ASYIKNYA WISATA KE AIR TERJUN SIPISO-PISO DI KARO

Asyiknya Wisata Ke Air Terjun Sipiso-piso Di KaroAir Terjun Sipiso-piso adalah salah satu tempat wisata alam yang lokasinya tidak terlalu jauh dari permukiman warga Desa Tongging, wilayah Kecamatan Merek, Kabupaten KaroSumatera Utara. Bisa dikatakan, mengunjungi desa ini sama saja dengan berwisata ke kawasan Air Terjun Sipiso-piso. Secara geografis, daerah Desa Tongging ini terletak di dataran yang lebih rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso sendiri terletak di wilayah perbukitan yang letaknya lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini terletak pada ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut dan dikelilingi oleh perbukit yang indah serta hijau karena ditumbuhi oleh hutan pinus.
Liburan ke air terjun sipiso-piso sumatera utara
Tingginya sekitar 120 meter
Nama air terjun yang saat dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karo ini mempunyai makna tersendiri. Nama air terjun ini berasal dari kata Piso yang berarti pisau. Derasnya air yang berjatuhan dari dianggap mirip dengan bilah-bilah pisau yang tajam.Selain itu, jurang yang sangat curam apabila dilihat dari atas puncak bukit membuat warga setempat menyebutnya dengan sebutan piso dari Tanah Karo.

Sebagai sebuah kabupaten yang sedang berkembang, sektor pariwisata di wilayah Tanah Karo menjadi salah satu potensi wisata yang diunggulkan dan diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah Karo, di samping sektor lainnya seperti pertanian dan juga industri tentunya. Di Desa Tongging sendiri belum lama ini telah didirikan sebuah Taman Wisata Iman (TWI). Namun tetap saja TWI yang katanya lebih banyak menyerap perhatian para wisatawan untuk datang ini tidak membuat pudar pesona Air terjun Sipiso-piso dan tidak akan tergantikan. Karena air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di antara banyaknya air terjun yang tinggi di berbagai wilayah di Indonesia, misalnya seperti Air Terjun Tinoor yang ada di wilayah Kota Tomohon – Sulawesi Utara atau air terjun Grojogan Sewu di Jawa Tengah.
Liburan ke air terjun sipiso-piso sumatera utara 2
Menuju Sipiso-piso, melewati bukit
Lokasi Air Terjun Sipiso-piso
Untuk menuju ke lokasi air terjun Sipiso-piso tidaklah sulit, hanya berjarak 35 km dari Kota Berastagi dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Medan. Jika Anda berangkat dari Kota Medan, maka Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan menggunakan bis atau mobil menuju wilayah Kabanjahe. Sesampainya di wilayah Kabanjahe, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan jarak 24 km ke arah sebelah utara melalui jalur yang menuju Danau Toba. Jalan menuju lokasi sudah beraspal, sehingga Anda dapat sampai di wilayah Desa Tongging sekitar 30 menit untuk dapat menikmati asyiknya wisata ke Air Terjun Sipiso-piso di Karo.
Liburan ke air terjun sipiso-piso sumatera utara 3
Tangga panjang menuju dasar air terjun
Keindahan Air Terjun Sipiso-piso
Sesampainya di lokasi Air Terjun Sipiso-piso Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah seperti kawasan wisata sekitar Desa Tao Silalahi yang berada tepat di dekatnya. Sebelum menikmati sejuknya air terjun Sipiso-piso dari dekat, Anda akan melihat pemandangan indah Tanah Karo dari sebuah gardu pandang yang terletak di puncak bukit yang juga merupakan titik pangkal dari aliran air terjun Sipiso-piso. Selain itu, dari puncak bukit yang mengelilingi Air Terjun Sipiso-piso ini juga Anda dapat melihat eksotisnya lansekap Danau Toba yang sangat terkenal, sebuah danau vulkanik paling besar di dunia.
Air terjun Sipiso-piso Kabupaten Tanah Karo
Pantulan airnya mirip pisau yang tajam
Setelah itu, untuk dapat menjelajahi keindahan kawasan Air Terjun Sipiso-piso dari dekat, Anda mesti menyusuri punggung bukit dengan melewati anak tangga kecil yang sudah disediakan untuk turun mendekati air terjun yang menakjubkan tersebut. Katanya anak tangga ini berjumlah seribu buah.

Sesampainya di bawah air terjun, Anda akan takjub melihat tingginya bukit-bukit di sekeliling air terjun yang dibarengi dengan suara gemuruh dan sejuknya percikan ribuan butiran air yang dipantulkan dari titik jatuhnya air terjun. Karena air terjun Sipiso-piso mempunyai ketinggian sekitar 120 meter sebelum airnya mengalir ke Danau Toba.
Air terjun Sipiso-piso Kabupaten Tanah Karo 2
Airnya mengalir ke Danau Toba
Fasilitas Di Kawasan Air Terjun Sipiso-piso
Untuk sebuah tempat wisata, fasilitas di kawasan air terjun ini bisa dikatakan sudah cukup mendukung. Terutama penginapan yang menjadi salah satu hal penting bagi para wisatawan. Pada saat Anda berwisata di kawasan Air Terjun Sipiso-piso dan ingin bermalam, maka Anda dengan mudah dapat menemukan berbagai penginapan di sekitar Desa Tongging ataupun di Kota Kabanjahe. Selain itu, berbagai fasiltas standar lainnya sudah tersedia disini. Berbagai menu kuliner juga tersedia disini untuk mengisi perut setelah bermain air, terutama ikan bakar dengan sambal andaliman khas Batak yang maknyus. Jika Anda ingin mencari oleh-oleh atau suvenir untuk teman dan keluarga di rumah, para penjual suvenir khas Tanah Karo sudah banyak di kawasan wisata ini.

Tertarik untuk mencoba asyiknya wisata ke Air Terjun Sipiso-piso di Karo? Anda dapat menjadikannya sebagai destinasi wisata di akhir pekan atau ketika musim liburan tiba.
Terima kasih telah membaca artikel tentang kota wisata air terjun sipiso piso, tempat air terjun sipiso piso. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "ASYIKNYA WISATA KE AIR TERJUN SIPISO-PISO DI KARO"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk