WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT

Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat – Hampir setiap orang pasti mengenal Kota Bandung sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup lengkap. Kota dengan julukan Paris van Java ini memang selalu menarik perhatian para wisatawan dengan berbagai caranya yang unik. Padatnya kendaraan dari berbagai Kota di Indonesia di akhir pekan dan pada saat libur panjang menjadi bukti tersendiri bahwa kota kembang ini memang menjadi favorit wisata keluarga. Mulai dari wisata alam, berbagai tempat wisata belanja, wisata kuliner dan banyak juga tempat wisata sejarah yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Salah satunya adalah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Pernahkah Anda mampir untuk mencoba wisata sejarah ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat? Monumen yang satu ini dibangun pada sekitar tahun 1995. Lokasi monumen bersejarah yang menjadi inspirasi banyak pemuda Jawa Barat ini berlokasi tepat di hadapan salah satu gedung yang bersejarah lainnya yang menjadi ikon bagi Kota Bandung dan Jawa Barat, yaitu Gedung Sate. 
Struggle monument of West Java's people
Inspirasi pemuda Jawa Barat
Apa yang membuat monumen yang satu ini menjadi istimewa? Khususnya bagi masyarakat Jawa Barat. Hampir pada sepanjang dinding monumen perjuangan ini terdapat ukiran relief yang menjadi saksi tentang heroiknya berbagai perjuangan rakyat Jawa Barat. Selain itu, pada dinding monumen perjuangan rakyat Jawa Barat ini juga ada semacam prasasti yang tertulis dalam bahasa Sunda yang isinya menceritakan mengenai Jawa Barat.
Struggle monument of West Java's people 2
Monumen perjuangan
Di ara monumen yang bersejarah ini ada ruangan bawah tanah yang masih termasuk bagian yang tak terpisahkan dari monumen utama. Untuk dapat masuk ke dalam area monumen perjuangan rakyat Jawa Barat ini, para pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Ketika kita akan masuk, para pengunjung biasanya akan melalui pintu belakang karena pintu yang ada depan monumen tidak pernah dibuka. Nah, untuk Anda yang merasa tertarik ingin mengetahui kisah heroik para pejuang di Jawa Barat ini saat mempertahankan tanah air, maka mengunjungi monumen yang satu ini menjadi wajib bagi Anda. Sebaiknya Anda mengunjungi monumen perjuangan rakyat Jawa Barat ini di hari minggu, karena di depan monumen ini terdapat pasar kaget gazibu yang menjual berbagai macam barang yang unik dan makanan dengan harga yang murah meriah.
Struggle monument of West Java's people 3
Prasasti yang penuh inspirasi
Banyak kegiatan yang sering dilaksanakan di area monumen ini. Selain sebagai tempat bagi massa untuk dapat berkumpul sebelum dan juga sesudah aksi untuk berbagai macam isu tuntutan, di area monumen ini juga cukup sering diadakan berbagai acara hiburan. Seperti berbagai pasar malam, acara konser musik dan berbagai acara lain yang sering diadakan oleh beberapa stasiun televisi di Indonesia. Di monumen ini ada berbagai relief tentang perjuangan rakyat Jawa Barat dalam mempertahankan Jawa Barat dan melawan penjajah.

Kedua pintu besi yang kokoh menuju ke dalam sebuah ruangan di bagian bawah monumen, dan di dalam ruangan tersebut ada sebuah perpustakaan, diorama perjuangan rakyat Jabar dan juga auditorium.
Struggle monument of West Java's people 4
Struggle monument of West Java's people 5
Menceritakan patrotisme rakyat Jawa Barat
Lokasi monumen perjuangan rakyat Jawa Barat ini tepat di arah sebelah utara dari Gedung Sate Bandung. Apabila kita sedang berada di plaza monumen perjuangan rakyat Jawa Barat ini, secara garis lurus kita bisa melihat dengan jelas kokohnya bangunan Gedung Sate yang menjadi tempat dinas Gubernur Jawa Barat. Antara monumen perjuangan rakyat dan Gedung sate, terdapat sebuah Taman Kota Jl. Surapati, area Lapangan Gasibu  dan juga Jl. Diponegoro. Monumen ini cukup dekat dengan lokasi Kampus Universitas Padjajaran yang berada di Jalan Dipati Ukur Bandung. 
gasibu
Pasar kaget di Gasibu, Minggu pagi
Nah, jika Anda sedang liburan ke Bandung, jangan lupa mampir dan wisata sejarah ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang tempat rekreasi satu jalur monumen perjuangan bandung. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT"

KOPI AROMA BANCEUY, OLEH-OLEH WISATA BANDUNG
Kopi Aroma Banceuy, Oleh-Oleh Wisata Bandung -
DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
DAFTAR TEMPAT WISATA KULINER BANDUNG
Daftar Tempat Wisata Kuliner Bandung - Para
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim