DANAU KAOLIN SI BIRU CANTIK DARI BELITUNG

Danau Kaolin Si Biru Cantik dari Belitung yang kata urang Bangka Belitung cakap sebagai “Camok Aek Biru” kayaknya lebih tepat saya panggil Si Biru Cantik dari Belitung. Hmmmm kalau dilihat-lihat mirip Ciwidey ya.. versi lebih panas tempatnya bikin kamu terlihat lebih eksotis tetapi gak bau belerang kok.

Danau yang lagi ngehits dikalangan para penikmat alam ini merupakan danau yang terbuat dari penambangan Kaolin yang ditinggalkan (jadi sebenarnya ini bekas pertambangan.. tragis yah) dan bersyukurlah alampun membuatnya menjadi indah.

Danau Kaolin

Ceruk-ceruk yang membentang yang akhirnya dinamakan Danau Kaolin ini mengandung Kaolin yang merupakan sejenis tanah liat hasil dari pelapukan batu granit. Kaolin sendiri merupakan suatu mineral yang dapat digunakan sebagai bahan di industri seperti kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi (hmmm… ini kalau saya tulis panjang-panjang bisa jadi pelajaran geologi ini). Walaupun dulu danau ini bekas pertambangan, tetapi sekarang Danau Kaolin menjelma menjadi wisata di Pulau Belitung yang indah dan wajib kamu datangi.

Danau ini berlokasi tepatnya di Desa Air Raya Tanjung Padang Belitung, dekat dengan Kota Tanjung Pandan yah kira-kira 10 menitan lah, kalau kamu turis luar pulau sama seperti saya disana banyak penawaran Jasa Tour Guide kok buat keliling Belitung dan kalau mau ke Danau ini sih saya sarankan bawa kendaraan pribadi. Karena apa? karena susah nyari angkot (eh salah maksud saya susah cari kendaraan umum).  Udah gitu nih pas udah nyampek ke danaunya, berhubung tempat ke sananya becek dengan jalan setapak yang kiri kanannya curam, maka saya sarankan nih jangan pake hak tinggi. Karena itu artinya anda salah kostum dan pasti ribet banget. Jujur yah pertama kali ke sini rasanya sedih walaupun cantik banget tempatnya apalagi buat selfie (eaaaa banci foto) foto prewed juga bagus lho.. soalnya perpaduan warnanya cantik banget, dan timbunan galian berwarna putih ini serasa ada di Bromo lhooo… (penulis mengkhayal).

Tempat Wisata Danau Kaolin

Tetapi tetap saja, saya sedih banget rasanya ada orang-orang yang berhasil merusak lingkungan sampai bikin tempat ini jadi kayak gini. Semoga saja kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi wajib Pulau Belitung, para wisatawan yang datang tetap menjaga kebersihan di sini begitu juga pemerintahannya. Support dari pemerintah juga dibutuhkan untuk menjaga kelestarian tempat ini. Karena sepertinya akan susah banget kalau mengembalikan ceruk-ceruk tersebut menjadi seperti sedia kala. Saya jadi heran kemana ya para pengusaha-pengusaha yang udah ngerusak alam ini. Issssshhh jadi gemes sendiri (curhat).

Oh ya buat kamu-kamu yang baru aja nih punya slogan hidup “MY TRIP MY ADVENTURE” buruan deh ke Bangka Belitung gak cuma Danau Kaolin. Aneka tempat wisata alam, museum, dan pengrajin tradisional bisa bikin kamu terpikat dan ketagihan buat datang kemari. Pasti kalian dah tau gimana keindahan Pantai-pantai di Belitung dari film Laskar Pelangi kan, yang berhasil banget bikin kamu mupeng. Nih beberapa contoh wisata pantai yang ada di Pulau Belitung yaitu Pulau Lengkuas (trademarknya ada mercusuar tinggi di tengah-tengah pulau), Pantai Punai, Pantai Tanjung Tinggi (yang mau beli souvenir dan oleh-oleh Belitung di sini tempatnya), Pantai Tanjung Kelayang, Bukit Berahu (kalau mau nginep dengan view yang cantik banget ya di sini tempatnya tapi ya itu jangan pakai hak tinggi soalnya mau ke sana aja naik tangganya banyak banget bisa gempor tu kaki), dan yang paling terkenal sih Pantai Nyiur Melambai. Untuk alternatif wisata lain dapat di lihat di daftar lengkap tempat wisata di bangka belitung,  have fun!

Tags: Bangka Belitung Danau Kaolin Wisata Alam

Related Post "DANAU KAOLIN SI BIRU CANTIK DARI BELITUNG"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim