TEMPAT WISATA KELUARGA KEBUN BINATANG RAGUNAN

Tempat Wisata Keluarga Kebun Binatang Ragunan Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu kebun binatang di Indonesia yang berada di Kota Jakarta.Tempat wisata keluarga Kebun binatang ragunan ini mempunyai luas sekitar 140 hektar, dengan luasnya ini kebun binatang Ragunan menjadi kebun binatang terluas kedua di dunia setelah yang ada di Kanada. Kebun binatang Ragunan ini didirikan sekitar tahun 1864 dan mempunyai koleksi lebih dari 295 spesies serta 4040 spesimen, hingga kini terus bertambah.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan atau kebun binatang Ragunan Jakarta merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Lokasi Kebun Binatang Ragunan ini tepatnya berada di Jalan Harsono RM. Kelurahan Ragunan, wilayah Pasar Minggu – Jakarta. Pada tahun 2005 silam, kebun binatang pertama di Indonesia ini pernah ditutup selama 3 minggu karena ada beberapa hewan yang terinfeksi flu burung.
Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Gerbang masuk kebun binatang Ragunan Jakarta

Untuk menuju ke objek wisata kebun binatang Ragunan ini, jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan TransJakarta atau busway dengan jurusan Kuningan-Ragunan yang pemberhentiannya berakhir tepat di depan pintu gerbang kebun binatang ini.

Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Macan putih di Ragunan
Sejarah Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang pertama yang berdiri di Indonesia. Kebun binatang yang satu ini didirikan di tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang artinya adalah Tanaman dan Kebun Binatang. Awalnya luas kebun binatang Ragunan ini hanya 10 hektar di kawasan CikiniJakarta Pusat. Tanah seluas 10 hektar ini merupakan hibah atau pemberian seorang pelukis populer Indonesia, yaitu Raden Saleh. Ketika itu, Planten En Dierentuin atau taman dan kebun binatang ini dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora & Fauna Batavia yang tergabung dalam sebuah wadah bernama Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Pada tahun 1949, nama Planten En Dierentuin dirubah jadi Kebun Binatang Cikini dan di tahun 1969 kebun binatang ini dipindahkan ke daerah Ragunan sekitar tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta kemudian menghibahkan tanah kira-kira seluas 30 hektare yang kemudian menjadi rumah untuk kebun binatang ini. Ali Sadikin yang menjadi gubernur DKI Jakarta saat itu meresmikan berdirinya Taman Margasatwa Ragunan pada tanggal 22 Juni di tahun 1966.
Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Kandang macan di Taman Margasatwa Ragunan
Wahana Dan Fasilitas Kebun Binatang Ragunan
Tempat wisata keluarga Kebun Binatang Ragunan ini memang mengasyikan. Apalagi jika Anda berwisata dengan membawa anak-anak, jika biasanya mereka hanya melihat berbagai jenis binatang di buku ataupun televisi, dengan mengunjungi objek wisata kebun binatang Ragunan mereka akan senang dan antusias.

Binatang-binatang yang ada di objek wisata kebun binatang Ragunan ini bisa dibilang cukup lengkap. disini ada berbagai macam unggas seperti burung pelikan, elang, merak, dan puluhan jenis lainnya, ada juga berbagai primata seperti bekantan, kera, siamang, orang utan dan lainnya, ada juga berbagai jenis ular, rusa, beruang madu, kudanil, gajah, unta, banteng, kelelawar dan lain-lain. Tidak ketinggalan berbagai binatang buas juga ada disini, misalnya seperti harimau, buaya, singa, harimau putih, beruang dan lain-lain.

Selain melihat berbagai jenis binatang, di tempat wisata kebun binatang ragunan ini Anda juga bisa mengajak buah hati Anda bermain di arena bermain anak, karena disini ada berbagai macam permainan untuk anak dan juga aneka permainan dari balon.

Pusat Primata Schmutzer
Di tempat wisata kebun binatang Ragunan ini juga terdapat ‘Pusat Primata Schmutzer’. Tempat yang satu ini khusus untuk menampilkan berbagai jenis primata dengan suasana yang agak berbeda dan di dalamnya juga terdapat museum primata sebagai wahana edukatif untuk menambah pengetahuan Anda dan buah hati tentang jenis hewan yang satu ini. Kabarnya pusat primata ini merupakan yang terbesar di dunia. Saat pertama kali masuk, Anda harus sebuah menaiki tangga, nanti dari atas Anda dapat melihat sosok gorila dengan ukuran besar setinggi manusia. Primata lain yang ada di dalam wahana ini antara lain siamang, kera putih, simpai dan masih banyak berbagai jenis lainnya.
Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Pusat Primata terbesar di dunia
Dunia Orang Utan
Disini ada juga wahana ‘Dunia Orang Utan’, Dalam wahana ini Anda akan memasuki terowongan yang panjang dan cukup gelap yang dibuat menyerupai sebuah goa, uniknya tiap-tiap bagian di dalam gua ini dipisahkan oleh tali-tali yang saling berlilitan menyerupai akar pohon. Pada sisi-sisi terowongan pada bagian tertentu akan nampak kandang-kandang dengan kaca tebal sehingga Anda dapat melihat beberapa orang utan yang berada di luar.

Setelah keluar dari terowongan tadi, Anda bisa menaiki sebuah rumah pohon yang cukup tinggi atau berjalan diantara pepohonan dengan melewati jembatan gantung. Pada bagian lain, terdapat taman Bali. Taman ini memang dibuat mirip dengan suasana Bali. Ada juga tempat lainnya untuk bermain anak-anak seperti ayunan, batang pohon yang telah dibentuk sedemikian ruapa agar dapat dipanjat, bergelantung di tali-tali pohon atau bermain pasir.
Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Dunia orang utan di Ragunan
Children Zoo
Taman Margasatwa Ragunan baru-baru ini membuka sebuah wahana baru untuk para pengunjung, terutama bagi anak-anak. Wahana ini bernama Children Zoo ataupun kebun binatang anak. Children Zoo ini dibangun untuk dapat memberikan kesenangan serta edukasi pada anak-anak. Di dalam wahana tersebut, anak-anak dapat langsung berinteraksi dengan berbagai binatang jinak. Misalnya seperti rusa, burung kakak tua, kuda, burung bengkok dan lain-lain. Selain itu, dalam wahana wisata yang satu ini juga terdapat sebuah kolam ikan dan juga akuarium yang memamerkan beberapa ikan raksasa berasal dari pedalaman Sungai Amazon – Brasil, yakni ikan Arapaima.

Harga Tiket Kebun Binatang Ragunan
Harga tiket masuk kebun binatang Ragunan ini cukup terjangkau, hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 saja untuk orang dewasa dan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 3.000. Sedangkan untuk masuk ke wahana Pusat Primata Schmutzer Anda dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Untuk dapat menikmati wahana baru bernama Children Zoo ini, pengunjung harus membayar tarif yang ringan sebesar 2.500 rupiah per orang.
Ragunan Zoo Jakarta Indonesia
Kebun binatang Ragunan favorit anak-anak
Tidak seperti Kebun Binatang Bandung yang cukup teduh dengan berbagai pohon yang besar dan jarak antar kandang binatang yang berdekatan. Di tempat wisata Kebun Binatang Ragunan ini jarak antar kandang binatang cukup jauh, jadi untuk melihat berbagai binatang yang satu dan binatang yang lain Anda mau tidak mau harus berjalan kaki cukup melelahkan. Jadi sebaiknya Anda membawa topi ataupun payung untuk dapat melindungi diri Anda dari sinar matahari serta bekal makanan juga minuman yang cukup. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang kebun binatang ragunan, wahana ragunan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "TEMPAT WISATA KELUARGA KEBUN BINATANG RAGUNAN"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali