WAJAH BARU TEMPAT WISATA MARIBAYA BANDUNG

Wajah Baru Tempat Wisata Maribaya Bandung – Sudah lama sekali rasanya tempatwisatamu.com tidak melakukan perjalanan wisata ke Hutan Maribaya Lembang. Karena rindu dengan suasana hutannya yang sejuk dan gemuruh air terjunnya, pada akhir September 2013 kemarin kami memutuskan untuk berkunjung kesana sekedar untuk melepas rindu. Namun ketika kami sampai ke pintu gerbang, disana ada sebuah papan putih dengan tulisan berwarna merah menyebutkan bahwa objek wisata hutan Maribaya ditutup sejak tanggal 2 September.

Sebenarnya cukup kecewa juga dengan keadaan ini, akhirnya kami memutuskan untuk meneruskan perjalanan ke Gunung Tangkuban Parahu. Namun sebelum melanjutkan perjalanan, kami mencoba untuk mencari informasi tentang penyebab ditutupnya tempat wisata hutan Maribaya ini.
Tourist Park Maribaya Forest, Bandung Indonesia
Menantikan wajah baru hutan Maribaya

Menurut penuturan beberapa warga, tempat wisata hutan Maribaya ini sedang direvitalisasi. Selama tahap pelaksanaan revitalisasi berlangsung, objek wisata hutan Maribaya sementara ditutup dulu untuk umum. Pihak pengelola Maribaya terpaksa menutup dulu kunjungan para wisatawan, karena dikhawatirkan nantinya dapat mengganggu pekerjaan yang dilakukan. Pihak pengelola Maribaya menjalin kerjasama dengan PT. Akurasi Kuat mega Indonesia sebagai pengembang untuk merevitalisasinya.

Kabarnya revitalisasi hutan Maribaya ini dibutuhkan waktu kurang lebih selama satu tahun. Jadi  selama setahun kedepan para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung tidak akan bisa masuk ke objek wisata Hutan Maribaya karena tertutup untuk umum. Meskipun tahap pengerjaan revitalisasi ini bisa memakan waktu sampai satu tahun, namun pihak pengelola dan pengembang mempunyai  target pembangunan Maribaya dapat dipercepat, dengan kata lain diharapkan dapat rampung dalam waktu kurang dari satu tahun. Dengan demikian nantinya wisatawan bisa lebih cepat untuk dapat menikmati wajah baru tempat wisata Maribaya Bandung. Sebagai salah satu pengunjung yang selalu berwisata ke Maribaya, kami menjadi penasaran kira-kira seperti apa nantinya wajah baru tempat wisata hutan Maribaya Bandung ini?
Tourist Park Maribaya Forest, Bandung Indonesia
Guest House di sekitar objek wisata Maribaya
Karena sedang dalam tahap revitalisasi, otomatis para pedagang yang biasa berjualan di Maribaya dan sekitarnya juga tidak lagi bisa berjualan. Kabarnya para pedagang diberikan kesempatan oleh pihak pengembang untuk mengosongkan area wisata Maribaya hingga tanggal 15 September silam. Saat ini menurut beberapa warga setempat, pembangunan sudah melewati tahap pertama. Tahap dimana dilakukan pembongkaran pada bangunan-bangunan eksisting dan sekarang mulai dilakukan pembangunan fisik agar dapat selesai sesuai dengan target.

Meskipun para pedagang tidak bisa berjualan, namun mereka tidak terlalu khawatir karena selain revitalisasi ini untuk masa depan mereka juga, pihak pengembang dan pengelola akan memberikan kompensasi yang layak selama pembangunan hutan Maribaya yang nilainya sudah disepakati dengan para pedagang.
Tourist Park Maribaya Forest, Bandung Indonesia
Setelah direvitalisasi Maribaya akan jauh lebih indah
Kendati objek wisata hutan Maribaya masih dalam tahap proses revitalisasi, PT Akurasi Kuatmega Indonesia sebagai pengembang objek wisata yang eksotis ini telah memberikan pemasukan untuk pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah setempat, dalam hal ini Pemkab Bandung Barat. Hal itu sudah berlangsung sejak dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman atau MoU sejak 29 April 2013 silam dengan pihak Pemkab Bandung Barat. Demikian sebagaimana ditulis oleh berbagai media lokal Bandung.

Berbagai media cetak di Bandung juga menyebutkan bahwa pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kabupaten Bandung Barat merasa optimistis bahwa kawasan wisata hutan Maribaya akan menjadi salah satu lokasi wisata unggulan di Jawa Barat. Bahkan jika melihat potensi wisata yang ada disana, Maribaya bisa mengungguli pemandian air panas Sariater Subang. Karena sebelum mendapatkan sentuhan dari pengembang, Sari ater juga tidak ramai seperti saat ini. Kita tunggu saja bagaimana hasilnya wajah baru objek wisata hutan Maribaya ini nantinya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang maribaya bandung ditutup, tempat baru maribaya. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WAJAH BARU TEMPAT WISATA MARIBAYA BANDUNG"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas