TAMAN REKREASI WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI

Pernah mencoba liburan di Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang seru? Mungkin Anda belum tahu bahwa tempat ini merupakan aliran Sungai Bengawan Solo yang terbendung di sebuah waduk raksasa dengan luasnya yang mencapai 8800 ha. Begitu besarnya waduk ini sehingga terlihat jelas dari beberapa bagian wilayah di Kabupaten Wonogiri. Inilah Waduk yang begitu ikonik bagi warga Jawa Tengah, letaknya sekitar 3 km dari pusat Kabupaten Wonogiri.

Sejarah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Pembuatan Waduk Gajah Mungkur ini dilakukan pada tahun 1970-an dan pernah menuai protes karena piak pemerintah harus menenggelamkan sebanyak 50 desa dan membuat 60 ribu orang penduduknya harus bertransmigrasi ke daerah Sitiung yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Akan tetapi, saat ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya, waduk yang mengairi sawah di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Klaten dan Sragen, serta menjadi penghasil listrik untuk wilayah Wonogiri. Air waduk ini akan surut pada saat musim kemarau. Apabila kemarau ini tiba, masyarakat setempat biasa memanfaatkannya untuk dapat menanam tanaman yang tumbuh semusim seperti jagung.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur sekarang perlahan disulap menjadi sebuah taman rekreasi yang menarik bagi para pengunjung dan juga menghasilkan sumber ekonomi bagi masyarakat setempat. Aneka macam atraksi yang tersedia benar-benar dapat melengkapi wisata keluarga Anda. Pantas jika para wisatawan setempat hingga yang datang dari luar kota menyempatkan untuk singgah di sini ketika mengunjungi Wonogiri.

Untuk mengabadikan tejadinya peristiwa bedol desa tersebut, pemerintah daerah telah membuatkan Patung Bedol Desa yang berada di gerbang pintu masuk taman rekreasi. Patung ini terdiri dari suami istri & kedua anaknya. Tampak sang ayah sedang mengangkat topi capingnya & si anak sedang bergegas untuk pergi ke sekolah, sementara patung ibunya sedang menatap lirih sambil menggendong anak bayinya. Patung Bedol Desa ini menggambarkan betapa besarnya pengorbanan warga Wonogiri untuk mewujudkan pembangunan Waduk Gajah Mungkur di masa lalu. Baca juga: Daftar Objek Wisata Di Solo Yang Menarik.

Sejarah Waduk Gajah Mungkur

Dari sisi lansekapnya, ini meupakan waduk yang sangat menawan. Genangan airnya sangat cantik tatkala pemandangan berbagai bukit yang melatarinya. Di tepi waduk ini terdapat beberapa perahu kecil yang sedang menambat, mengistrirahatkan para nelayan yang puas karena mendapat banyak ikan nila dan ikan patin dari perairan waduk tersebut. Di sisi bagian utara waduk terdapat lapangan cukup luas dan sering digunakan sebagai area untuk mendarat paralayang serta panggung pertunjukkan musik. Sekeliling waduk merupakan jalanan dimana para pedagang menjual beraneka macam menu makanan, souvenir hingga hewan peliharaan yang lucu sekalipun.

Harga Tiket Taman Rekreasi Gajah Mungkur

Untuk dapat masuk ke dalam Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini, pengunjung dikenakan tarif sekitar 13 ribu rupiah per orangnya. Area parkirnya luas dan tempat wisata ini sudah dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet dan lain-lain. Baca juga: Daftar Objek Wisata Di Jawa Tengah.

Wahana Pemainan Di Taman Rekreasi Gajah Mungkur

Rasakan semilir angin yang segar di tengah danau dengan menaiki sebuah perahu kecil atau Anda bisa juga menyewa sebuah sepeda air yang berbentuk hewan, tarifnya hanya 10 ribu per orang. Jika ingin kegiatan lainnya yang lebih menantang, disediakan juga sebuah arena ATV dengan tarifnya sekitar 10 ribu untuk setiap 15 menit.

Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur

Anak-anak yang ingin bermain air dan berenang juga dapat mencoba Waterbom Gajah Mungkur dengan tarifnya sekitar 25 ribu per orangnya. Permainan lainnya juga banyak tersedia disini, mulai dari roller coaster yang sederhana, ayunan sampai kereta. Anda yang punya hobi memancing bisa membawa sebuah alat pancing dan kemudian menghabiskan waktu di sini. Jika Andda ingin sekadar bersantai, Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini dikelilingi oleh rumput pendek yang sangat nyaman untuk tempat Anda beristirahat.

Di dalam area Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini terdapat banyak warung yang menjajakan berbagai makanan bagi para pengunjung, seperti nasi rames, pecel ayam dan bakso. Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Wonogiri, Anda dapat menemukan makanan lezat yang cukup populer seperti Ayam Panggang Mbok Tiyem yang ada di wilayah Kecamatan Jatisrono, Bakso Gajah Mungkur ataupun sajian Sate Kambing Muda Pak Kembar yang ada di Baturetno.

Terima kasih telah membaca artikel tentang waterboom waduk gajah mungkur, tempat wisata waduk gajah mungkur. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TAMAN REKREASI WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk