REFRESHING DI PULAU PASUMPAHAN PADANG – SUMBAR

Pulau Pasumpahan merupakan sebuah pulau yang sebenarnya tidak berpenghuni. Pulau dengan luas yang tidak seberapa ini siap memberikan suasana indah pulau tropis di dekat Sumatera Barat. Pulau yang eksotis ini lokasinya terdapat di wilayah perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, secara administratif masuk di dalam Kota Padang – Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang yang berada di area pantai barat Pulau Sumatera memang menyuguhkan garis pantai yang panjangnya sekitar 84 kilometer dengan jumlah 19 pulau indah untuk di sekitarnya yang siap untuk dikunjungi.

Pulau Pasumpahan memang sebuah pulau cantik yang mudah untuk diakses dari pusat Kota Padang. Pulau ini oleh warga sekitar diyakini merupakan jelmaan dari si Malin Kundang yang disumpahi atau dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Penduduk sekitar juga meyakini bahwa Malin Kundang dulu dikutuk jadi batu di pulau ini, karena itulah namanya disebut dengan ‘pasumpahan’. Baca juga: Batu Si Malin Kundang Di Pantai Air Manis.

Pulau Pasumpahan

Pulau kosong yang indah untuk liburan
(Image: nuswantaranews.blogspot.com)

Pulau dengan luasnya yang mencapai 5 hektar ini memiliki hamparan pasir putih yang berpadu dengan air lautnya yang bening. Menariknya lagi, permukaan laut di pulau ini seperti terbagi menjadi tiga. Berwarna bening di bagian pinggir, hijau di bagian depannya, dan warna kebiruan di bagian yang lebih ke tengah. Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh tingkat kedalaman air laut di sekitar pulau tersebut. Perairan pulau ini semakin indah dengan beragamnya habitat laut termasuk diantaranya adalah red lionfish (Pterois volitans), teripang, penyu serta ikan sotong.

Pulau ini berada di pantai bagian barat Kota Padang. Lokasinya tepat di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau sekitar 200 meter saja dari Pulau Sikuai. Persisnya berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung – Kota Padang.

Rute Menuju Lokasi Pulau Pasumpahan

Untuk bisa mencapai Pasumpahan dari arah Sungai Pisang adalah dengan memakai perahu kayu atau menggunakan speedboat sekitar 20 menit dengan tarifnya sekitar 35 ribu per orangnya untuk pulang-pergi. Anda bisa juga bernoegosiasi dengan menyewa perahu yang tarifnya sekitar 75 ribu dengan kapasitas mencapai 10 orang. Apabila Anda akan langsung menuju Pulau ini dari Kota Padang, maka bisa juga dengan menyewa perahu nelayan yang betolak dari Pelabuhan Teluk Bayur. Baca juga: 11 Objek Wisata Terbaik Di Padang.

Pulau Pasumpahan Sumbar

Pantainya memiliki 3 warna air
(Image: iindonesia.travel)

Keindahan

Selain pulau tropis yang mempunyai hamparan pasir putih, pulau ini juga memiliki daya tarik utama yang sangat mempesona, yaitu ekosistem bawah lautnya yang indah. Terumbu karangnya dapat dinikmati dengan diving atau snorkeling. Ada berbagai macam ikan karang, diantaranya ada 21 macam ikan kepe-kepe yang jenisnya didominasi oleh jenis Chaetodon trifascialis. Dermaga di pulau mempunyai tiang dari kayu kelapa. di sekitarnya berkumpul berbagai ikan kecil. Tidak jauh dari bibir dermaga, terdapat hamparan hutan mangrove kecil.

Anda juga bisa berenang untuk mengelilingi Pulau Pasumpahan karena arusnya memang cukup tenang. Perlu waktu sekitar 2 jam untuk dapat mengelilingi pulau ini dari sisi bagian timur menuju bagian utaranya. Apabila Anda ingin titik diving yang bagus, maka bisa mengunjungi Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulan Pandan dan Pulau Sirandah yang lokasinya berdekatan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pulau pasumpahan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "REFRESHING DI PULAU PASUMPAHAN PADANG – SUMBAR"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali