TEMPAT WISATA AIR TERJUN GROJOGAN SEWU SOLO

Tempat Wisata Air Tejun Grojogan Sewu Solo – Satu lagi tempat wisata berupa air terjun yang ada di Jawa Tengah, Grojogan Sewu. Sebenarnya air terjun ini bukan terletak di Kota Solo, tapi di Kabupaten Karanganyar, namun karena biasanya objek wisata di Karanganyar ini selalu dijadikan satu paket dengan tempat wisata di Solo, tempatwisatamu.com memasukannya sebagai salah satu objek wisata di Kota Solo dan sekitarnya.
Lokasi air terjun Grojogan Sewu Solo tepatnya berada di di wilayah Kecamatan Tawangmangu yang secara administratif termasuk dalam Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Tempat wisata air terjun Grojogan Sewu Solo yang indah ini terletak di sebuah tempat di lereng Gunung Lawu. Lokasi air terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km ke arah timur dari Kota Karanganyar. Air terjun ini masih merupakan bagian tak terpisahkan dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Beautiful Grojogan Sewu Waterfall Indonesia
Keindahan alam di kawasan air terjun Grojogan Sewu

Jika Anda berangkat dari Kota Solo dengan menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bis yang menuju ke jurusan Tawangmangu dengan tarif tak lebih dari 10 ribu, jika harga belum berubah. Setelah itu Anda langsung turun di Terminal Tawangmangu yang juga merupakan terminal terakhir, dari terminal ini Anda bisa berjalan kaki kira-kira satu kilometer menuju ke lokasi air terjun Grojogan Sewu dengan kondisi jalan yang cukup menanjak. Namun jika Anda tidak mau capek atau membuang banyak waktu, Anda juga bisa naik angkot untuk menuju air terjun.

Beautiful Grojogan Sewu Waterfall Indonesia
Berasal dari nama seribu pecak (telapak kaki)
Grojogan Sewu sendiri artinya adalah air terjun seribu. Namun bukan berarti air terjun Grojogan Sewu ini berjumlah seribu karena kata sewu yang berarti seribu di sini merujuk pada seribu pecak, yang merupakan satuan jarak yang saat itu digunakan untuk mengukur jarak ketinggian air terjun. Satu pecak berarti sama dengan satu telapak kaki orang yang sudah dewasa. Ada beberapa titik air terjun yang ada di kawasan wisata air terjun grojogan Sewu ini. Air terjun yang paling tinggi jaraknya sekitar 81 meter yang juga merupakan air terjun paling tinggi ke12 di Indonesia sekaligus menjadikannya sebagai air terjun paling tinggi Jawa Tengah. Ada juga titik air terjun lain yang jaraknya tidak terlalu tinggi namun pancurannya meluas dan membentuk banyak cabang. Bila sedang datang musim hujan, sekeliling tebing disana akan dihujani lebih banyak air terjun, tetapi ketika musim kemarau cukup panjang, banyak air terjun disini yang mengering.

Beautiful Grojogan Sewu Waterfall Indonesia
Termasuk di kawasan wisata Hutan Grojogan Sewu
Harga tiket masuk air terjon Grojogan Sewu hanya 6 ribu rupiah. Harga sewaktu-waktu bisa naik. Untuk menuju ke lokasi air terjun, dari loket retribusi Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang menuju ke bawah. Dalam perjalanan menuju ke lokasi ini, deru air terjun sudah dapat terdengar dengan cukup jelas. Anda tidak akan merasa bosan karena dalam perjalanan menuju lokasi air terjun, karena pemandangannya cukup indah karena banyaknya pepohonan yang rindang di kanan dan kiri jalan.

Beautiful Grojogan Sewu Waterfall Indonesia
Grojogan Sewu dipadati pengunjung
Wilayah hutan Wisata Grojogan Sewu sendiri mempunyai luas sekitar 20 hektar. Kawasan hutan Grojogan Sewu ini banyak sekali ditumbuhi banyak jenis pohon dan dihuni oleh banyak monyet yang  jinak. Beberapa fasilitas yang ada di hutan wisata ini misalnya seperti Taman Binatang Hutan, ada kolam renang, tempat istirahat bagi pengunjung, beberapa kios makanan, ada kios buah-buahan dan juga cinderamata, mushola serta MCK.

Beautiful Grojogan Sewu Waterfall Indonesia
Kolam renang di kawasan air terjun Grojogan Sewu
Di sekitar air terjun Grojogan Sewu juga banyak para pedagang makanan jika Anda sudah merasa lapar karena melakukan perjalanan jauh. Sate kelinci dan juga sate ayam merupakan menu khas daerah ini. Anda juga bisa mencoba kolam renang berisi air pegunungan yang cukup dingin. Selain itu, Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mencoba flying fox, ada juga jembatan gantung dari tali untuk menyeberangi sungai. Disini juga ada beberapa Gazebo untuk Anda beristirahat dan bersantai. Anda bisa menaiki kuda yang disewakan jika malas untuk menaiki tangga saat pulang. Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata air terjun Grojogan Sewu Solo? Waktunya untuk membuat rencana perjalanan wisata kesana di akhir pekan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang kolam renang grojokan sewu. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA AIR TERJUN GROJOGAN SEWU SOLO"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik