ASYIKNYA WISATA KE GREEN CANYON PANGANDARAN

Asyiknya Wisata Ke Green Canyon Pangandaran – Sudah siap untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga dalam waktu dekat ini? Mungkin salah satu objek wisata di Pangandaran ini bisa Anda pertimbangkan. Ya, Green Canyon Indonesia yang ada di kabupaten Pangandaran ini merupakan tempat wisata yang cukup populer baik di dalam maupun di luar negeri. Karena lokasinya yang berdekatan dengan wilayah Tasik dan Ciamis, maka tempatwisatamu.com memasukan Green Canyon ini sebagai salah satu tempat wisata di Tasik dan Ciamis serta daerah sekitarnya.

Asal nama Green Canyon Indonesia atau yang oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh ini memang merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika. Sebutan Green Canyon ini dipopulerkan oleh salah seorang warga Perancis pada tahun 1993 lalu.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Indonesia juga punya Green Canyon

Cukang Taneuh dalam Bahasa Sunda artinya berarti jembatan tanah, ini sebutan untuk sebuah jembatan yang terbuat dari tanah yang membentang di atas sebuah lembah dan juga jurang Green Canyon. Jembatan tanah ini sehari-hari biasa dilalui oleh para petani setempat ketika berangkat menuju ke ladang dan kebun. Green Canyon sebenarnya juga merupakan aliran sungai Cijulang yang rutenya menembus sebuah gua dengan pemandangan yang eksotis karena mempunyai stalagtit dan juga stalagmit yang sangat mempesona.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Green Canyon Pangandaran, populer hingga ke mancanegara
Lokasi Green Canyon Pangandaran tepatnya berada di daerah Kecamatan Cijulang, yang secara administratif masih termasuk wilayah Kabupaten PangandaranJawa Barat. Ada beberapa rute menuju Green Canyon Pangandaran dari arah Jakarta. Anda bisa menuju Kota Bandung terlebih dahulu, kemudian dari Bandung Anda langsung menuju jalur Tasikmalaya. Dari Tasikmalaya, setidaknya ada dua jalur yang bisa Anda tempuh, yaitu dengan menggunakan jalur timur yang melewati Kota Tasik, Kabupaten Ciamis, kemudian ke Kota Banjar, lalu ke Pangandaran, masuk daerah Parigi lalu kemudian ke Cijulang. Jalur yang Anda tempuh ini mempunyai jarak kurang lebih sekitar 170 km. Jalur alternatif lainnya adalah melalui jalur selatan yang melewati Kota Tasik, kemudian ke Cipatujah, masuk ke Cikalong, Cimanuk kemudian masuk Kecamatan Cijulang, dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 60 km.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Asyiknya wisata ke Green Canyon dengan keluarga
Jalur yang kedua ini memang cukup pendek, tapi aktivitas hilir mudiknya banyak truk yang mengangkut pasir besi di jalur ini mengakibatkan jalur selatan menjadi rusak parah dan tidak nyaman untuk Anda lalui, sehingga meskipun jalurnya pendek, namun dapat membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Asyiknya wisata ke Green Canyon Pangandaran bersama keluarga bisa terganggu karena letihnya perjalanan yang Anda tempuh.

Sedangkan untuk Anda yang datang dari arah Jawa Timur atau Jawa Tengah, Anda tentu harus masuk ke Jawa Tengah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan untuk menuju jalur ke Jawa Barat dengan mengikuti rute menuju Purworejo, kemudian Kebumen, Wangon, Banjar dan tiba di Pangandaran.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Warga setempat menyebutnya Cukang Taneuh alias jembatan tanah
Green Canyon Pangandaran ini dibuka untuk para wisatawan sejak jam 7.30 pagi hingga jam 16.00 sore. Sebaiknya Anda dan keluarga datang lebih pagi ke objek wisata Green Canyon Indonesia ini jika di waktu libur. Karena tempat ini biasanya sangat padat oleh para wisatawan. Jika Anda dan keluarga datang masih pagi kemungkinan Anda tidak akan mengantre terlalu lama.Sebaiknya jangan datang saat sedang musim hujan. Karena biasanya objek wisata Green Canyon Pangandaran ditutup akibat debit air yang cukup tinggi dan airnya akan mengeruh, sehingga namanya bukan Green Canyon lagi tapi berubah jadi Brown Canyon ^_^

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Naik perahu untuk 5-7 orang
Oh iya, sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai yang cukup jika ingin berkunjung ke objek wisata Green Canyon Pangandaran ini, karena di tempat wisata ini tidak terdapat ATM.Untuk menuju Green Canyon dari dermaga, satu-satunya alat transportasi yang tersedia adalah perahu, Anda dapat menyewa perahu dengan tarif Rp 125.000 untuk 6 orang, jadi ketika berkunjung ke sini Anda sebaiknya membawa rombongan agar dapat berpatungan dengan teman dan biaya sewa perahunya bisa lebih ringan. Dari dermaga dengan sampai ke lokasi Green Canyon jaraknya sekitar 3km, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 hingga 45 menit.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Suasana rileks di Green Canyon dapat menghilangkan penat
Sepanjang perjalanan menuju lokasi utama, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dengan air yang berwarna hijau tosca. Mungkin dari warna air sungai inilah nama Green Canyon tersebut berasal. Anda juga akan disuguhi pemandangan hijaunya pepohonan yang rimbun di kedua sisi sungai. Suasana yang sunyi diselingi dengan gemerisik pepohonan yang tertiup angin serta kicauan burung memberikan suatu harmoni yang indah bagi para pengunjung selama perjalanan. Jangan kaget jika dalam perjalanan Anda melihat Biawak ataupun berbagai binatang lain seperti monyet di sekitar sungai ini.

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Berenang di Green Canyon aman dan menyenangkan
Jika Anda sudah mulai memasuki wilayah jeram dengan alur yang semakin sempit, di mana perahu sudah cukup sulit untuk melaluinya, itu artinya Anda sudah cukup dekat dengan mulut Green Canyon. Perjalanan selanjutnya bisa diteruskan dengan cara merayap di area sungai menyusuri tepi batu ataupun berenang. Untuk Anda yang memilih untuk berenang, disini juga tersedia ban dan juga pelampung. Tidak perlu khawatir, perjalanan seperti ini terjamin keamanannya di Green Canyon Pangandaran, bahkan untuk anak kecil berusia 6 tahun sekalipun. Anda akan melewati daerah sungai dengan dindingnya yang terlihat menyerupai gua. Di bagian atasnya tampak terlihat stalagtit-stalagtit yang cantik dengan dihiasi tetesan air tanah. Kemudian setelah itu Anda akan tiba di sebuah tempat di mana ada beberapa air terjun kecil yang cukup eksotis di sisi kiri dan kanan. Anda dapat terus berenang sampai ke ujung jalan dan disana Anda akan menemukan gua yang penuh dengan kelelawar yang bergelantungan di dalamnya.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan kamera bawah air untuk dapat mengabadikan momen-momen terbaik saat Anda ketika berenang. Anda tidak perlu membawa pelampung ataupun life jacket sendiri, karena petugas pembawa perahu telah menyediakannya bagi Anda.

Selain berenang dan juga menikmati keindahan Green Canyon, disini juga tersedia banyak warung makan yang berdekatan dengan tempat parkir, jadi Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar setelah berenang. Selain itu disini Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Green Canyon..

Amazing Green Canyon Pangandaran Indonesia
Rafting bareng teman di Green Canyon Pangandaran
Jika Anda merasa lelah untuk pulang dan lebih memilih untuk menginap, disini juga banyak terdapat penginapan, mulai dari rumah dan villa yang disewakan oleh warga sampai beberapa hotel disekitar lokasi dengan harga yang bervariasi tentunya, mulai dari 100 ribu hingga 2 juta rupiah.

Nah, bagaimana dengan Anda? Ingin merasakan asyiknya wisata ke Green Canyon Pangandaran?
Terima kasih telah membaca artikel tentang grand canyon ciamis, green canyon ciamis. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "ASYIKNYA WISATA KE GREEN CANYON PANGANDARAN"

KOPI AROMA BANCEUY, OLEH-OLEH WISATA BANDUNG
Kopi Aroma Banceuy, Oleh-Oleh Wisata Bandung -
DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
DAFTAR TEMPAT WISATA KULINER BANDUNG
Daftar Tempat Wisata Kuliner Bandung - Para
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik