TEMPAT WISATA DI CIREBON YANG RECOMMENDED

Tempat Wisata di CirebonCirebon adalah sebuah kota di Jawa Barat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Ketika Anda mendengar kata Cirebon, pasti Anda akan mengingat tentang hasil lautnya berupa udang rebon dan hasil olahannya. Ini dikarenakan letak geografis Cirebon yang berbatasan langsung dengan pantai utara jawa. Namun selain terkenal dengan hasil udangnya, ternyata Cirebon juga memiliki tempat wisata yang cukup banyak dan tak kalah indah dengan tempat wisata di daerah lain. Ketika Anda berwisata ke tempat wisata di Cirebon, Anda akan menemukan beberapa tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang bisa Anda kunjungi dengan teman dan keluarga.

Tempat Wisata di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon yang Recommended

1. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi –┬áTempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Cirebon adalah Goa Sunyaragi. Goa ini merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang sedang hits di kalangan wisatawan muda Cirebon. Ini dikarenakan pemandangannya yang indah serta tempatnya yang unik dan tak biasa. Ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan goa yang cukup unik dengan batuan seperti karang. Goa Sunyaragi juga sering dikenal dengan sebutan lain seperti Taman Air Sunyaragi atau Taman Sunyaragi. Lokasi goa ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti masuk ke dalam goa, atau berfoto di sekitar goa. Goa Sunyaragi sendiri merupakan Bahasa sansekerta, kata Sunya berarti sepi sedangkan kata Ragi berarti raga. Dulunya, tempat ini merupakan tempat dimana tentara Kesultanan Cirebon dilatih dan digembleng agar mendapatkan fisik serta mental yang kuat. Ada kepercayaan tertentu ketika masuk ke dalam goa yakni Goa Sunyaragi dapat memudahkan jodoh. Namun ada juga salah satu goa yang dipercaya dapat membuat jodoh menjauh. Namun terlepas dari mitos tersebut, goa ini memang menawarkan panorama yang mempesona sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjungi goa ini. Ketika berkunjung ke goa ini, sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan atau merusak lingkungan karena goa ini masih termasuk kedalam cagar budaya Kota Cirebon sehingga dilindungi oleh negara. Untuk masuk ke Goa Sunyaragi, wisatawan hanya perlu mambayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang

2. Telaga Remis

Telaga Remis

Telaga Remis –┬áTempat wisata selanjutnya yang wajib disambangi ketika berada di Cirebon adalah Telaga Remis. Tempat wisata yang satu ini juga cukup hits di kalangan anak muda sehingga ketika Anda berkunjung kesana, maka Anda akan menjumpai banyak kalangan muda yang sedang bersantai di sekitar telaga. Lokasi telaga ini berada di kaki Gunung Ciremai sehingga udara sekitar akan terasa sejuk dan bersih. Sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat sejuk untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan mata. Air telaga yang jernih serta terdapat banyak pepohonan pinus di sekitar Telaga Remis membuat tempat ini menjadi spot foto yang instagenic di kalangan traveler. Selain berfoto, wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati keindahan telaga dari pinggiran atau bersepeda air berkeliling telaga. Nama Telaga Remis merupakan Bahasa Sunda yang berarti sejenis kerang berwarna kuning. Tak aneh jika wisatawan akan menemukan cukup banyak jenis kerang Remis di tempat ini. Untuk bisa sampai ke Telaga Remis, wisatawan harus melakukan perjalanan sejauh 30 kilometer dari pusat kota menuju ke Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Untuk bisa masuk ke Telaga, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 12 ribu rupiah dan sudah termasuk tiket parkir kendaraan.

3. Telaga Nilem

Telaga Nilem

Telaga Nilem – Telaga ini berada tak jauh dari Telaga Remis yakni hanya berjarak 500 meter saja. Telaga Nilem masih termasuk satu kawasan dengan Telaga Remis sehingga wisatawan yang berkunjung ke telaga ini tidak perlu membayar tiket masuk lagi. Meskipun telaga ini tidak terlalu besar, namun air yang jernih serta dasar telaga yang berupa batuan kecil membuat siapa saja akan terpesona dengan keindahannya. Anda bisa menikmati kesejukan telaga ini dengan mandi dan berenang di Telaga Nilem. Untuk Anda yang tidak ingin basah-basahan, Anda bisa juga beristirahat di gazebo dekat telaga sambil berselfie ria.

4. Taman Wisata Siwalk

Taman Wisata Siwalk

Taman Wisata Siwalk – Tempat wisata yang ini memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan yang unik dan menarik. Taman Wisata Siwalk merupakan taman wisata yang terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon dan sejak dibuka selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di tempat ini, wisatawan dapat mencoba aneka permainan seperti flying fox, water boom, berkeliling taman wisata, atau menaiki ATV. Taman dengan luas 175 hektar ini juga menawarkan pemandangan yang alami dan eksotis. Di Taman Wisata Siwalk, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan bukit dan sawah yang sangat indah. Selain terdapat banyak wahana permainan, tempat wisata di Cirebon yang satu ini juga tergolong murah. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Taman Wisata Siwalk.

5. Waduk Setu Patok

Waduk Setu Patok

Waduk Setu Patok – Di dekat Taman Wisata Siwalk, Anda bisa mengunjungi spot wisata yang cukup menarik dan sedang hits di kalangan anak muda. Namanya adalah Waduk Setu Patok yang masih satu kawasan dengan Taman Wisata Siwalk. Waduk ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan air waduk yang jernih. Ketika musim kemarau tiba, di tengah waduk akan terdapat pulau kecil yang jika dilihat dari kejauhan sangat mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh Waduk Setu Patok dengan latar belakang Gunung Ciremai. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari karena pengunjung akan disuguhi dengan panorama sunset yang mengagumkan dan tentunya sangat pas dijadikan spot foto yang instagramable. Ada 2 alternatif untuk menikmati waduk ini yakni dengan duduk santai di pinggir waduk atau berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Harga sewa perahu untuk berkeliling waduk juga cukup terjangkau yakni hanya 20 ribu rupiah saja.

6. Cirebon Waterland atau Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland atau Taman Ade Irma Suryani – Tempat wisata di Cirebon yang satu ini memang wajib Anda kunjungi ketika berada di Cirebon. Taman Ade Irma Suryani merupakan wahana bermain yang terbesar di Cirebon. Taman yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso no. 1, Cirebon ini memiliki berbagai wahana permainan yang sangat lengkap dan menarik. Lokasinya yang berada di pinggir pantai membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Ade Irma Suryani dapat menikmati berbagai wahana seperti waterboom, kolam arus, perahu bebek, air mancur dan wahana lainnya. Selain wahana yang banyak, tempat ini juga memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menginap diatas air, tersedia cottage yang dapat disewa dengan harga sekitar 1 jutaan per malam. Untuk bisa menikmati semua wahana yang tersedia di Taman Ade Irma Suryani, wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar 50 ribu rupiah per orang.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang harus Anda kunjungi ketika sedang berwisata di Cirebon. Ketika berkunjung ke Cirebon, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Cirebon yaitu Nasi Jamblang. Banyak yang mengatakan kalau belum ke Cirebon kalau belum mencicipi Nasi Jamblang yaitu nasi yang dibungkus daun jati dan disajikan dengan cara prasmanan atau mengambil sendiri lauknya. Lauk untuk nasi jamblang biasanya berupa sambal goring, sate kentang, telur dadar, telur mata sapi, ikan asin, tahu, tempe, dan aneka sayuran. Selain nasi jamblang, ada juga kuliner khas Cirebon lainnya yang wajib Anda cicipi yaitu empal gentong. Dinamakan empal gentong karena dimasak menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat dan ukurannya cukup besar. Empal gentong sendiri sebenarnya adalah soto gule dari Cirebon dan biasanya terdapat 2 pilihan yaitu Empal Gentong kuah santan dengan taburan kucai dan empal gentong kuah bening dengan rasa sedikit asam.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tempat alam yang sering di kunjungi orang2 di cirebon, wisata di cirebon. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA DI CIREBON YANG RECOMMENDED"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI CIREBON DAN INDRAMAYU
Daftar Tempat Wisata Di Cirebon Dan Indramayu