5 TIPS WISATA DI BULAN PUASA

5 Tips Wisata Di Bulan Puasa – Saat bulan Ramadhan tiba, bukan berarti Anda hanya berdiam diri di dalam rumah dan tidak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan ini, Anda masih dapat melakukan berbagai macam aktifitas seperti biasanya dan juga tentunya masih bisa mengisi waktu di bulan Ramadhan dengan berwisata.Kegiatan liburan bagi umat Muslim ketika bulan Ramadhan memang agak berbeda apabila dibanding dengan berlibur pada hari-hari biasanya. Hal tersebut karena Anda membutuhkan kondisi tubuh yang ekstra fit. Apapun bentuk aktifitas Anda selama berwisata, sebaiknya selalu diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat serta tidak mengurangi pahala Anda ketika berpuasa. Berikut 5 tips wisata di bulan puasa untuk Anda yang ingin tetap berlibur.

1. Jaga asupan makanan
Pada saat makan sahur, konsumsilah makanan yang mempunyaii nilai gizi dan juga nutrisi yang tinggi. Apabila perlu, tambahlah dengan asupan multivitamin, supaya ketika menjalani puasa seharian Anda akan tetap segar dan dapat tetap menjalani kegiatan liburan dengan bugar. Jangan lupa juga untuk membiasakan diri selalu membaca doa ketika akan berpergian keluar rumah. Siapkanlah pribadi Anda untuk tetap dalam kondisi sabar dan mampu menjaga emosi diri.

Tips liburan di saat puasa

Bulan puasa bukan halangan untuk berlibur
(Image: ownersdirect.co.uk)

2. Siapkan kebutuhan wisata
Siapkan semua kebutuhan pribadi Anda untuk berlibur, seperti Al-Quran dan juga mukena. Sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah selama pergi untuk wisata. Sediakan juga air mineral untuk persiapan Anda buka puasa pada saat terpaksa harus berbuka puasa selagi di dalam di perjalanan.

3. Lakukan safari Ramadhan
Sebaiknya Anda selalu menyempatkan untuk mengisi waktu wisata dengan cara melakukan safari Ramadhan, yaitu dengan jalan melakukan kegiatan liburan ke tempat-tempat yang mempunyai nilai religi untuk dapat menambah pengetahuan Anda tentang Islam. Mungkin salah satunya Anda dapat melakukan sholat tarawih di berbagai masjid terkenal yang sama sekali belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

4. Mengisi waktu dalam perjalanan
Selama dalam perjalanan dengan memakai kendaraan pribadi, isilah kegiatan Anda dengan kegiatan religi yang positif, seperti mendengarkan ceramah atau aktifitas lainnya. Sisihkan juga uang Anda untuk dapat bersedekah dan diberikan pada orang yang berhak dan membutuhkan saat dalam perjalanan wisata.

5. Buka puasa
Pada saat waktu untuk buka puasa telah tiba, sebaiknya beristirahatlah dulu sejenak untuk berbuka puasa dengan makanan dan juga minuman yang manis untuk dapat memulihkan kembali tenaga Anda. Kemudian lakukan ibadah shalat maghrib terlebih dahulu, barulah setelah itu lanjutkan wisata Anda.

Itulah 5 tips wisata di bulan puasa. Jaga kesehatan dan jangan berlebihan dalam beraktifitas, agar liburan Anda tetap menyenangkan dan ibadah puasa Anda tidak batal di tengah jalan.

Related Post "5 TIPS WISATA DI BULAN PUASA"

TIPS BULAN MADU ROMANTIS DENGAN BERKEMAH
Tips Bulan Madu Romantis Dengan Berkemah -
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik