LIBURAN AKHIR PEKAN KE KEBUN BINATANG SURABAYA

Liburan Akhir Pekan Ke Kebun Binatang SurabayaKebun Binatang Surabaya atau yang disingkat KBS merupakan salah satu kebun binatang yang cukup populer di Indonesia. Salah satu tempat wisata favorit keluarga bagi warga Surabaya ini lokasinya di jalan Setail Nomor 1 Surabaya. KBS ini pernah menjadi kebun binatang yang terlengkap di Asia Tenggara.

Sejarah Kebun Binatang Surabaya
Sebelum Anda rekreasi dan liburan akhir pekan ke Kebun Binatang Surabaya, sebaiknya Anda kenali dulu sejarahnya.Kebun Binatang Surabaya atau KBS ini pertama kali didirikan berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda pada tanggal 31 Agustus di tahun 1916 No. 40, namanya waktu itu adalah Soerabaiasche Planten-en Dierentuin atau yang dalam bahasa kita adalah Kebun Botani dan Binatang Surabaya.

Awal mula dibentuknya kebun binatang ini adalah atas jasa dari seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang punya hobi mengoleksi berbagai jenis binatang. Dari segi finansial H.F.K Kommer mendapatkan bantuan dari beberapa orang yang memiliki modal cukup.

Berlibur ke Kebun Binatang Surabaya
Pintu masuk KBS
Awalnya lokasi KBS yang pertama adalah di daerah Kaliondo, yaitu pada sekitar tahun 1916, setelah itu pada tanggal 28 September di tahun 1917, lokasinya pindah ke di jalan Groedo. Dan di tahun 1920 pindah lagi ke daerah Darmo untuk menempati areal kebun binatang baru atas jasa dari Oost-Java Stoomtram Maatschppij ataupun Maskapai Kereta Api yang waktu itu mengusahakan sebuah lokasi dengan luas sekitar 30.500 meter persegi.

Untuk pertama kalinya di bulan April tahun 1918, KBS dibuka untuk namun dengan membayar tanda masuk atau karcis. Karena biaya operasionalnya yang cukup tinggi, maka di tanggal 21 Juli tahun 1922 kebun botani atau KBS mengalami krisis dan sempat akan dibubarkan, namun beberapa dari pengurusnya tidak setuju. Akhirnya dalam sebuah rapat pengurus diputuskan juga untuk membubarkan KBS, namun hal itu dicegah oleh pihak Kotamadya Surabaya.
Denah dan peta Kebun Binatang Surabaya
Denah KBS
Solusi lain akhirnya tercapai, pada tanggal 11 Mei di tahun 1923, rapat anggota yang diadakan di Simpang Restaurant membuat keputusan untuk mendirikan sebuah Perkumpulan Kebun Binatang yang baru, serta ditunjuk W.A. Hompes untuk menggantikan posisi J.P. Mooyman, salah seorang pendiri KBS dan yang mengurus semua aktivitas kebun binatang sebagai pimpinan. Bantuan yang cukup besar untuk kelangsungan hidup penghuni kebun binatang pada waktu tahun 1927 bersumber dari Walikota Dijkerman dan juga anggota dewan A. van Gennep yang dapat membujuk DPRD Kota Surabaya untuk memberikan perhatian terhadap KBS, dengan SK DPR tanggal 3 Juli tahun 1927 dibelilah sebidang tanah dengan luas sekitar 32.000 m2 sebagai sumbangan dari Maskapai Kereta Api atau OJS. Pada tahun 1939 hingga sekarang luas KBS bertambah menjadi 15 hektar dan di tahun 1940 selesailah pembuatan kebun binatang yang luasnya sekitar 85.000 meter persegi.
Beruang madu
Beruang madu di KBS
Koleksi Satwa Kebun Binatang Surabaya
Hingga sekarang KBS telah berkembang dan fungsinya tidak hanya sebagai tempat rekreasi saja. Kebun Binatang Surabaya yang dulu hanya sekedar sarana penampungan satwa yang eksotis serta koleksi pribadi telah berkembang menjadi sebuah tempat perlindungan, pelestarian, penelitian, pendidikan dan juga rekreasi. Berbagai jenis binatang yang jadi koleksi KBS dari tahun ke tahun jenis serta jumlahnya terus bertambah, baik yang berasal dari luar negeri ataupun yang didatangkan dari dalam negeri.
Komodo Dragon Indonesia
Komodo, satwa langka di KBS
Di kebun binatang ini ada lebih 350 spesies dan juga lebih dari 4000 ekor binatang. Ada binatang yang dipelihara di dalam sebuah kandang dan ada juga binatang yang dipelihara di sebuah pulau kecil yang sekelilingnya adalah kolam. Tanpa harus pergi ke pulau Komodo juga, kita bisa melihat komodo disini. Disini juga banyak koleksi satwa langka Indonesia ataupun dunia yang terdiri dari berbagai Mamalia, Reptilia, Aves dan juga Pisces.
Surabaya Zoo
Nuansa berbeda di KBS
Fasilitas Di Kebun Binatang Suarabaya
Karena areanya yang luas, untuk dapat berkeliling dan melihat semua koleksi yang ada di KBS, mungkin Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam bahkan lebih. Untuk yang pertama kali datang kesini, begitu masuk ke dalam area KBS, Anda akan merasa seolah berada dalam nuansa yang berbeda, karena banyaknya pepohonan yang rindang. Kota Surabaya yang panas juga akan terasa sejuk di beberapa areal KBS. Disini juga cukup banyak nyamuk yang berkeliaran, jadi sebaiknya Anda memakai obat anti nyamuk agar lebih nyaman. Di sekitar kebun binatang cukup banyak terdapat toko yang menyediakan suvenir serta makanan dan berbagai kebutuhan lainnya. Fasilitas penunjang lainnya untuk para wisatawan seperti masjid dan toilet  juga telah tersedia.
Camel at Surabaya Zoo
Wisata edukasi untuk anak sekolah
Jam Buka Dan Harga Tiket Kebun Binatang Surabaya
Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya ini adalah Rp. 15.000 dan mulai buka dari jam 8 pagi hinga jam 5 sore setiap hari. Sebaiknya Anda datang sejak pagi jika mau liburan akhir pekan ke Kebun Binatang Surabaya, agar punya banyak waktu untuk berkeliling.
Terima kasih telah membaca artikel tentang liburan ke kebun binatang, tiket bonbin surabaya. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "LIBURAN AKHIR PEKAN KE KEBUN BINATANG SURABAYA"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik