beberapa bulan sebelum Anda memasuki musim flu, seperti liburan saat musim hujan. Ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu yang cukup sebelum dapat membentuk antibodi alami yang distimulasi oleh vaksin.

4. Hindari orang yang sedang sakit flu
Untuk mencegah tertular penyakit flu saat liburan, sebisa mungkin Anda harus menghindari kontak dengan siapapun yang terlihat sedang terkena flu. Terutama pada orang yang mempunyai risiko tinggi terkena komplikasi dari flu, misalnya orang yang mempunyai penyakit jantung, memiliki gangguan liver, terkena diabetes ataupun sedang hamil. Selain itu, jika Anda membawa anak kecil saat liburan, jagalah si kecil untuk meminimalkan kontak dengan mereka yang terlihat sedang sakit.

5. Tetap aktif dan lakukan kebiasaan sehat
Terapkan gaya hidup sehat, termasuk selalu rutin berolahraga, mengkonsumsi makan sehat dan tidur cukup adalah cara yang tepat untuk membantu mencegah terkena flu. Termasuk juga menghindari mer*kok serta mengkonsumsi vitamin C, E, dan juga seng. Jangan pernah membeli sembarang makanan yang terlihat kurang higienis di tempat wisata.

Pastikan Anda selalu memperhatikan 5 tips mengatasi flu dan pilek saat wisata ini agar liburan jadi menyenangkan, terutama jika Anda berlibur dengan menjadi backpacker dan hanya membawa perbekalan secukupnya saja. 

Related Post "5 TIPS MENGATASI FLU DAN PILEK SAAT WISATA"

TIPS BULAN MADU ROMANTIS DENGAN BERKEMAH
Tips Bulan Madu Romantis Dengan Berkemah -
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik