PANTAI JOGAN YOGYAKARTA DAN AIR TERJUN TEPI LAUT

Pantai Jogan merupakan salah satu pantai di Yogyakarta dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, di tempat ini Anda dapat menyaksikan secara langsung air terjun yang ada di bibir pantai. Tentunya hal yang langka, baik di Indonesia ataupun di dunia. Keunikan dan keindahan alam di pantai bagaikan surga dunia bagi Anda pecinta alam. Suasana alam yang hening ditemani dengan suara gemuruh ombak. Ditambah lagi dengan suar gemericik air terjun. Jika memandang ke depan, maka Anda akan melihat pantai luas dibawah langit biru. Jika memandang kebelakang suara air terjun akan membuat Anda terkagum-kagum.

Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Siung, tepatnya di bagian barat Panti Siung. Selama ini para pelancong lebih sering mengunjungi siung untuk mendaki bukit di Siung. Sayangnya jarang para pelancong yang menyadari adanya keindahan pantai dengan air terjun yang berdampingan ini. Jika dari pos retribusi untuk memasuki Pantai Siung, maka untuk menempuh pantai dan air terjun ini dengan jarak sekitar 400 m saja. Jika ditempuh dari pusat kota Yogyakarta maka harus menempuh jarak sekitar 70 km. Dari pusat kota Yogyakarta Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Jogan Yogyakarta

Air terjun dipinggir pantai Jogan Jogja
Image: wisata.kompasiana.com

Jika Anda datang ke pantai ini maka Anda tidak akan merasa kecewa. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan air terjun saja. Dengan diapit pohon palma, pantai yang terletak di kabupaten Gunung Kidul ini juga menawarkan keindahan bebatuan yang eksotis. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyaksikan gua-gua kecil di pantai ini. Jogan adalah pantai yang letaknya di Desa Purwodadi, wilayah Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul – Yogyakarta.

Harga tiket masuk ke pantai Jogan ini tidaklah mahal, hanya 3 ribu rupiah pada saat di pos retribusi Pantai Siung. Setelah itu Anda hanya perlu membayar parkir. Untuk parkir motor hanya 2 ribu rupiah saja. Tetapi untuk mobil sekitar 5 ribu rupiah. Untuk dapat menempuh Pantai Jogan ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta. Walaupun harus menempuh jalan yang berliku, kelelahan Anda akan dibayar dengan pesona pantai ini. Selain itu Anda, pengalaman eksotis juga dapat Anda peroleh dengan mengunjungi pantai ini.

pantai jogan gunungkidul

Tempatnya cukup jauh dari pusat Kota Jogja
(Image: kaosmangrove.com)

Untuk dapat menikmati keindahan Jogan, Anda harus menemukan pantai ini dengan jeli. Pantai ini memang sedikit terpencil dan papan penunjuknya juga tidak terlalu besar. Oleh sebab itu Anda harus jeli dalam mencari jalan menuju pantai ini. Melewati jalan pegunungan yang asri, Anda akan terpesona dengan bukit-bukit kapur yang siap menyambut Anda. Jika Anda menemukan 2 sungai di perjalanan Anda, maka Jogan sudah didepan mata Anda. Kedua sungai itulah yang akan menyatu dan menjadi sumber air terjun. Sungguh pesona Jogan adalah anugerah, keindahan alamnya tidak dapat ditolak.

Jika Anda merasakan air terjun maka rasanya adalah tawar. Berbeda lagi dengan air pantai yang rasanya asin. Tentunya hal ini merupakan hal langka yang sangat luar biasa. Sayangnya, untuk dapat menikmati pemandangan yang luar biasa ini Anda harus datang ke Jogan saat musim penghujan. Dengan begitu, air terjun yang jatuh menghantam bebatuan akan semakin deras. Untuk dapat menikmati guyuran deras air terjun Anda dapat melewati turunan. Turunan tersebut cukup licin dan perlu kehati-hatian saat melewatinya. Anda dapat memanfaatkan kayu pegangan yang tersedia agar tidak mudah terjatuh atau terpeleset. Keindahan Pantai Jogan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan bagi Anda yang berkunjung ke Gunung Kidul.

Related Post "PANTAI JOGAN YOGYAKARTA DAN AIR TERJUN TEPI LAUT"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk