PANTAI BALEKAMBANG MALANG, TERINDAH DI JAWA TIMUR

Pantai Balekambang Malang merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam yang ada di Malang Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai terindah yang ada di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang. Pantai yang terletak di desa Srigonco Kecamatan Bantur Malang ini mempunyai daya tarik yang sangat menakjubkan. Selain pemandangannya yang indah, tempat wisata kota Malang ini juga sering dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi umat Islam dan juga umat Hindu di Indonesia.

Perkembangan Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang mulai dibuka di Kabupaten Malang pada tahun 1978. Awal pertama kali jalan menuju pantai ini dibuka oleh kepala desa Srigonco. Keindahan panorama alam pantai di Malang ini adalah batu karang seluas 2 km yang ada di pantai ini. Selain itu, keindahan alam berupa pasir yang luas dan hutan-hutan bakau yang ada di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Dari awal pembukaan pantai ini sampai sekarang sudah berkembang sangat luas dan semakin bagus. Pada tahun 1985 jalanan menuju pantai ini semakin berkembang dan diperbaiki. Jalanan menuju pantai ini sudah mulai diaspal. Jika dulu membutuhkan waktu berjam-jam menuju pantai ini, sekarang setelah jalanan sudah rapih dan diaspal hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk menuju pantai di Malang yang satu ini dari pusat Kabupaten Malang.

Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang, mirip Tanah Lot di Bali
(Image: surabaya.panduanwisata.com)

Dari tahun ke tahun Pantai Balekambang Malang semakin berkembang. Dulu yang hanya berupa wisata pantai saja sekarang sudah banyak bermunculan penginapan dan juga hotel di sekitar pantai ini. Semakin berjalannya waktu, pantai ini semakin ramai. Keindahan alam dan juga ombak yang besar menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan para pesepak bola dari Malang seperti Persema dan Arema. Wisata pantai di Malang ini semakin menampakkan perkembangannya. Pada tahun 2012, tepatnya pada bulan Agustus resmi dibuka wisata alam berupa flying fox di pantai ini. Sekarang juga masih dibangun persewaan ATV di pantai yang indah ini.

Pantai Balekambang Jawa Timur

Jembatan menuju Pura di Balekambang
(Image: www.backpackerindonesia.com)

Wisata Alam dan Religi Pantai Balekambang Malang

Di pantai Balekambang terdapat 3 pulau yang sangat indah. Tiga pulau ini yaitu pulau Ismoyo, pulau Wisanggeni, dan juga pulau Anoman. Ketiga pulau ini terletak di tengah samudra Hindia yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Wisata kota Malang ini menjadi ramai dan banyak dikunjungi oleh para peziarah setelah dibangun jembatan antara pantai dan juga pulau Ismoyo. Yang menjadi daya tarik dari pulau Ismoyo ini adalah terdapatnya bangunan pura yang cukup tua di tengah-tengah pulau ini. Pura ini biasa dijadikan sebagai tempat beribadah umat Hindu dari berbagai penjuru Malang bahkan Indonesia.

Pura yang ada di tengah pulau Ismoyo yang merupakan wisata kota Malang bernuansa religi berjarak hanya sekitar 80 meter saja. Jembatan yang dibangun sangat mempermudahkan akses menuju pura ini. Pantai Balekambang Malang ini sering disebut-sebut sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur. Pantai ini ramai ketika liburan dan juga tahun baru Nyepi. Banyak umat Hindu yang merayakan hari raya Nyepi di pura yang ada di Pulau Ismoyo ini. Untuk berlibur ke pantai ini Anda hanya perlu menyiapkan uang 500 ribu rupiah saja. Dengan budget ini, Anda sudah bisa menginap di penginapan dan juga masuk ke pantai ini. Harga tiket masuk ke pantai hanya Rp 15.000,- per kepala.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai ter indah di jawatimur. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "PANTAI BALEKAMBANG MALANG, TERINDAH DI JAWA TIMUR"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim