REVIEW KEINDAHAN PULAU SELAYAR UNTUK WISATA

Pulau Selayar merupakan sebuah pulau yang berada di bagian ujung Provinsi Sulawesi Selatan, pulau sangat tenang dan terisolasi namun memiliki keindahan yang luar biasa. Di sanalah akan Anda mendapati pulau yang memiliki hamparan pasir putih luas dan juga perairan yang jernih. Meskipun daerahnya masih didominasi oleh hutan tadah hujan, pulau ini menawarkan banyak lokasi pantai berpasir putih.

Sebagaimana dilansir oleh Indonesia.travel, Pulau Selayar mempunyai panjang 80 kilometer dan juga merupakan pintu gerbang yang menuju ke Taman Nasional Taka Bonerate. Pemandangan bawah lautnya tersimpan bermacam warna terumbu karang, spons raksasa, sampai beraneka ragam ikan seperti duyung, tuna, penyu serta pari manta. Selayar ini terdiri dari 21 pulau dan juga atol, dimana Taka Bonerate ini merupakan atol terbesar ketiga di dunia ini setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa. Kota terbesar di Selayar ini adalah Benteng yang ramai dengan kendaraan sepeda motor dan becak. Pusat kotanya juga masih menyisakan sebuah penjara tua sebagai peninggalan Belanda dari tahun 1890 silam yang masih kokoh berdiri. Pusat kota atau yang sering disebut alun-alun disini merupakan pusat berbagai kegiatan bagi perayaan seni, budaya dan juga berbagai hiburan di Selayar. Baca juga: Daftar Objek Wisata Makassar.

Pulau Selayar

Pulau Indah Yang Bersejarah
(Image: awalinfo.blogspot.com)

Sejarah Pulau Selayar

Pulau Selayar sebenarnya sudah populer sejak berabad lamanya, sebuah Manuskrip Jawa kuno, yaitu Nagara Kertagama pernah menyebutkan bahwa pada abad ke-14 silam terdapat sebuah kerajaan yang berkuasa di wilayah Selayar. Kerajaan pra-Islam tersebut tampaknya sudah menjadi pusat perdagangan dan juga banyak dikunjungi pedagang dari China, Filipina serta Thailand. Bukti keberadaan dari kerajaan di Pulau Selayar ini diperkuat bukti-bukti yang pernah ditemukan berbagai artefak dari sekitar pulau.

pulau selayar sulawesi selatan

Butuh waktu perjalanan panjang menuju Selayar
(Image: www.telusurindonesia.com)

Salah satu penemuan sejarah yang paling penting ialah Gendang Dongson yang menjadi gendang terbesar di dunia serta menurut penelitian gendang ini sudah berusia sekitar 2.000 tahun. Gedang ini kemungkinannya berasal dari zaman perunggu. Artefak yang pernah ditemukan lainnya seperti porselen Cina dan juga porselen Sawankholok (Thailand). Menurut sebuah penelitian, bahwa kemungkinan ada pengaruh Islam yang mulai masuk Selayar pada abad ke-16 dan dibawa oleh pengikut Sultan Ternate dari wilayah Maluku Utara. Baca juga: Daftar Tempat Liburan Di Sulawesi.

Gendang Dongson ini dikatakan terbesar di dunia sebab mempunyai tinggi 95 cm dan berdiameter 115 cm. Di bagian atas gendang ini terdapat gambar bintang besar yang memiliki 16 penjuru dan 4 gambar katak pada bagian sisi gendang. Sisi-sisinya punya empat pegangan yang semuanya saling berpasangan. Di bagian bawah gendang ini terdapat gambar gajah, gambar burung dan pohon kelapa, sementara pada bagian pusatnya tampak bermotif abstrak dan di atasnya menggambarkan sebuah burung merak.

Pada abad ke-16 silam, kekuasaan atas Pulau Selayar ini diperebutkan oleh berbagai pihak karena produk kain katunnya yang jadi favorit di wilayah Nusantara. Perebutan kekuasaan atas Selayar pada saat itu akhirnya dimenangkan oleh Belanda dan kemudian mereka memonopoli perdagangan kapas serta memaksa warga Selayar untuk mengirimkan kapasnya hanya ke Fort Rotterdam yang ada di Makasaar saja. Namun, dengan hadirnya berbagai kain modern membuat popularitas kapas kian menyusut dan masyarakat Selayar akhirnya dipaksa untuk kembali hidup dari berbagai produk kelapa. Baca juga: 4 Tempat Liburan Asyik Di Manado.

wisata pulau selayar

Surga pecinta diving dan snorkeling
(Image: www.tempokini.com)

Kuliner Pulau Selayar

Menu utama di wilayah Selayar adalah nasi santan yang dimasaknya menggunakan santan kelapa. Kemudian ada juga ikan bakar baronang yang diolah dengan menambahkan bumbu cabai keriting, cabai rawit, penyedap rasa, garam, gula pasir dan juga rasa asam yang berasal dari belimbing. Nasi santan ini dapat dijumpai hampir di setiap sudut Pulau Selayar salah satunya terdapat Pasar lama Benteng Jalan Aroeppala, Jl. RA. Kartini dan Jalan Syarif Al Qadri. Menu seafood khas daerah pantai seperti cumi bakar, udang, ikan bakar menjadi kuliner adalan lainnya di Selayar.

Wahana Wisata di Pulau Selayar

Surga tropis yang terpencil ini menawarkan sejumlah daerah pantai berpasir putih yang eksotis. Misalnya saja pantai Baloiya membentang sekitar 3 kilometer. Dari pantai ini Anda bisa menyaksikan tarsius dan juga celeng yang sedang bermain-main di antara dedaunan yang lebat di dalam hutan. Untuk para diver, ada Selayar Diver Resort yang menawarkan cottage dan juga fasilitas bagi penyelam. Pantai indah lainnya adalah Pantai Pinang, berjarak sekitar 80 menit dari Benteng dan ada juga Pantai Je’neiya, sekitar 60 menit dari kota Benteng. Baca juga: Review Pulau Ora Bulukumba.

Selain menikmati keindahan pantai, menyelam dan snorkeling di antara terumbu karang yang berwarna warni serta indahnya pesona bawah laut Taka Bonerate, Selayar juga menawarkan berbagai atraksi yang luar biasa yang menarik, tepatnya di Taman Nasional Taka Bonerate. Untuk masalah penginapan Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ada cukup banyak resort tersedia disini untuk para pengunjung yang menikmati keindahan Selayar dan wilayah di sekitarnya.

Pulau selayar makassar

Cocok untuk liburan keluarga
(Image: indonesia.travel)

Rute Menuju Lokasi Pulau Selayar

Untuk menuju ke Selayar, Anda bisa melakukan rute perjalanan dari Kota Makassar menuju ke Kota Tanjung Bira. Baru kemudian melanjutkan perjalanan Anda ke Selayar dengan menggunakan kapal ferry yang menghabiskan waktu sekitar dua jam. Perlu diingat, pada saat laut dalam keadaan pasang, maka kapal tidak akan bosa melakukan pelayaran ke Selayar. Tersedia juga bus AC dari Makassar yang biasanya mulai berangkat sekitar pukul 9 pagi dan tiba di wilayah Benteng sekitar 07.30 malam. Alternatif lainnya, Anda bisa terbang dengan menggunakan pesawat kecil, yaitu SMAC dari Makassar yang menuju Selayar. SMAC ini terbang 3x seminggu, yaitu pada hari Selasa, di Kamis dan juga Jumat. Perjalanan dengan pesawat ini menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Baca juga: Eksotisme Pantai Bira Bulukumba.

Jika Anda tertarik melakukan perjalanan wisata ke Pulau Selayar dengan memakai pesawat kecil, bisa menghubungi Kantor SMAC di Selayar: +62 414 21361 atau +62 81355222282. Juga bandar udara Selayar Airport di nomor: +62 414 2700099 atau +62 85242016932.

Related Post "REVIEW KEINDAHAN PULAU SELAYAR UNTUK WISATA"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim