OBJEK WISATA MARIBAYA SUDAH DIBUKA KEMBALI

Objek wisata Maribaya sudah dibuka kembali, ini merupakan kabar baik bagi para wisatawan yang selama ini menunggu wajah baru destinasi liburan di daerah Lembang – Bandung tersebut. Sudah hampir 2 tahun objek tersebut mati suri. Tepatnya sejak 13 September di tahun 2013 lalu, wisata yang populer dengan curugnya (air terjun) dan juga mata air panasnya tersebut ditutup karena tengah direnovasi oleh pengelola barunya dari pihak swasta.

Namun, destinasi wisata yang sempat menjadi ikon wilayah Kabupaten Bandung Barat itu kembali lahir dengan menunjukan wajah baru. Meskipun masih di dalam tahap pembangunan, Maribaya telah kembali dibuka sejak tanggal 11 Juli lalu. Namanya juga berubah jadi Maribaya Natural Hot Spring Resort. Objek wisata Maribaya sudah dibuka kembali ini masih menyimpan legenda yang hingga saat ini dipercayai warga lokal. Legenda tersebut sangat unik, karena konon nama Maribaya ini adalah nama seorang putri cantik dari anak petani miskin. Maribaya terdiri dari dua suku kata dan berasal dari bahasa sunda yakni, kata Mari yang artinya sehat dan kata Baya yang artinya bahagia.

Maribaya 2015 sudah dibuka kembali

Image: galamedianews.com

Kisah dan legenda Maribaya ini berawal saat sang petani miskin benama Eyang Raksa Dinata yang memiliki seorang putri yang cantik jelita bernama Maribaya. Melihat kecantikan anaknya tersebut, sang bapak jadi merasa khawatir apabila anaknya menjadi rebutan para pemuda di daerahnya dan akan menjadi petaka nantinya bagi keluarga. Baca juga: 200 Tempat Wisata Menarik Di Bandung.

Maribaya 2015 Lembang

Image: wisatadibandung.net

Eyang Raksa akhirnya mendapat ilham & pamit pergi ke atas puncak gunung Tangkuban Parahu. Saat Belaiau sedang bertapa, ia didatangi oleh seorang kakek yang memberikan 2 buah bokor (gentong) yang berisi air. Salah satu dari bokor tersebut harus dia bawa ke arah barat dan bokor satu lagi ke arah timur. Air yang ditumpahkan olehnya kemudian menyebar & menjadi danau yang saat ini kita kenal dengan sebutan Situ Lembang. Sementara itu, petani tesebut meminta Maribaya untuk menumpahkan air yang ada dalam bokor satunya tidak jauh dari rumahnya. Beberapa hari kemudian munculah kejaiban, dimana air yang telah ditumpahkan Maribaya sebelumnya menjadi mata air panas. Baca juga: 10 Destinasi Wisata Alam Terbaik Di Bandung.

Sekitar tahun 1835an, Eyang Raksa Dinata kemudian menyematkan nama Maribaya pada lokasi mata air tersebut. Konon, air panas tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Para pengunjung yang sekalian ingin berobat di kolam air panas kerap melemparkan atau menjatuhkan beberapa uang logam ke dalam kolam air panas ini sebagai imbalannya.

Maribaya Bandung 2015

Image: www.anekawisata.com

Menurut penelitian, air panas Maribaya ini punya kandungan senyawa bikarbonat yang bersifat basa lemah dengan memiliki konsentrasi ion hidrogen sekitar pH 6,6-7,3 suhu airnya 45,1 derajat celcius. Kandungan beberapa jenis mineral penting di dalam pemdandian ini diketahui sangat baik untuk radang sendi, rematik, gangguan saraf, kesehatan otot, kulit dan mengobati penyakit kulit lainnya. Bisa juga untuk melembutkan kulit. Baca juga: Kisah & Legenda Maribaya.

Dulu, objek wisata Maribaya ini memiliki tiga curug, yaitu Curug Cigulung & Curug Cikawari serta Curug Omas. Tapi, Curug Omas yang menjadi curug tertinggi sekarang dikelola secara mandiri oleh Provinsi Jawa Barat.

Objek Wisata Maribaya 2015

Image: anekatempatwisata.com

Untuk Anda yang ingin bekunjung, objek Wisata Maribaya sudah dibuka kembalii dan siap menyambut dengan wajah barunya. Destinasi liburan ini sekarang dilengkapi sejumlah fasilitas  tambahan seperti Food Court, kolam pemandian air panas, barbeque area, cafe, amphitheater, kolam untuk tangkap ikan dan juga Yoga Hill melengkapi 2 curug andalan, yaitu Curug Cigulung & Curug Cikawari.

Terima kasih telah membaca artikel tentang wisata maribaya ditutup, maribaya lembang di tutup. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "OBJEK WISATA MARIBAYA SUDAH DIBUKA KEMBALI"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas