TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, AFRIKANYA INDONESIA

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar Taman Nasional Way Kambas. Taman yang satu ini memang merupakan taman yang sangat populer di Indonesia. Di kawasan ini Anda dapat melihat gajah yang hidup di alam bebas secara langsung. Gajah Sumatra ini dilindungi di kawasan ini. Jika Anda berkunjung ke kawasan ini maka Anda dapat menyaksikan secara langsung gajah-gajah tersebut. Kawasan ini terletak di sekitar Sungai Way Kambas, pantai timur provinsi Lampung. Tepatnya yaitu di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur – Lampung. Jaraknya yaitu sekitar 110 km dari pusat kota Bandar Lampung.

Di kawasan ini terdapat pusat pelatihan gajah yang resmi didirikan di tahun 1985. Kawasan ini memang merupakan cagar alam yang cukup tua bahkan tertua di Indonesia. Kawasan ini menempati lahan sekitar 1.300 km2. Kawasan ini juga merupakan ikon wisata alam di provinsi Lampung. Gajah Sumatra yang dilindungi saat ini sudah semakin berkurang. Selain Gajah Sumatera, terdapat hewan lain yang juga dilindungi, diantaranya yaitu Harimau Sumatra, Buaya Sepit, Badak Sumatra, Mentok Rimba dan lain sebagainya. Di bagian pesisir dari kawasan ini juga terdapat berbagai jenis burung. Diantaranya yaitu Sempidan Biru, Bangau Tongtong, Kuau Raja dan Burung Pependang Timur.

Taman Nasional Way Kambas

Bagi masyarakat Lampung tentunya sering berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Bahkan tidak jarang dari wisatawan dari kota lain yang berkunjung ke tempat wisata Way Kambas ini. Berkunjung ke Lampung memang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Way Kambas. Bagi Anda yang berasal dari luar Sumatera maka Anda dapat melewati jalur darat dari pelabuhan Bakauheni. Dari pelabuhan ini jarak yang harus Anda tempuh, yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Jika menggunakan kendaraan umum maka Anda dapat menaiki bus dari Terminal Rajabasa. Harga tiket masuk ke Taman Nasional Way Kambas yaitu sekitar 6000 rupiah per orang.

Bagi masyarakat Lampung sendiri kunjungan ke Way Kambas sering dilakukan bagi anak-anak sekolah, mulai dari anak-anak TK hingga SMA. Di kawasan ini Anda dapat bermain dengan gajah sepuas Anda. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di Way Kambas. Anda dapat berfoto dengan berbagai gajah yang ada, memandikan gajah ataupun menaiki gajah dan berkeliling mengelilingi rute yang ada. Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga dapat menyaksikan atraksi gajah yang telah disiapkan.

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Image: semi-yanto.blogspot.com

Sebagai tempat pelatihan gajah tertua tidak heran jika gajah-gajah yang ada di Way Kambas ini memiliki beberapa keahlian. Atraksi yang dapat Anda saksikan diantaranya yaitu permainan bola gajah, baik sepak bola ataupun basket. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyaksikan gajah yang menggambar dengan hasil yang menakjubkan. Bahkan terdapat pula atraksi gajah bersama pelatih atau pawangnya yang akan membuat jantung Anda berdegub kencang. Terlebih lagi saat melihat kaki gajah diletakkan diatas perut pelatihnya. Tentunya hal ini merupakan pengalaman luar biasa yang tidak akan terlupakan.

Sebagai tips aman berkunjung ke tempat pelatihan gajah ini, maka sebaiknya Anda harus ditemani oleh pawang. Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan komunikasi dengan gajah. Apakah Anda akan berfoto, memberi makan, menyentuh dan lain sebagainya. Anda tidak boleh sembarangan dan harus berhati-hati. Pasalnya ada banyak sekali gajah di kawasan ini. Bahkan banyak pendapat mengungkapkan bahwa Way Kambas adalah Afrikanya Indonesia. Nikmati perjalanan seru dan menyenangkan dengan ditemani Gajah Sumatra di Taman Nasional Way Kambas.

Related Post "TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, AFRIKANYA INDONESIA"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim