TEMPAT WISATA BUKIT GUNDALING MEDAN

Tempat Wisata Bukit Gundaling MedanBukit Gundaling merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di pinggiran kota Berastagi dan kira-kira berjarak 60 km dari Kota Medan. Pemandangan alam di lokasi wisata yang satu ini sangat indah, sehingga cukup banyak para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang mengunjungi bukit ini.

Dari lokasi wisata Bukit Gundaling ini para wisatawan bisa melihat matahari terbit dan juga tenggelam. Suasana romantis pada saat sunset menjadi pilihan banyak wisatawan dalam berkunjung ke Bukit Gundaling.

Sunset Gundaling
Sunset di Gundaling
Asal Nama Dan Sejarah Bukit Gundaling
Asal mula nama Bukit Gundaling memiliki sejarah dan  cerita tersendiri. Dikisahkan awal mula cerita ini karena ada seorang pemuda yang berkebangsaan Inggris dan tinggal di daerah Berastagi. Pemuda inidi suatu sore saat sedang berjalan-jalan, dia bertemu dengan seorang wanita muda dengan paras yang cantik, wanita ini merupakan salah seorang warga yang tinggal di sekitar Berastagi. Singkat cerita si pemuda tersebut jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan wanita tersebut, namun sayang sekali hubungannya ini ditentang oleh orang tua wanita dari tersebut. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk pergi bersama-sama dan kemudian bertemu di bukit, akan tetapi wanita tersebut tidak kunjung datang.

Bukit Gundaling
Wisata murah di Bukit Gundaling
Akhirnya si pemuda berkebangsaan Inggris tersebut mengucapkan kata-kata Good Bye Darling dengan berkali-kali, dan ternyata ucapan tersebut di dengar oleh beberapa warga asli yang ada sekitar bukit, akan tetapi karena mereka kurang fasih dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris makanya menjadi Gundaling.

Fasilitas Di Bukit Gundaling
Bukit Gundaling mempunyai ketinggian sekitar 1.575 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya cukup sejuk. Bukit Gundaling ini terletak hanya sekitar tiga kilometer saja dari pusat kota Brastagi, makanya tidak pelak lagi tempat ini menjadi salah satu tujuan atau destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan di akhir pekan.

Wisata ke bukit Gundaling
Dipadati pengunjung di akhir pekan
Suasana Bukit Gundaling ini mirip kawasan wisata di Puncak Bogor Jawa Barat, dengan suhu udaranya yang sejuk, dipenuhi dengan pohon-pohon yang rimbun dan juga berbagai tanaman indah, ada juga jasa kendaraan tradisional sejenis dokar yang selalu siap untuk membawa para wisatawan berkeliling bukit, selain itu disini juga tersedia akomodasi serta restoran yang cukup lengkap, ini menjadikan rekreasi ke tempat wisata Bukit Gundaling Medan menjadi pilihan tamasya yang cukup banyak diminati warga.

Dari puncak Bukit Gundaling ini, kita bisa melihat pemandangan dua gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Sinabung dan juga Gunung Sibayak yang keduanya mengapit kota Brastagi. Seperti telah disebutkan sebelumnya, di sepanjang jalan menuju di Bukit Gundaling ini terdapat banyak jenis pepohonan. Mulai dari deretan pohon pinus yang sering ditemukan di berbagai kawasan pegunungan, ada juga berbagai pohon buah-buahan, misalnya seperti pohon durian, dadap, rambutan, rotan dan aren.

Sunrise Gundaling
Sunrise di Gundaling
Selain menikmati indahnya pemandangan alam sekitar pegunungan, kita juga akan terhibur dengan burung-burung yang senantiasa menyambut para wisatawan dengan nyanyiannya, di sini juga bisa Anda temukan beberapa jenis hewan lainnya. Misalnya seperti rusa, monyet dan juga babi hutan sering terlihat di kawasan wisata tersebut.

Sebagian wisatawan yang datang ke Bukit Gundaling memanfaatkan moment untuk menikmati indahnya pemandangan sunrise atau sunset. Tak sedikit para fotografer, baik itu fotografer yang masih amatir maupun yang sudah profesional, mereka memilih bukit itu sebagai background untuk mengabadikan kenangan saat berwisata.

Anda juga dapat dengan mudah membeli berbagai oleh-oleh, karena cukup banyak para penjual cenderamata di tempat ini. Selain itu, karena penduduk di sekitar tempat wisata Bukit Gundaling Medan inipada umumnya bermata pencarian sebagai petani, maka tidak jarang mereka juga sering menjual hasil-hasil panen pertanian mereka kepada para wisatawan. Di bukit ini juga terdapat sebuah taman yang indah, tempat ini digunakan para wisatawan untuk bersantai, selain itu ada juga  jalan setapak sebagai sarana untuk jogging dan berolahraga mengitari bagian puncak Bukit Gundaling.

Sunrise di Bukit Gundaling
Anda juga bisa bermalam disini jika ingin merasakan nuansa malam yang indah di atas bukit. Disini ada sejumlah penginapan yang memudahkan para wisatawan yang ingin menginap. Namun saat akhir pekan tiba ataupun saat libur panjang, jumlah wisatawan yang datang ke Bukit Gundaling dan ingin menginap menjadi bertambah banyak, tak heran jika biaya sewanya pun biasanya menjadi naik. Meskipun demikian, secara umum biaya penginapan di Bukit Gundaling masih terjangkau.
Terima kasih telah membaca artikel tentang sunrise matahari pagi gundaling berastagi, tempat wisata gundaling. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA BUKIT GUNDALING MEDAN"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk