BERLIBUR KE PULAU PAHAWANG & KELAGIAN LAMPUNG

Berlibur ke Lampung, kurang lengkap rasanya jika belum Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian Lampung. Bukan cuma cantik, kedua pulau yang terdapat di Padang Cermin ini masih tampak sangat alami. Saat berlibur di sana, seolah Anda sedang berlibur di sebuah pulau pribadi. ┬áKedua pulau ini merupakan pulau yang berada di Padang Cermin – Provinsi Lampung. Sebagian wisatawan yang sudah pernah ke sana menyebut Pulau Pahawang dan Kelagian ini bagaikan Bali-nya Lampung.

Provinsi Lampung ternyata tidak hanya Teluk Kiluan saja yang terkenal keindahannya, namun ada juga Pulau Pahawang yang sekarang ini menjadi surga baru para pecinta diving atau menyelam. Terumbu karang menjadi pemandangan bawah laut yang cantik yang dihiasi dengan ikan-ikan lucu ada di sini.

Pulau Pahawang

Cantiknya pasir putih Pahawang
(Image: pariwisataantarpulaupahawanglampung.blogspot.com)

Lampung menyimpan berbagai potensi alam dan juga budaya yang tidak kalah menariknya dengan berbagai provinsi lain di nusantara, terutama dengan potensi baharinya. Selain Teluk Kiluan yang sudah lebih dulu tersohor, ada lagi Pulau Pahawang yang punya pemandangan pulau dan juga bawah lautnya yang sangat indah. Pulau ini tepatnya berada di wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran – Lampung. Untuk menuju ke Pulau Pahawang, para wisatawan dapat melalui sebuah pelabuhan kecil yang bernama Ketapang. Namun Pelabuhan di Ketapang ini bukan yang berada di Kabupaten Banyuwangi, tapi terdapat di Lampung. Dari pelabuhan ini, Anda dapat melanjutkan kembali perjalanan ke Pulau Pahawang Besar yang menghabiskan waktu sekitar 45 hingga 60 menit. Baca juga: Serunya Liburan Di Lembah Hijau Lampung.

Pantai Pahawang Lampung

Pahawang, surga baru para diver
(Image: eloratour.wordpress.com)

Pulau ini terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar yang ditempati oleh masyarakat asli dan ada juga Pulau Pahawang Kecil yang ditempati oleh satu keluarga asing asal negara Prancis. WNA tersebut punya peran sangat penting bagi masyarakat asli. Dia telah mendirikan sekolah tingkat SD dan SMP bagi warga dan membebaskan biaya sekolahnya. Baca juga: Pantai Pasir Putih Lampung Yang Eksotis.

Jangan sampai Anda melewatkan pemandangan yang begitu indah di pulau ini. Alam bawah lautnya juga sangat sayang untuk disaksikan dari atas kapal saja. Kenakan alat snorkel dan kemudian ceburkan diri Anda. Surga bawah laut akan langsung tersaji bagi para pengunjung yang datang.

Satu-satunya bangunan yang terdapat di Pahawang kecil adalah cottage milik Mr Joe, yang berstatus WNA tersebut. Jika Anda melihat begitu indah cottage-nya, mungkin tidak akan terpikir bagaimana caranya Mr. Joe bisa membangun sebuah cottage yang begitu indah.

Perjalanan dari Pahawang menuju Pulau Kelagian menghabiskan waktu sekitar 45 menit, dengan tantangan gulungan ombak yang lebih dasyat. Beda dengan Pahawang, di Pulau Kelagian ini sudah ada berbagai fasilitas seperti warung dan juga kamar ganti. Pada saat Anda merasa lapar, Anda bisa langsung mencoba beberapa macam kuliner di sekitar pulau. Ada juga cottage yang bisa Anda sewa secara berkelompok disini.

Pulau Kelagian Lampung

Ketemu Nemo di Kelagian
(Image: kelilinglampung.wordpress.com)

Pemandangan alam bawah laut Pulau Kelagian ini masih sangat terjaga kealamiannya, Anda bisa menemukan banyak ikan clownfish seperti dalam film finding nemo disini. Pulau ini berada tepat di wilayah Pantai Pasir Putih yang dekat dengan PLTU Tarahan – Lampung. Pecinta diving dan snorkeling akan ┬áterpuaskan saat mencoba perairan pantai Kelagian. Pulau yang terdapat di depan Desa Ketapang sebelum Pantai Klara ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan sebuah perahu sewaan, Anda juga harus mencoba satu spot menarik yang dinamakan Batu Mandi. Batu Mandi ini terletak tidak jauh dari wilayah Kelagian. Dari jauh tempat ini memang hanya terlihat 2 hingga 4 onggok batu karang yang timbul pada bagian atas permukaan air. Tapi, begitu Anda sampai dan melihat ke bagian bawah perahu, keindahan bawah lautnya sudah sangat terlihat jelas.

Pulau Kelagian Lampung

Bersantai di Pantai Kelagian
(Image: lostpacker.com)

Setelah dari puas dengan keindahan alam Batu Mandi, Anda bisa beristirahat di sebuah titik di kelagian kecil. Di pulau ini Anda bisa bersantai, makan siang sambil berteduh di bawah pepohonan, sambil memandang ke arah pasir putih yang tampak menghampar ke arah lautan.

Tertarik untuk Berlibur di Pulau Pahawang Dan Pulau Kelagian Lampung dalam waktu dekat? Rencanakan keberangkatan Anda dengan baik agar liburan lebih menyenangkan, ajak teman beserta keluarga, pastikan perjalanan wisata Anda terasa istimewa dengan mengabadikan moment indah bersama.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pahawang, pantai pahawang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "BERLIBUR KE PULAU PAHAWANG & KELAGIAN LAMPUNG"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali