DUSUN BAMBU LEMBANG, TEMPAT WISATA BARU DI BANDUNG

Dusun Bambu merupakan wahana wisata paling baru yang ada di Desa Kertawangi, wilayah Kecamatan Cisarua, secara administratif masuk daerah Kabupaten Bandung Barat – Provinsi Jawa Barat. Wisata baru itu memiliki sejarah yang cukup menarik untuk disimak, dimana pada awalnya kawasan wisata Bambu merupakan lahan bekas peternakan dan juga ladang milik masyarakat setempat. Sayangnya, semua peternakan dan juga aktivitas perladangan mengalami kebangkrutan dan akhirnya semua lahan dijual kepada seorang pengusaha yang bernama Ronny Lukito. Dari tangan pengusaha kreatif itu, semua lahan disulap menjadi lahan aneka varietas bambu. Rony juga membuat danau buatan, villa, restoran, sawah, serta bangunan-bangunan lain yang menerapkan arsitektur khas dari Sunda.

Tempat liburan di Bandung yang terkenal akan keindahan alamnya itu, sebetulnya akan dinamakan Lawang Angin karena lokasi wisata yang diapit oleh dua gunung yaitu Burangrang, Tangkuban Perahu. Namun pada akhirnya mengambil nama Dusun Bambu karena dahulu wilayah itu merupakan hutan bambu. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke tempat unik itu, Anda dapat melewati 2 rute alternatif yaitu melalui Jalan Sersan Bajuri dan melalui Jalan Alternatif Cimahi. Jika melewati Jalan Sersan Bajuri, Anda dapat mengikuti jalan tersebut hingga melawati Vila Istana Bunga dan lanjut hingga kampus Universitas Advent. Dari kampus ikuti jalan tersebut hingga Curug Cimahi dan dari Curug Cimahi sekitar 300 meter, ambil kanan jalan dan masuk ke gapura yang bertuliskan “KOMANDO”. 500 meter dari gapura, Anda masuk ke dalam gerbang masuk Dusun Bambu.

dusun bambu Bandung

Jika menuju Dusun Bambu melalui alternatif lewat Cimahi, Anda harus melewati Jalan Jenderal Sudirman hingga sampai di alun-alun kota Cimahi. Belok ke arah Jalan Kolonel Matsuri, lurus terus hingga menuju arah Curug Cimahi. Jika sudah sampai Curug, kurang lebih 300 meter ambul jalan kanan dan masuk sampai dengan gapura yang bertuliskan “Komando”. Masuk terus dengan mengikuti arah jalan hingga sampai di gerbang masuk Dusun Bambu.

Sesampainya di tempat wisata alam tersebut, Anda akan dimanjakan dengan berbagai lokasi-lokasi yang menarik dan unik. Adapun beberapa lokasi yang akan memanjakan diri Anda antara lain:

dusun bambu di Bandung

Lutung Kasarung

Lutung Kasarung adalah sebuah tempat unik yang berupa bangunan berbentuk kapsul yang dihiasi dengan akar pohon. Jika dilihat dengan sekilas, bangunan tampak bergelantungan sehingga akan nampak sangat menarik. Di dalam bangunan Lutung Kasarung terdapat tempat duduk, wastafel, dan ada beberapa yang belum dapat diketahui isinya. Penghubung antara bangunan yang satu dengan lainnya yaitu sebuah jembatan yang sangat indah. 

Dusun bambu Lembang Cisarua

Kampung Layung

Tempat liburan di Bandung yang unik ini merupakan sebuah cottage yang bernuansa pedesaan. Bangunan cottage terbuat dari bahan kayu dan bambu sehingga nampak eksotik. Namun, semua fasilitas yang ditawarkan pada cottage tak kalah dengan hotel berbintang. Semua fasilitas modern akan memanjakan Anda jika menginap di Kampung Layung.

Pasar Khatulistiwa

Tempat liburan di Bandung bernama Pasar Khatulistiwa ini terdapat pada sebuah bangunan 2 lantai yang bersatu dengan Restaurant Burangrang. Pasar yang satu ini menawarkan berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan segar yang berasal dari Gunung Burangrang. Berbagai macam souvenir khas dari Jawa Barat seperti aneka kerajinan berupa hiasan dinding, alat musik tradisional, dan lain-lain.

dusun bambu family leisure park

Untuk dapat menikmati semua fasilitas yang ada di Dusun Bambu, Anda harus merogoh kocek untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan jika membawa mobil Anda harus merogoh kocek kembali sebesar Rp10.000, cukup murah bukan?

Terima kasih telah membaca artikel tentang wisata baru di bandung, kampung bambu cisarua. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "DUSUN BAMBU LEMBANG, TEMPAT WISATA BARU DI BANDUNG"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik