6 TIPS BELANJA OLEH-OLEH DI TEMPAT WISATA

6 Tips Belanja Oleh-Oleh Di Tempat Wisata – Asyik berwisata, jangan lupa untuk berbelanja. Selain untuk membeli berbagai oleh-oleh untuk kerabat dan sanak saudara di rumah, sebaiknya beli juga beberapa barang yang bisa mengingatkan Anda pada objek wisata yang dikunjungi.

Jangan sampai kalap, jangan sampai kehabisan uang dan waktu dengan sia-sia pada saat belanja di waktu berlibur. Berikut 6 tips belanja oleh-oleh di tempat wisata dengan aman sebagaimana  dikutip dari Fodors :

1. Cek harga di internet
Sebelum kita mulai berbelanja, lakukan sebuah riset sederhana terlebih dulu tentang harga berbagai barang yang Anda incar lewat internet. Jadi, Anda nantinya bisa mengetahui harga sebelum belanja, berapa kira-kira harga standar yang mesti dibayar untuk dapat membeli barang-barang tersebut dan juga supaya tidak mengeluarkan terlalu banyak uang untuk berbagai hal yang sebenarnya tidak perlu. Carilah informasi dari berbagai blog wisata atau dari orang yang pernah berwisata ke tempat yang jadi destinasi wisata Anda.
Belanja
Hindari mal dan departement store
2. Hindari pusat perbelanjaan besar
Berbelanja di pusat perbelanjaan yang besar seperti mal ataupun departement store tidak akan ada bedanya dengan saat Anda berbelanja di dalam kota Anda sendiri. Sebaiknya Anda kunjungi setiap pasar tradisional setempat ataupun berbagai toko lokal, yang pastinya disana menjual berbagai barang yang sama sekali belum pernah Anda lihat dan dengan harga miring.

3. Tanyakan pada penjual lokal
Saat Anda berbelanja di dalam pasar lokal, ajaklah ngobrol penjual sambil minta rekomendasi toko lainnya yang juga sangat layak untuk dikunjungi. Biasanya, mereka dengan senang hati memberi tahu, Anda juga akan diuntungkan karena bisa menghemat waktu daripada harus kesana kemari berputar-putar tidak tentu arah.

4. Tahu kapan harus menawar
Menawar memang sebuah cara yang paling umum untuk mendapatkan sebuah barang dengan harga yang miring. Akan tetapi, Anda juga mesti memerhatikan waktu yang tepat untuk menawar barang dan berhenti. Seperti apapun penjual barang menawarkan harganya, Anda mesti tetap terlihat tenang supaya barang tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang memang Anda inginkan. Jagalah kesopanan Anda agar penjual juga tetap segan terhadap Anda.

5. Pastikan barang bisa dibawa pulang ke negara Anda
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang, pastikan terlebih dulu apakah barang-barang yang akan Anda beli termasuk barang legal di Negara asal Anda. Anda tentu tidak akan mau jika barang-barang belanjaan Anda disita oleh petugas di bandara ketika pulang.
Belanja di pasar tradisional
Sebaiknya belanja di pasar tradisional
6. Kirim melalui pos
Banyak sekali barang lokal yang unik dan cantik, misalnya seperti keramik, guci dan juga porselen yang cukup menarik hati para pengunjung, apalagi jika harganya murah. Namun sangat disayangkan jika barang-barang tersebut ternyata cukup besar dan juga merepotkan jika dibawa di dalam bagasi, apalagi mempunyai resiko pecah ketika melakukan perjalanan. Lebih baik barang barang tersebut Anda kemas dalam paket, kemudian kirimkan melalui paket pengiriman secara khusus yang bisa Anda percaya.

Itulah 6 tips belanja oleh-oleh di tempat wisata agar Anda tidak terjebak dengan harga yang ditawarkan penjual di tempat wisata favorit Anda.

Related Post "6 TIPS BELANJA OLEH-OLEH DI TEMPAT WISATA"

TIPS BULAN MADU ROMANTIS DENGAN BERKEMAH
Tips Bulan Madu Romantis Dengan Berkemah -
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting
WISATA INDONESIA MENGANGKAT JACKIE CHAN SEBAGAI DUTA
Wisata Indonesia Mengangkat Jackie Chan Sebagai Duta
5 TEMPAT NGABUBURIT DI SEMARANG YANG ASYIK
5 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik