KESERUAN DI PANTAI PASIR PANJANG SINGKAWANG

Pantai Pasir Panjang berada di wilayah Kecamatan Tujuh Belas – Kota Singkawang, Kalbar. Pantai tersebut diberi nama demikian karena pantainya memang membentang panjang di lautan lepas sepanjang 3 Km. Wilayah pantai ini punya pasir putih nan cantik & ombak yang tenang. Pantai tersebut dapat dicapai dengan memakai kendaraan selama 20 menit (sekitar 17 Km) dari arah pusat Kota Singkawang menuju ke arah Pontianak.

Hamparan pasir putihnya yang seperti karpet, ada juga bebatuan, panorama alam yang masih tampak alami & air lautnya yang tenang membuat pantai ini sangat layak untuk Anda kunjungi. Rasakan sendiri hembusan angin laut yang membelai kulit Anda saat berjalan di sepanjang garis pantai ini sambil memandang ke arah laut lepas. Suasananya akan semakin indah saat matahari sedikit demi sedikit menghilang di ufuk barat.

Pantai Pasir Panjang Singkawang

Image: olipeoile.wordpress.com

Fasilitas pendukung yang ada di Pantai Pasir Panjang Singkawang sudah cukup baik seperti kolam renang, penginapan, pemancingan, rumah makan, diskotik & sarana bermain. Ada juga sarana olah raga bermotor seperti track bagi para pemuda untuk dapat menyalurkan bakatnya di dalam road race ataupun grass track. Dengan air lautnya yang tenang pantai ini juga sangat cocok untuk perkembangan olah raga jetsky & parasailling.

Pasir panjang adalah kawasan yang strategis karena letaknya berada di pinggir jalur transportasi yang menghubungkan antara ibu kota propinsi, wilayah Pontianak dengan Kota Singkawang dan juga kota-kota yang ada di sekitar jalur Utara wilayah Kalimantan Barat. Pantai Pasir Panjang sendiri telah lama menjadi sebuah tempat rekreasi populer, menghadap ke arah Laut Natuna serta berbagai pulau kecil yang di sekitarnya seperti Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan serta Pulau Kabung.

Hamparan pasir pantai ini yang luas & bersih menjadikan wilayah ini nyaman dipakai untuk berjemur ataupun melakukan berbagai aktivitas olahraga, seperti voli pantai, sepakbola pantai dan lainnya. Jika bosan di pantai, Anda bisa berkeliling melihat kehidupan masyarakat di kampung nelayan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai, atau sekedar bersantai di shelter-shelter yang ada di Semenanjung Cinta.

Pantai Pasir Panjang Kalimantan Barat

Image: olipeoile.wordpress.com

Pulau Randayan Kecil yang ada di dekat sini dikenal akan keindahan panorama banyaknya batu-batu karang dan juga berbagai jenis ikan tropisnya serta kehidupan ekosistem laut lainnya. Pulau tersebut memiliki pantai yang warna airnya sangat indah, cocok untuk para pecinta olah raga menyelam. Ada juga vila-vila kecil yang semuanya menghadap ke laut dengan view panorama yang menarik.

Tempat menarik ini dapat dicapai dalam 2 jam dengan cara memakai speed boat dari Pantai Pasir Panjang. Selain itu, Pantai Batu Payung yang berlokasi tidak jauh dari Pasir Panjang juga menawarkan banyak keindahan alam serta panorama dengan berbagai pulau kecil yang menghijau dari kejauhan. Obyek wisata tersebut merupakan tempat yang cukup tenang dan nyaman untuk beristirahat. Pantai Batu Payung juga memiliki pasir yang putih serta bebatuan yang agak menjorok ke laut. Ada juga Pantai Gosong yang terletak di bagian sebelah selatan wilayah Kota Singkawang dengan jarak tempuhnya sekitar 1 jam & di sepanjang jalan saat menuju lokasi wisata ini tampak keindahan dari desa desa yang dilalui.

pantai pasir panjang Kota Singkawang

Image: proudbeindonesian.blogspot.com

Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir putih indah yang luas & juga panorama Pulau Semesak di kejauhan, di arah barat pantai ada sebuah bukit bebatuan dengan tingginya yang mencapai 30 meter. Baca juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik Di Pontianak.

Anda juga bisa sekaligus mengunjungi Taman wisata Bougenville, ini merupakan kawasan wisata yang berjarak 6 kilometer arah selatan dari pusat Kota Singkawang dan terletak di wilayah perbukitan Pangmilang yang wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan, ini juga yang membuat bukit tersebut terasa sejuk & nyaman. Diberi nama Bukit Bougenville karena di kawasan taman ini ditumbuhi dengan banyak jenis spesies bunga bougenville & bibitnya bukan hanya berasal dari alam lokal saja, namun juga ada yang didatangkan dari luar negeri. Ada 46 spesies tanaman Bougenville yang sudah berhasil dikembangkan. Kesejukan alam khas pegunungan & hamparan bunga Bougenvile-nya yang tertata apik akan menambah semaraknya suasana hati Anda untuk berlibur bersama keluarga setelah menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang Singkawang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang keindahan pantai pasir panjang singkawang kalbar. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "KESERUAN DI PANTAI PASIR PANJANG SINGKAWANG"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting