TEMPAT WISATA SITU BAGENDIT DAN LEGENDA SI PELIT

Tempat Wisata Situ Bagendit Dan Legenda Si PelitSitu Bagendit persisnya terletak di desa Bagendit, wilayah Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut Jawa Barat. Situ Bagendit adalah objek wisata alam berupa sebuah danau dengan batas administrasinya di sebelah utara dan berbatasan dengan Desa Banyuresmi, di arah sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Desa Cipicung, di arah sebelah timur berbatasan dengan wilayah Desa Binakarya, dan di arah sebelah barat berbatasan dengan wilayah Desa Sukamukti.

Aktivitas wisata yang biasa dilakukan para pengunjung di Situ Bagendit ini antara lain adalah menikmati pemandangan alam, mengelilingi danau atau situ dengan menggunakan perahu ataupun rakit. Para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar danau dengan berkeliling memakai sepeda air.
Objek wisata Situ Bagendit Garut
Sunset di Situ Bagendit Garut

Objek wisata bernuansa alam ini dikelola oleh Bapak Ajan Sobari. Namun status kepemilikannya berada di bawah pemerintah daerah yang kewenangannya telah dilimpahkan kepada pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dengan menggandeng pihak swasta yaitu Bapak Adang Kurnia.

Daya tarik wisata alam danau atau Situ Bagendit ini adalah nuansa alam dengan kualitas lingkungan, kebersihan dan juga bentang alam dalam kondisi yang sangat baik. Berbagai bangunan yang terdapat di kawasan wisata ini, baik yang berbentuk permanen ataupun yang semi permanen, dalam kondisi yang cukup terawat dengan baik.
Objek wisata Situ Bagendit Garut 1
Situ Bagendit penuh sejarah
Fasilitas atau wahana wisata yang tersedia di objek wisata Situ Bagendit ini yaitu penyewaan rakit, sepeda air, ada juga beberapa bangku taman serta 6 buah shelter yang selalu disewakan untuk para pengunjung. Selain itu, jika Anda membawa anak-anak ke objek wisata Situ Bagendit, Anda bisa membawa mereka naik kereta api mini dan juga bermain air dan berenang di kolam renang yang terdapat dikawasan Situ Bagendit ini. Suasana alam di kawasan objek wisata Situ Bagendit ini bisa dikatakan cukup nyaman dikarenakan sejak dulu pembangunannya sudah direncanakan oleh pemerintah dengan sangat baik melalui dinas pariwisata.

Tempat wisata Situ Bagendit ini mulai beroperasi pada jam 07.00 pagi hingga 17.00 sore. Di depan kawasan wisata Situ Bagendit terdapat sebuah tempat parkir dengan luas sekitar 1400 m2 dengan daya tampung hingga 30 bus, 60 kendaraan pribadi dan juga 180 kendaraan bermotor.Saat alan memasuki kawasan wisata Situ Bagendit, kita akan melewati sebuah pos tiket yang juga difungsikan sebagai pintu masuk menuju ke area situ. Fasilitas lainnya seperti toilet umum kondisinya cukup terawat dan kebersihannya terjaga dengan baik. Dikawasan wisata ini terdapat sebuah taman bermain dengan vegetasi peneduh dalam kondisi yang terlihat cukup baik serta ada juga tempat ibadah seperti Mushola.
Objek wisata Situ Bagendit Garut 2
Naik rakit mengelilingi Situ Bagendit
Legenda Dan Sejarah Situ Bagendit
Tempat wisata Situ Bagendit dan legenda Si Pelit memang tidak dapat dipisahkan, karena memang dari sinilah awal mula adanya Situ Bagendit. Ceritanya di zaman dahulu ada seorang janda yang terkenal kaya raya, namanya adalah Nyai Endit. Janda ini tinggal di sebuah desa yang ada di daerah Garut. Nyai Endit ini memiliki harta yang sangat berlimpah ruah. Namun,dia terkenal sangat kikir dan juga tamak. Selain itu, dia dikenal juga sangat sombong oleh warga sekitar, terutama kepada orang-orang yang miskin.

Suatu hari Nyai Endit mengadakan acara selamatan karena hartanya semakin bertambah banyak. Ketika acara selamatan itu sedang berlangsung, dia kedatangan seorang pengemis yang keadaannya terlihat sangat menyedihkan. Tubuh si pengemis sangat kurus dan bajunya tampak compang-camping. ‘Tolonglah Nyai, berilah saya sedikit makanan,‘ ujar si pengemis itu memohon pada nyi Endit. Melihat penampilan pengemis tua yang kotor dengan baju compang-camping masuk ke dalam rumahnya, Nyai Endit sangat marah dan kemudian mengusir si pengemis. ‘Dasar pengemis kotor tak tahu malu, pergi kamu dari rumahku,‘kata Nyai Endit. Dengan rasa sedih dan hati yang terluka pengemis itu kemudian pergi. Keesokan harinya masyarakat setempat disibukkan dengan kemunculan sebatang lidi yang menancap di jalan desa. Setiap orang berusaha untuk mencabut lidi tersebut. Namun anehnya, meski hanya sebatang lidi tapi tidak ada yang berhasil mencabutnya. Pengemis tua yang sebelumnya pernah meminta makan kepada Nyai Endit muncul kembali.
Sejarah objek wisata Situ Bagendit Garut
Berawal dari kisah janda yang kikir
Dengan cepat si pengemis dapat mencabut lidi tersebut. Seketika itu keluarlah pancuran air yang sangat deras tanpa henti. Makin lama air dari bekas lidi yang dicabut tersebut itu makin deras. Karena takut akan kebanjiran, penduduk desa tersebut bergegas untuk mengungsi. Sedangkan Nyai Endit yang kikir dan juga tamak tidak ingin meninggalkan rumahnya. Nyi Endit sangat sayang pada harta bendanya. Akhirnya, janda kaya ini tenggelam bersama dengan banyak harta bendanya. Sedangkan penduduk yang lainnya berhasil selamat dari banjir tersebut.

Begitulah tempat wisata Situ Bagendit dan legenda Si Pelit yang bernama Nyai Endit. Air yang besar tersebut menjadi Danau yang dinamai Situ Bagendit.

Related Post "TEMPAT WISATA SITU BAGENDIT DAN LEGENDA SI PELIT"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas