DANAU POSO, KEINDAHAN & KESERUANNYA

Sudah pernah berkunjung ke Danau Poso yang indah? Bagi Anda yang merasa penat dengan semua rutinitas kota maka mendatangi suasana tenang dengan pemandangannya yang asri & udara segar mungkin akan menjadi sesuatu yang sangat dirindukan. Ambillah waktu berlibur untuk dapat mengembalikan semangat jiwa Anda dengan menyaksikan sendiri keindahan Danau Poso yang ada di Kota Tentena – Kabupaten Poso – Sulawesi Tengah. Anda juga bisa memilih pintu masuk lainnya  seperti lewat Kota Pintolo.

Danau Poso sebenarnya merupakan danau terbesar ketiga yang ada di Indonesia setelah Danau Toba yang sudah Kita kenal di Sumatera Utara & juga Danau Singkarak yang letaknya ada di Sumatera Barat. Danau ini juga termasuk salah satu danau paling dalam & terindah di Indonesia. Danau yang berada di ketinggian sekitar 657 meter dpl & membentang dari arah utara ke selatan dengan luas sekitar 32.000 Ha ini mempunyai kedalaman hingga 510 meter. Danau ini memiliki pemandangan eksotis dengan perbukitan & hutan yang memagarinya. Udaranya sejuk di wilayah ini pastinya akan membuat fresh pikiran & perasaan. Amati saja bagaimana air danau ini begitu jernih meskipun sedang terjadi banjir pada beberapa sungai yang bermuara langsung ke danau ini. Bahkan ada orang yang menyebut air yang jernih danau ini terjadi sepanjang masa, meskipun sedang musim hujan tidak akan membuat airnya menjadi keruh.

Danau Poso

Image: gocelebes.com

Selain itu, Danau Poso punya keunikan lainnya, yaitu airnya yang terdapat di tepi danau ini berwarna hijau sedangkan yang ada di tengah danau memiliki warna biru. Di danau ini warga setempat terkadang melihat cahaya layaknya lampu yang berpindah pindah. Itu diyakini mereka sebagai mata dari seekor naga yang jadi penjaga Danau.

Apabila Anda termasuk seorang pecinta alam, maka tentu kunjungan ke Danau Poso ini menjadi pilihan yang sangat menarik karena kawasan ini memang dikelilingi perbukitan yang telah ditumbuhi tanaman cengkeh. Ketika cengkeh berbunga di sekitar bulan Juni hingga bulan November maka akan otomatis mengeluarkan aroma keharuman bunga cengkeh yang khas & menjadi keunikan tersendiri bagi pecinta hiking.

Danau Poso Tentena

Image: www.wisatalokaleksotis.com

Selain menarik wisatawan, danau ini juga sudah menarik minat para peneliti & investor yang tertarik untuk mengembangkan perikanan di danau ini. Di Danau indah ini hidup sejenis ikan sidat atau ikan sogili yang paling besar di dunia. Di wilayah ini juga terdapat pelestarian bagi tanaman angrek terbesar yang ada di Indonsia dimana salah satunya merupakan angrek hitam.

Saat Anda berlibur di Danau Poso maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata kuliner di sekitar wilayah danau ini. Ada beberapa spot makan yang menyajikan beberapa aneka hidangan ikan yang langsung diambil dari sekitar danau ini. Makanan khas daerah Poso yang patut Anda cicipi tentu saja ikan sogili bakar ataupun belut air tawar. Selain bisa disajikan dengan cara dibakar, ikan ini juga dapat disajikan dengan cara direbus & digoreng. Namun, kebanyakan dari pengunjung dan masyarakat setempat lebih memilih cara dibakar karena rasanya akan terasa gurih & renyah.  Bumbu yang dipakai untuk mengolah ikan sogili ini adalah rica-rica ataupun dabu-dabu dengan menambahkan perasan jeruk nipis, tomat & bawang merah. Jika disajikan seperti masakan pecel lele maka kuliner tersebut disajikan dengan tambahan sayuran, sambal & nasi hangat. Anda dapat menikmati sajian ikan tersebut hampir di setiap warung makan sekitar Danau Poso ataupun Kota Tentena.

Danau poso Sulawesi tengah

Image: travelmatekamu.com

Keindahan Danau ini akan membuat pengunjung betah belama-lama untuk bersantai. Banyak aktifitas dapat Anda lakukan di tempat ini, seperti berenang di air danau yang jernih, memancing dengan memakai sampan, mengelilingi danau dengan cara mendayung sampan, berjalan-jalan di sekitar tepian danau, atau bisa pergi ke perkampungan warga setempat & berbagi cerita dengan mereka. Lebih seru lagi jika Anda pergi hiking ke wilayah hutan & gunung di sekitar Danau. Baca juga: Daftar Destinasi Wisata Di Sulawesi.

Di dekat Danau Poso ini ada Desa Bancea yang tengah mengembangkan sebuah taman anggrek di Taman Anggrek Bancea, memiliki sekitar 55 jenis anggrek langka dan diantaranya termasuk koleksi anggrek liar membuatnya menarik untuk dikunjungi. Untuk menuju taman ini Anda dapat berjalan sejauh 11 km atau bisa menyewa mobil dari wilayah Pendolo ke Taipa.

Di bulan Agustus, tepatnya di minggu keempat, Danau ini mengadakan sebuah festival besar yang cukup populer, yaitu Festival Danau Poso. Sebuah Event budaya yang menggelar beragam pertunjukan berbagai kesenian daerah dari berbagai wilayah kabupaten & kota se-Provinsi Sulawesi Tengah. Ada juga eksebisi kesenian dari berbagai daerah lainnya di Indonesia juga pameran industri kerajinan serta atraksi berbagai macam permainan tradisional warga setempat.

Jika Anda datang di akhir bulan maka memiliki kesempatan untuk dapat menyaksikan pagelaran Festival Danau Poso yang artinya Anda bisa menikmati budaya sekaligus keindahan alam indah sekitar danau secara bersamaan. Hampir semua masyarakat setempat ikut serta dalam merayakan festival ini.

Related Post "DANAU POSO, KEINDAHAN & KESERUANNYA"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim