WISATA KE KAWAH PUTIH CIWIDEY BANDUNG

Wisata Ke Kawah Putih Ciwidey Bandung – Bandung memang selalu memiliki tempat-tempat yang eksotis untuk berwisata salah satunya adalah objek wisata Kawah Putih Bandung tepatnya di Kawah Putih Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, pemandanganya memang sangat menakjubkan sekali, patut untuk di kunjungi, artikel di bawah ini membahas tentang objek wisata Kawah Putih, serta harga tiket kawah putih Ciwidey Bandung.

Wisata Kawah Putih Bandung adalah sebuah danau kawah yang berasal dari Gunung Patuha yang terletak di Selatan kota Bandung Jawa Barat, yang berjarak sekitar kurang lebih 46 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 s/d 2,5 jam perjalanan (kalau tidak macet) dari pusat kota atau sekitar kurang lebih 35 km dari ibu kota Kabupaten Bandung, Soreang.

kawah putih ciwidey
Kawah putih Ciwidey di pagi hari

Kawah putih memiliki suhu antara 8 s/d 22 derajat celcius, disana terdapat dua kawah yaitu Kawah Saat (Surut) yang terletak di bagian sebelah Barat lalu Kawah Putih yang terletak di bawahnya pada ketinggian sekitar 2.194 m. Kedua kawah tersebut terbentuk karena letusan yang terjadi sekitar abad 10 dan 12.

kawah putih bandung
Menikmati Indahnya Wisata Kawah Putih Bandung

Pada zaman dulu sebelum Wisata Kawah Putih Bandung di buka untuk masyarakat umum, masyarakat setempat percaya bahwa Kawah Putih menyimpan banyak misteri serta Angker karena disana banyaknya burung yang mati saat melintasi Kawah Putih, akan tetapi pada sekitar tahun 1837-an seorang ilmuwan dari Jerman, yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghun membantahnya. Dia pun kemudian melakukan penelitian lalu menemukan fakta bahwa banyaknya burung mati saat melintasi kawasan tersebut tidak lain dikarenakan adanya semburan lava belerang. Karena kandungan belerang di Kawah Putih sangatlah tinggi maka pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang disana, yang di beri nama Zwavel Ontgining Kawah Putih yang kemudian usaha itu di lanjutkan pada pemerintahan Jepang dengan mengganti namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

wisata bandung
Kawah Putih sering dipakai tempat foto pra wedding

Lalu pada tahun 1987-an PT. Perhutani unit III Jawa Barat, Banten mulai mengembangkan kawasan wisata Kawah Putih sebagai sarana obyek wisata. Keindahan danau Kawah Putih memang amat mempesona sekali. Danau Kawah Putih memiliki ciri khas serta keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah-rubah warna, seperti warna hijau apel, warna kebiru-biruan bila cuaca terang atau cerah terkena pantulan sinar matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya. Kawasan ini tidak jarang sebagai obyek untuk berfoto pra wedding karena pemandangannya yang sangat indah.

objek wisata kawah putih
Asyiknya wisata keluarga ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tempat wisata danau Kawah Putih Ciwidey di buka pada jam 07.00 s/d jam 17.00, setiap harinya. Fasilitas yang tersedia disana pun sudah sangat memadai seperti dengan adanya area parkir, mushola, transportasi transit, pusat informasi dan adanya warung-warung makanan dan jajanan. Untuk tarif masuk Kawah Putih Ciwidey terbilang mahal yaitu Rp.150.000 untuk mobil sampai di atas kawasan Kawah Putih, Rp.35.000 untuk motor dan Rp. 15.000 per orang (harga tiket sewaktu-waktu bisa naik 😀 jadi bawa uang saja yang banyak). Gimana mau wisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung?  Untuk lebih jelasnya di bawah ini terdapat harga tiket masuk kawah putih terbaru. Untuk masuk ke lokasi maka pengunjung wajib tahu harga tiket masuk kawah putih tempat wisata Ciwidey, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk dan parkir sesuai dengan harga tiket masuk kawah putih dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bila parkir di atas, mobil akan dikenakan Rp 150.000,- per mobil (sesuai harga tiket masuk kawah putih)
  • Jika menggunakan Ontang-Anting, pengunjung wajib membayar Rp 13.000,- per orang;
  • Untuk tarif parkir bawah, pengunjung diharuskan membayar Rp 6.000,- untuk satu unit mobil;
  • Sedangkan untuk sepeda motor yang parkir di bawah, pemiliknya wajib membayar Rp 5.000,- per sepeda motor;
  • Tapi jika bus yang parkir, biaya parkirkan akan berubah jadi Rp 25.000,- per bus (yang tertera dalam harga tiket masuk kawah putih)
Harga Tiket Masuk Ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Harga Tiket Masuk Ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sedang untuk harga tiket masuk Kawah Putih, pengunjung diwajibkan membayar Rp 18.000,- per orang, baik itu hari libur atau pun hari biasa.

Jalan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Jalan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Hal-Hal Menarik Di Tempat Wisata Ciwidey Kawah Putih

1. Sejarah kawah yang jarang diketahui pengunjung

Walau terkenal akan keindahannya, namun siapa yang tahu kalau kawah ini sebenarnya adalah danau belerang yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu.Karena kawah ini adalah danau belerang, maka pengaruh belerang sendiri cukup besar atas warna dan kepekatan cairan dalam kawah. Saat kadar belerang cukup tinggi, aroma belarang dalam kawah akan amat terasa. Pun dengan kepekatan cairan. Saat kandungan belerang menguat, kepekatan cairan dalam kawah akan makin tinggi dan warna kawah pun akan berubah jadi putih.

Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kondisi di tempat wisata Kawah Putih ini dipengaruhi oleh intensitas hujan dan cuaca sekitar lokasi. Jika intensitas hujan tinggi, konsentrasi belerang menurun. Namun sebaliknya. Saat intensitas hujan rendah, konsentrasi dan pengaruh belerang pada kawah akan semakin tinggi.1.Tak hanya orang selfie dan wefie, di sini juga banyak pasangan yang melakukan foto pre weddingDibanding tempat lain, kawah yang terletak di Ciwidey ini memang memiliki nilai lebih. Dengan warna lingkungannya yang serba putih kehijau-hijauan, kawah ini menjadi spot bagus untuk mengabadikan momen melalui foto.Oleh karena itu, di samping penggila selfie dan wefie, di sini juga banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding.

Prewedding di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Prewedding di Kawah Putih Ciwidey Bandung

2. Tak hanya kawah, wisata Kawah Putih juga menawarkan tebing-tebing hijau dan tumbuhan mati yang cantik dan eksotis

Beda dengan tempat lain yang hanya menawarkan satu keindahan, karena selain kawah, tempat wisata ini juga memiliki lingkungan dan objek-objek yang khas; mulai dari tebing sekitar kawah, tumbuhan setengah mati yang khas, sampai fasilitas penunjang pun bisa Anda nikmati sebagai pelengkap keindahan kawah.

Pemandangan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Pemandangan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

3. Bisa dijadikan sebagai objek wisata romantis dan keluargaBeda dengan tempat lain. Jika biasanya satu tempat digolongkan ke dalam tempat wisata romantis atau keluarga saja, di Kawah Putih, Anda bisa mengajak keluarga dan pasangan Anda untuk berlibur. Kenapa? Karena di samping ramah untuk anak dan keluarga, beberapa sudut tempat ini juga tergolong romantis, jadi bisa digunakan sebagai tempat memadu kasih bersama pasangan.Fasilitas Di Lokasi Kawah Putih Tempat Wisata CiwideyWalau tergolong ke dalam tempat wisata alam, namun kawah ini memiliki banyak sekali fasilitas yang lengkap dan nyaman, berikut ini adalah gfasilitas di lokasi Kawah Putih tempat wisata Ciwidey :

  • Tempat sampah yang tersebar di mana-mana;
  • Tempat duduk pengunjung yang nyaman dan memadai;
  • Warung yang siap menyiapkan makanan lezat dan nikmat;
  • Toilet siap pakai;
  • Pusat informasi;
  • Transportasi dari gerbang ke lokasi kawah;
  • Musholah;
  • Tempat parkir luas;

Akomodasi Ke Kawah Putih Tempat Wisata Ciwidey Bandung

Untuk tempat menginap, pengunjung bisa menyewa beberapa penginapan terdekat dari kawah putih tempat wisata ciwidey, seperti;

  • Patuha Resort;
  • Ciwidey Valley Resort;
  • Hotel Kampung Strawberi;
  • Penginapan MS;
Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Untuk tarif, penginapan dan hotel di atas membanderol harga mulai dari Rp 300.000,- sampai jutaan rupiah, tergantung tipe dan fasilitas kamar.Lokasi dan Akses Ke Kawah Putih Tempat Wisata CiwideyTempat wisata Ciwidey ini ada di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25, Bandung Jawa Barat. Untuk mencapai tempat wisataCiwidey ini, Anda dianjurkan menggunakan akses sebagai berikut:

Akomodasi Ke Kawah Putih Tempat Wisata Ciwidey Bandung

Akomodasi Ke Kawah Putih Tempat Wisata Ciwidey Bandung

  • Bila posisi Anda di Jakarta dan sekitarnya, dan ingin menggunakan kendaraan pribadi, silakan arahkan kendaraan Anda ke Tol Cipularang;
  • Setelah itu keluar dari pintu Tol Kopo;
  • Lanjutkan perjalanan Anda hingga ke Soreang Bandung;
  • Setelah dari sana, arahkan kendaraan Anda ke Terminal Ciwidey
  • Dari sana lanjutkan perjalanan hingga ke Kawah Putih yang merupakan salah satu tempat wisata ciwidey

Nah, itulah akses yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke lokasi kawah putih yang merupakan salah satu tempat wisata Ciwidey. Tapi akses tersebut adalah akses yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk yang tidak, Anda bisa naiki kendaraan dari Terminal Leuwi Panjang hingga Terminal Ciwidey. Dari sana, naik angkot ke Situ Patenggang lalu turung di depan gerbang Kawah Putih.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kawah putih ciwidey, wisata kawah putih. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Ciwidey

Related Post "WISATA KE KAWAH PUTIH CIWIDEY BANDUNG"

PERJALANAN WISATA RAJA AMPAT YANG TAK TERLUPAKAN
Pesona wisata Raja Ampat memang telah tersebar
TEMPAT WISATA DI KOTA BATU JATIM YANG MENARIK
Tempat Wisata Di Kota Batu Jatim Yang
PULAU SEMPU MALANG, THE HIDDEN LAGUNA
Jika berbicara mengenai kota Malang apa yang
LIBURAN SERU DI PULAU NIKOI KABUPATEN BINTAN
Pernah merasakan liburan seru di Pulau Nikoi