SEJARAH KAWAH SIKIDANG DIENG WONOSOBO

Kawah Sikidang Dieng merupakan salah satu tempat wisata di Dieng Wonosobo yang cukup populer. Sebenarnya terdapat banyak sekali sejarah yang tersimpan di dalam kawah tersebut. Sehingga banyak sekali orang yang tidak pernah mengetahui cerita lengkap dari kawah Sikidang tersebut. Kawah ini biasanya sering di kaitkan dengan cerita nusantara pada jaman dahulu yang mengakibatkan terbentuknya kawah Sikidang ini.

Awal mula terbentuknya kawah ini patut diketahui bagi pecinta wisata, hingga menjadi salah satu objek wisata yang ramai di kunjungi sampai dengan saat ini. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui sedikit sejarah singkat dari kawah Sikidang ini, jangan kemana-mana karena selengkapnya ada di bawah ini.

Menurut cerita rakyat yang ada saat ini, sekitar ratusan tahun yang lalu tepatnya di daerah dataran tinggi Dieng terdapat seorang putri cantik nan jelita yang menempati kawasan ini. Nama putri tersebut dikenal dengan sebutan Putri Sinta Dewi. Sang putri ini memang memiliki paras yang cantik dan jelita sehingga membuat siapa pun yang melihatnya pasti akan terpesona. Pada jaman dahulu sang putri ini sudah banyak sekali di lamar oleh pangeran dari kerajaan lain yang jatuh hati padanya. Namun, semua pangeran yang melamarnya tersebut gagal untuk mendapatkan hati sang putri tersebut. Hal ini di karenakan sang putri ini mengajukan beberapa syarat yang sangat berat kepada orang yang ingin melamarnya.

Kawah Sikidang Dieng

Namun, dari sekian banyak pangeran yang ingin melamarnya tersebut. Ada salah satu pangeran yang memiliki harta kekayaan yang sangat berlimpah dan merasa bisa dan mampu untuk menaklukkan persyaratan yang di ajukan oleh Putri Shinta Dewi. Pangeran tersebut bernama pangeran Kidang Garungan (tokoh utama Kawah Sikidang Dieng). Kemudian pangeran tersebut mengutus beberapa pengawalnya untuk memberikan berita lamaran dirinya terhadap sang putri. Singkat cerita, setelah mendengar yang disampaikan oleh para pengawal tersebut, akhirnya sang putri pun menerima lamaran dari pangeran Kidang Garungan. Dan alhasil pangeran pun sangat bahagia dan segera meminta seluruh abdi dalemnya untuk mempersiapkan pernikahannya.

Sang putri pada awalnya mengira bahwa pangeran Kidang Garungan ini memiliki paras yang tampan dan rupawan. Namun, setelah mereka berdua bertemu dan bertatap muka, sang putri pun kecewa ternyata pangeran Kidang Garungan tersebut berwujud manusia dengan kepala menyerupai Kidang atau Kijang. Sehingga singkat cerita pun sang putri berusaha untuk membatalkan pernikahan mereka dengan memberikan satu persyaratan terakhir yang amat sangat berat untuk pangeran Kidang, dengan harapan Pangeran Kidang tidak mampu menurutinya dan membatalkan pernikahan mereka. Adapun persyaratan yang diberikan tersebut yakni dengan meminta sebuah sumur yang besar dan harus di kerjakan hanya dalam waktu sehari saja.

Singkat cerita, pangeran pun bersedia dengan persyaratan tersebut dan di tengah pengerjaan dan hampir selesai. Setelah merasa rencananya hampir gagal, sang putri pun memerintahkan para pengikutnya untuk menimbun pangeran Kidang dengan pasir. Alhasil, pangeran pun gugur di dalam sumur yang dibuatnya. Dan sebelum tewas, pangeran yang membuat sumur tersebut marah besar dan berkata sambil mengutuk seluruh keturunan putri Shinta Dewi agar kelak memiliki rambut gembel. Nah, itulah cerita sejarah dari Kawah Sikidang Dieng yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pecinta wisata saat mengunjungi kawah tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel tentang sejarah kawah sikidang, sejarah sikidang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "SEJARAH KAWAH SIKIDANG DIENG WONOSOBO"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali