JELAJAHI TAMAN LAUT BUNAKEN INDONESIA

Taman laut Bunaken termasuk wisata taman laut Indonesia yang telah dikenal di seantero Indonesia, bahkan internasional. Terletak di teluk Manado, merupakan bagian dari wilayah pemerintahan kota Manado, Sulawesi Utara. Termasuk dalam jajaran Taman Nasional Laut Bunaken bersama 4 pulau lainnya Manado Tua, Siladen, Montehagen, dan Nain. Pulau Bunaken terdiri atas 2 bagian wilayah, yakni wilayah utara dan selatan. Wilayah utara merupakan gugusan lima pulau dimana terdapat taman laut ini. Wilayah selatan merupakan daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng disebut Pesisir Arakan Wawntulap.

Yang menjadi daya tarik dari taman laut ini adalah keindahan bawah lautnya, yang menyimpan terumbu karang tempat hidup tak kurang dari 2.000 jenis ikan dan kedalamannya mencapai 1000 meter. Beberapa jenis ikan yang hidup di Taman Nasional Laut Bunaken ini adalah unicorn, dansel, trigger, sweetlip, wrase, dan sebagainya. Semakin dalam Anda akan bertemu ikan tuna, hiu kepala palu, marlin, pari, layar, dan lumba-lumba. Kekayaan alam taman laut ini lah yang menjadikan Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tujuan wisatawan baik lokal maupun asing yang hobby menyelam.

Taman laut bunaken

Taman bawah laut Indonesia, Bunaken
(Image: lokasiwisata.info)

Jika Anda hendak pergi berwisata ke taman laut ini Anda tidak perlu khawatir dengan penginapan karena letak Taman Laut Bunaken yang dekat dengan kota sehingga Anda memiliki 2 pilihan untuk menginap. Penginapan di kota Manado yang berupa hotel dipatok dengan harga rata-rata Rp 100.000,00 per malam. Selain itu, Anda dapat memilih penginapan di dekat pulau dengan suasana pantai yang khas dan cantik menghasilkan malam yang romantis. Penginapan ini berbentuk cottage atau rumah tinggal dengan tarif Rp 150.000,00 – Rp 350.000,00 per orang per malam termasuk 3 kali makan. Hidangannya tak tanggung-tanggung, ciri khas hidangan pantai seafood.

Untuk menuju tempat wisata ini tidak sulit, karena letak Taman Laut Bunaken yang strategis sehingga dapat melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi telah melayani penerbangan lokal mulai dari Jakarta, Surabaya, Makasar dan sebagainya. Juga melayani penerbangan internasional dari Singapura, Kuala Lumpur, Manila, dan Filipina. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan dengan taksi tarif sekitar Rp 100.000 saja.

Taman nasional laut bunaken

Menyelam bersama ikan di Bunaken
(Image: www.paketwisatabunaken.com)

Anda dapat pula melalui Pelabuhan Manado terdapat dua titik untuk sampai ke Taman Nasional Laut Bunaken yakni Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari NDC menuju lokasi penyelaman kurang lebih 20 menit sedangkan dari Blue Banter sekitar 10-15 menit. Selain itu, Anda dapat menyewa kapal dari Pasar Bersehati dengan harga Rp 300.000,00 – Rp 400.000,00. Jika Anda menyewa kapal dari Marina harga yang dipatok biasanya lebih tinggi sekitar Rp 600.000,00 – Rp 800.000,00. Untuk lebih menghemat biaya lagi Anda dapat mencoba kapal tradisional dengan biaya Rp 50.000,00 per orang. Tiket masuk Taman Laut Bunaken termasuk terjangkau untuk wisatawan asing Rp 50.000,00 per orang per hari dan Rp 150.000,00 per tahun. Untuk wisatawan yang dekat dengan letak Taman Laut Bunaken (wisatawan lokal) dikenai Rp 2.500,00 per hari.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai bunaken. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "JELAJAHI TAMAN LAUT BUNAKEN INDONESIA"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk