TEMPAT WISATA DI JAMBI YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Jambi merupakan salah satu kota yang cukup besar di Sumatera. Selain sebagai ibukota dari propinsi Jambi, kota Jambi memiliki beragam tempat wisata yang cukup menarik dan sangat layak untuk dikunjungi wisatawan. Jambi memiliki ciri khas yaitu diapit oleh sungai besar bernama Sungai Batanghari. Hal ini membuat Jambi memiliki beberapa tempat wisata dengan sungai sebagai objek wisatanya. Jika Anda datang dan berlibur ke Jambi, ada beberapa tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi tersebut.

Tempat Wisata di Jambi Yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing

Jika Anda adalah traveler yang mencari sensasi berwisata ke tempat wisata yang masih alami dan perawan, mungkin air terjun ini adalah destinasi wisata yang tepat jika Anda berada di Jambi. Air Terjun Sigerincing cocok menjadi yang pertama dalam daftar tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi. Air Terjun Sigerincing adalah sebuah air terjun yang ada di desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Meskipun letaknya cukup jauh dari kota Jambi yakni sekitar 300 KM dari kota, namun keindahan yang ditawarkan akan membuat Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Selain indah, air terjun ini termasuk tempat wisata yang masih perawan sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Jadi apabila Anda berkunjung ke sana, Anda akan merasakan sensasi berada di air terjun pribadi. Ketinggian air terjun Sigerincing sekitar 60 meter dengan air yang sangat jernih serta dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rimbun. Air yang ada di kolam air terjun juga sangat jernih sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk berenang dan merasakan kesegaran air terjun.

2. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo

Bagi Anda yang sedang berada di kota Jambi, ada baiknya untuk berkunjung ke Tanggo Rajo pada sore atau malam hari. Di tempat ini, Anda akan menemukan pemandangan yang cukup indah dari tepi sungai Batanghari. Di Tanggo Rajo tersedia berbagai makanan dan minuman yang berjejer. Namun apabila Anda datang ke sini, jangan kaget jika Anda akan menemui pemandangan yang ramai oleh pengunjung karena Tanggo Rajo merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Jambi. Saat ada perayaan Hari Ulang Tahun Jambi, tempat ini akan sangat padat oleh pengunjung dan terdapat berbagai acara di tempat ini. Jika Anda berkunjung saat akhir pekan, Anda akan melihat pemandangan orang yang memancing di sungai Batanghari karena akhir pekan adalah waktunya bagi para pemancing untuk memancing di sungai ini. Selain dapat menikmati pemandangan sungai Batanghari, Anda juga bisa sambil wisata kuliner karena banyak pedagang siap menyambut Anda dengan aneka kuliner yang menggoyang lidah. Tangga Rajo ini cocok menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

3. Danau Kerinci

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah di Jambi. Danau Kerinci terletak dibawah gunung Kerinci dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Danau ini sekaligus merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Pengunjung bisa menikmati pemandangan danau dengan air sangat jernih yang berlatar belakang Gunung Kerinci. Karena letaknya berada di ketinggian 783 meter diatas permukaan laut, udara di sekitar danau menjadi sejuk sehingga pengunjung tidak akan kepanasan saat berkunjung ke danau ini. Tidak heran karena keindahannya Danau Kerinci termasuk dalam tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

4. Danau Belibis

Danau Belibis

Danau lainnya yang berada di lereng Gunung Kerinci adalah Danau Belibis. Tak berbeda jauh dengan danau Kerinci, Danau Belibis ini menawarkan pemandangan Gunung Kerinci dari pinggir danau. Karena keindahannya, Danau Belibis cocok sekali masuk ke dalam tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi. Hutan lebat yang mengelilingi danau ini membuat pemandangan semakin indah dan syahdu. Suasana tenang dan alami di sekitar danau membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di sekitar danau ini. Selain itu, stress akan hilang karena pemandangan yang indah serta air danau yang jernih akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

5. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Ada satu lagi danau di Jambi yang mesti Anda kunjungi ketika berlibur ke Jambi. Datanglah ke Danau Gunung Tujuh yang berlokasi di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro atau sekitar 60 km dari Sungai Penuh. Untuk menuju ke danau ini, pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Setelah sampai di Desa, pengunjung harus berjalan kaki selama 3 jam melewati jalan setapak untuk bisa sampai ke danau ini. Namun perjalanan yang melelahkan tersebut tidak akan sia-sia saat pengunjung sampai ke danau Gunung Tujuh. Anda akan disambut dengan pemandangan yang begitu menakjubkan yakni pemandangan danau super jernih yang dikelilingi oleh 7 gunung, seolah-olah gunung-gunung tersebut adalah dinding dari danau ini. Tempatnya yang cukup tinggi membuat udara di sekitar danau Gunung Tujuh menjadi dingin sehingga diperlukan pakaian yang hangat agar tidak kedinginan. Ingin mengeksplor danau ini lebih jauh? Silahkan gunakan perahu yang tersedia untuk berkeliling danau dan menikmati pemandangan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Selain Danau Kerinci dan Danau Belibis, pemandangan yang menakjubkan yang bisa Anda nikmati di Danau Gunung Tujuh membuat tempat wisata ini masuk ke dalam daftar tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

6. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Ingin menikmati pemandangan hijau dengan latar belakang Gunung Kerinci? Datang saja ke Taman Nasional Kerinci Seblat yang berada di lereng gunung Kerinci. Di tempat ini, Anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan rumput hijau dengan latar belakang Gunung Kerinci akan membuat Anda terkagum-kagum dan tak ingin menyia-nyiakan pemandangan tersebut begitu saja. Jangan lupa untuk membawa kamera berkualitas tinggi untuk mengabadikan momen saat berada di Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena keindahan dan juga kelestarian alamnya, Taman Nasional Kerinci Seblat dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tentunya UNESCO tak salah menetapkan taman ini sebagai warisan dunia karena disini pengunjung bisa menemukan aneka flora dan fauna yang sangat beragam, tidak heran jika Taman Nasional Kerinci Sablat ini masuk ke dalam tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

7. Monas Jambi

Monas Jambi

Di Jambi ternyata juga terdapat Monumen Nasional yang terletak di bundaran komplek pemerintah kota Jambi. Meskipun dinamakan Monas, namun monumen yang satu ini tidak sama persis dengan Monas yang ada di Jakarta. Selain ukurannya yang lebih kecil, bangunannya juga terdapat perbedaan. Tempat wisata ini sering dijadikan spot foto hits di kalangan anak muda Jambi. Jadi jika Anda datang ke Jambi, silakan abadikan momen saat Anda berkunjung ke tempat ini. Keunikan dari Monas Jambi adalah terdapat jam dinding disetiap sisi monumen dan juga ada ukiran di bawah monumen. Monas Jambi masuk ke dalam tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi karena banyak sekali orang yang menjadikannya salah satu tempat foto paling favorit di Jambi.

8. Gentala Arasy

Gentala Arasy

Ini adalah tempat wisata terbaru di Jambi yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Jambi. Gentala Arasy merupakan sebuah menara yang berlokasi di Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan. Meskipun tergolong masih baru, tempat wisata ini sudah menjadi tempat wisata favorit oleh masyarakat Jambi. Selain tempatnya yang kekinian, menara ini juga unik dengan ketinggian mencapai 85 meter. Di bagian atas menara terdapat 4 buah jam dinding, sementara di lantai dasar terdapat museum yang mengoleksi benda bersejarah tentang islam. Hadirnya Gentala Arasy yang menjadi ikon baru kota Jambi membuatnya juga menjadi tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi. Jika ingin mengeksplor Jambi lebih lama lagi, silakan cari penginapan di Jambi dengan fasilitas yang Anda inginkan. Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kuliner khas Jambi yang dijamin akan membuat lidah bergoyang. Selamat berlibur.

Terima kasih telah membaca artikel tentang temoat wisata di jambi, wisata seribu tanggo merangin. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA DI JAMBI YANG WAJIB DIKUNJUNGI"

KESERUAN DI DANAU GUNUNG TUJUH KERINCI – JAMBI
Keseruan di Danau Gunung Tujuh Kerinci -
KEUNIKAN CANDI MUARO JAMBI YANG BERSEJARAH
Situs Kepurbakalaan Candi Muaro Jambi merupakan salah
LEGENDA DANAU KACO JAMBI BERCAHAYA MALAM HARI
Ada sebuah legenda dibalik indahnya Danau Kaco