TELAGA WARNA PUNCAK BOGOR DAN LEGENDA

Bagi Anda warga Jakarta yang lelah dengan rutinitas sehari-hari yang serba cepat, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu tempat wisata di daerah Bogor, tepatnya di daerah Puncak. Puncak selain memiliki hawa yang sejuk dengan pemandangan yang masih asri ternyata memiliki tempat wisata seperti Telaga Warna Puncak. Sebelum ditetapkan sebagai objek wisata, kawasan yang berada di areal perkebunan teh ini, kawasan Telaga Warna Bogor ini masih merupakan salah satu bagian dari kawasan Cagar Alam hutan mega mendung dan hutan Gunung Hambalang.

Telaga yang berada di kawasan Cisarua ini konon berasal dari cerita rakyat Telaga Warna. Sudah jadi khasanah budaya Indonesia jika setiap daerah memiliki cerita rakyat sendiri atau biasa yang disebut dengan legenda. Konon menurut legenda, Telaga Warna ini berasal dari perhiasan seorang putri raja. Menurut legenda Telaga Warna, putri raja itu merupakan putri kesayangan raja dan ratu. Namun sayangnya, putri yang berwajah jelita ini memiliki perangai yang buruk. Namun bagaimanapun, raja, ratu dan seluruh rakyat mencintai sang putri. Pada ulang tahun ke 17 sang putri dihadiahi perhiasan berupa kalung yang berwarna warni sebagai tanda cinta rakyat kepada sang putri.

telaga warna puncak

Image: sekitarpuncak.com

Namun menurut cerita rakyat Telaga Warna, yang terjadi adalah sang putri membuang kalung pemberian rakyat dan menyatakan bahwa kalung tersebut tidak indah. Raja, ratu dan seluruh rakyat menangis karena kelakuan sang putri. Tangisan mereka akhirnya membanjiri istana dan berubah menjadi sebuah telaga yang dikenal dengan Telaga Warna. Konon pada saat sinar matahari bersinar cerah air telaga akan memantulkan warna warni dari perhiasan sang putri. Begitulah legenda Telaga Warna yang beredar di tengah masyarakat.

Untuk menuju ke Telaga Warna Bogor, Anda bisa menggunakan minibus jurusan Bogor-Cianjur. Pemandangan yang indah menuju Telaga Warna Puncak membuat perjalanan menjadi tidak terasa. Sesampainya disana, suasana asri dan tenang menyambut setiap pengunjungnya. Disana tersedia gazebo-gazebo bagi pengunjung untuk melepaskan lelah dan penat.  Sinar matahari yang masuk melalui celah dedaunan hutan hujan tropis membawa kedamaian. Konon pada waktu-waktu tertentu air telaga akan berubah menjadi warna warni sesuai dengan legenda Telaga Warna.

Telaga warna Bogor

Membuat foto Pre wedding di telaga warna
(Image: travelmatekamu.com)

Selain menikmati indahnya panorama alam di Telaga Warna Bogor, pengunjung juga dapat menikmati indahnya hutan hujan tropis dan beberapa satwa yang hidup disana. Pemandangan kebun teh juga dapat dinikmati dari Telaga Warna ini. Sungguh pemandangan yang tidak terlupakan. Selain menikmati keindahan alam, di Telaga Warna ini juga disediakan beberapa fasilitas seperti jogging track, menara pengawasan setinggi 13,5 m dimana pengunjung dapat mengamati beberapa satwa yang hidup harmoni di kawasan ini. Baca juga: 20 Tempat Wisata di Puncak Bogor.

Walaupun Telaga Warna puncak tidak seindah seperti yang dikisahkan oleh cerita rakyat Telaga Warna. Namun tidak ada salahnya berkunjung ke tempat ini untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan bersama dengan teman, sahabat bahkan keluarga. Suasana asri akan membuat rasa lelah hilang dalam sekejap. Selamat berlibur.

Terima kasih telah membaca artikel tentang telaga warna, telaga warna puncak. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TELAGA WARNA PUNCAK BOGOR DAN LEGENDA"

PANTAI SANUR BALI, TEMPAT SUNRISE TERBAIK
Pantai Sanur Bali, Tempat Sunrise Terbaik -
WISATA MURAH DI SUNGAI MAHAKAM
Ingin sekedar santai saat weekend? Cobalah wisata
UNIKNYA PANTAI PINK LOMBOK YANG INDAH
Siapa sih yang tak kenal dengan Pantai
REVIEW AIR TERJUN MADAKARIPURA JAWA TIMUR
Air terjun Madakaripura merupakan sebuah tempat wisata