WISATA KE PANTAI PANGANDARAN CIAMIS

Wisata Ke Pantai Pangandaran Ciamis – Pantai menjadi salah satu destinasi wisata saat berakhir pekan. Tidak heran jika salah satu pantai di wilayah Jawa Barat, yaitu Pantai Pangandaran selalu dipadati pengunjung saat weekend tiba. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang cocok untuk bersantai dan juga berburu seafood. Lokasi Pantai Pangandaran adalah di Kota Ciamis – Jawa Barat, tepatnya diantara Teluk Parigi dan Teluk Pangandaran, ini merupakan sebuah zona tempat wisata yang menjadi favorit warga Jawa Barat karena banyak menarik wisatawan domestik ataupun pengunjung dari mancanegara.

Saat wisata ke Pantai Pangandaran Ciamis dan melihat berbagai fasilitas disana, tentu tidak akan ada yang menyangka jika Pantai Pangandaran dulunya hanya sebuah semenanjung yang hanya dikenal sebagai salah satu kota nelayan kecil. Perjalanan untuk menuju ke Pantai Pangandaran menghabiskan waktu tempuh sekitar 6 jam dari pusat Kota Bandung. Panorama alam wilayah Pangandaran yang merupakan pantai yang luas, perbukitan kapur, sungai-sungai dengan air yang jernih, bukit-bukit, hutan, pedesaan, hamparan sawah dan juga muara sungai. Semua nuansa alami ini memang menjadi salah satu daya tarik Pangandaran di mata para wisatawan.

Pantai Pangandaran

Kawasan Pasir Putih Pantai Pangandaran
(Image: mypangandaran.com)

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati keindahan Samudera Hindia dengan sensasi angin lautnya yang cukup kencang. Dan yang sangat menarik, tentu saja menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari pinggir pantai. Selain itu, Pangandaran juga populer sebagai tempat yang asyik untuk menikmati berbagai olahan seafood. Karena berbagai macam olahan makanan hasil laut tersedia disini, baik di restoran ataupun di warung-warung kecil yang ada di sekitar pantai. Misalnya saja olahan ikan laut, cumi-cumi, udang, kepiting dan berbagai hasil laut lainnya sudah menjadi menu yang tidak boleh dilewatkan saat datang kemari. Selain banyaknya pilihan, harga seafood yang ditawarkan di sekitar Pantai Pangandaran ini terbilang cukup ekonomis. Tempat seafood ini berada di sebelah timur Pantai Pangandaran.

Jika Anda berjalan ke sebelah selatan dari kawasan pantai, ada sebuah pasar tradisional untuk tempat pelelangan ikan hasil tangkapan langsung para nelayan selepas melaut. Sebagian besar warga di sekitar Pangandaran memang bekerja sebagai nelayan dan petani. Meskipun banyak juga warga disana yang bekerja pada bidang industri pariwisata serta industri rumahan.

Ada satu acara tahunan yang cukup seru disini. Jika Anda datang pada sekitar bulan Muharam, warga sekitar Pangandaran rutin mengadakan sebuah upacara yang dilakukan oleh para nelayan sebagai perwujudan rasa syukur dan terima kasih mereka pada kemurahan Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan hasil laut yang bermanfaat. Mereka biasanya melarung berbagai sesajen ke laut lepas. Upacara adat ini biasanya mengambil tempat di bagian sebelah Timur dari Pantai Pangandaran. Acaranya yang ramai menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi nelayan asing yang tak bisa menyaksikan kejadian seperti ini.

Pantai Pangandaran Ciamis

Pangandaran dipadati wisatawan saat libur panjang
(Image: antarafoto.com)

Bukan hanya itu, ada juga event pariwisata yang bertaraf internasional dan rutin dilakukan setiap tahunnya di sini. Acara tersebut adalah Festival Layang-layang Internasional atau yang dikenal juga dengan Pangandaran International Kite Festival. Anda bisa melihat berbagai macam kreasi layangan yang unik dan menarik dari berbagai penjuru dunia disini. Acara ini secara rutin dilaksanakan pada setiap bulan Juni atau bulan Juli.

Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Pantai Pangandaran Ciamis dan ingin menyaksikan meriahnya festival layang-layang, sebaiknya datang pada Juni atau Juli. Selain itu, jika Anda ingin melihat pemandangan bawah laut di Pantai Pangandaran, Anda bisa pergi ke Pasir Putih. Ini merupakan salah satu daerah di sekitar Pangandaran bagi Anda yang suka snorkeling atau diving. Untuk menuju ke kawasan Pasir putih, Anda bisa berjalan melalui wilayah cagar alam ataupun dengan menggunakan perahu yang bisa Anda sewa untuk menyebrang.

Related Post "WISATA KE PANTAI PANGANDARAN CIAMIS"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa