WISATA KE HUTAN WANAGAMA JOGJA

Wisata Ke Hutan Wanagama Jogja – Untuk Anda yang suka dengan wisata alam, khususnya berpetualang di dalam hutan, objek wisata Hutan Wanagama Jogja memberikan Anda kepuasan tersendiri untuk menjelajahinya. Lokasi Hutan Wanagama Jogja hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Hutan Wanagama Jogja dari Kota Yogyakarta, Anda tinggal mengambil jalur ke arah Wonosari Gunung Kidul, sebelum Anda memasuki Kota Wonosari yang lebih tepatnya di perempatan pasar Gading, di lampu merah kita belok ke arah kanan menuju ke Desa Banaran. Dari sana sekitar 2,5 km Anda akan sampai di pintu gerbang Hutan Wanagama.

Hutan Wanagama ini meliputi empat wilayah desa yang ada di Kecamatan Patuk dan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata hutan Wanagama Yogyakarta ini merupakan hutan yang tandus dan gersang yang disebabkan oleh banyaknya penebangan liar. Ini terjadi pada tahun 60an.

Wanagama Forest Yogyakarta Indonesia
Berpetualang di Hutan Wanagama Jogja

Keprihatinan akan tandusnya hutan ini membuat beberapa orang tergerak untuk mereboisasinya. Mereka adalah para akademisi dari Fakultas Kehutanan UGM Jogja. Proyek reboisasi ini dipelopori oleh Prof. Oemi Hani’in Suseno dengan modal dari uang pribadinya sejak tahun 1964. Sang guru besar yang juga penerima anugerah Kalpataru dari Negara (penghargaan tertinggi di Negara Indonesia untuk bidang lingkungan) tersebut mulai menanami Hutan Wanagama yang saat itu luasnya hanya sekitar 10 hektar saja.

Kegigihan dari Prof. Oemi bersama dengan rekan-rekannya menanami lahan tandus ini menarik perhatian banyak kalangan termasuk pemerintah dan juga para pecinta lingkungan. Mereka terus bekerjasama untuk mereboisasi Hutan Wanagama yang saat ini kita bisa menyaksikan hamparan hutan hijau dengan luas hingga 600 hektar.

Hutan Wanagama memang membuat kita merasa kembali ke dalam nuansa alam yang sangat kental. Disini Anda akan merasa seperti sedang berada di dalam miniatur sebuah hutan yang berisikan berbagai jenis tanaman yang berasal dari berbagai daerah, mirip suasana yang pernah tempatwisatamu.com rasakan saat berwisata ke Kebun Raya Bogor atau ke Hutan Jayagiri yang ada di wilayah Lembang Bandung.

Wanagama Forest Yogyakarta Indonesia
Hutan Wanagama Jogja, memiliki 550 lebih jenis tanaman
Terdapat banyak jenis pepohonan yang akan Anda lewati saat mulai memasuki wilayah Hutan Wanagama Yogyakarta. Kawasan Hutan Wanagama ini memiliki koleksi lebih dari 550 jenis tanaman, seperti pohon akasia yang terkenal sebagai penghasil bubur kayu, ada juga pohon kayu putih, barisan pohon pinus merkusii yang terlihat rapi, pohon eboni yang terkenal sebagai kayu hitam dari daerah Sulawesi, pohon cendana, pohon murbei dan juga pohon jati. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai jenis binatang unggas, ada juga kera, serta beberapa jenis binatang reptilia yang merupakan khas penghuni hutan.

Hutan lindung Wanagama Jogja ini dialiri oleh tiga buah sungai (Sungai Oya, Sungai Sendang Ayu, dan juga Banyu Tibo). Ketiga sungai ini memberikan suplai kebutuhan air bagi para penghuni kawasan hutan Wanagama dan menjadikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjung dengan suasana gemericiknya air dari ketiga sungai tersebut. Hutan Wanagama juga merupakan sebuah sebuah kawasan yang menjadi cermin sebuah bentuk kepedulian kepada alam, berbagai fasilitas wisata dan juga penunjang ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Wanagama Forest Yogyakarta Indonesia
Hutan Wanagama penunjang ekonomi warga
Jalanjalan bersama teman dan keluarga di lokasi hutan juga sangat menyenangkan karena jalan yang dilalui sudah bagus dengan aspal yang cukup mulus, serta bisa juga menyusuri jalan setapak dengan corblok dipinggir sungai Oya dengan menggunakan kendaran roda empat, roda dua dan juga berjalan kaki.

Ada satu pohon yang cukup populer di Hutan Wanagama ini. Pohonitu adalah pohon jati Londo yang dulu ditanam oleh Pangeran Charles ketika dia berkunjung ke Hutan Wanagama di tahun 1989. Selain pohon Jati Londo ini, Pangeran Charles juga meninggalkan sebuah rute yang kini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Hutan Wanagama. Rute ini dimulai dari Wisma Cendana sampai Bukit Hell.

Di dalam kawasan hutan Wanagama ini ada sebuah aula atau pendopo yang banyak digunakan untuk berbagai jenis acara dan juga sebagai tempat beristirahat bagi para wisatawan. Disini juga terdapat sarana permainan outbond, tempat perkemahan yang lengkap dengan sarana pendukungnya seperti listrik,air yang bersih untuk MCK dan juga keamanan yang terjamin.

Wanagama Forest Yogyakarta Indonesia
Tempat Outbond di Hutan Wanagama Jogja
Rasa letih karena berkeliling saat wisata ke Hutan Wanagama Jogja yang luas cukup terbayar dan sebanding dengan kepuasan yang didapatkan serta akan membuat Anda merasa kagum dengan hutan yang jadi mahakarya reboisasi ini. Tertarik mengunjungi Objek wisata Hutan Wanagama Jogja? Sebaiknya Anda mulai menyusun rencana untuk perjalanan wisata di akhir pekan ini!
Terima kasih telah membaca artikel tentang hutan wanagama, dimana tempat hutan inang di yogyakarta. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE HUTAN WANAGAMA JOGJA"

BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik