WISATA KE PANTAI PARANGTRITIS JOGJA

Wisata Ke Pantai Parangtritis Jogja – Jika bertanya tentang pantai ke orang Jogja, pasti yang pertama keluar sebagai jawabannya pasti nama pantai Parangtritis. Ya, pantai Parangtritis ini merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Jika Anda ingin mendapatkan tempat melihat sunset paling keren dan romantis di Kota Jogja, pantai Parangtritis adalah jawabannya.

Asal mula nama Parangtritis ada sejarahnya sendiri. Menurut masyarakat setempat, pada zaman dahulu kala, ada seorang pelarian dari Majapahit bernama Dipokusumo datang ke daerah pantai ini untuk bersemedi. Saat dia melihat tetesan tetesan air yang menetes dan mengalir dari celah-celah batu karang, dia pun kemudian menamai daerah pantai ini menjadi parangtritis. Kata parang artinya batu dan tumaritis artinya tetesan air.
beautiful beach, Parangtritis Indonesia
Menikmati sunset di Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis yang indah ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya sekitar 27 km ke arah selatan. Anda bisa membawa kendaraan sendiri ataupun dengan angkutan umum yang beroperasi sampai jam 5 sore.Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke pantai parang tritis ini. Pertama, melalui rute Yogyakarta – Imogiri – Siluk – pantai Parangtritis, lewat rute ini Anda bisa menyaksikan pemandangan sungai yang menarik dan bukit karang yang indah. Kedua, Anda bisa memakai melewati rute Yogyakarta – pantai Parangtritis yang dapat ditempuh dengan sangat mudah karena jalan yang mulus dan relatif baik.

beautiful beach, Parangtritis Indonesia
Menikmati Indahnya pantai Parangtritis Jogja dari ketinggian
Biasanya pada sore hari para pengunjung akan semakin banyak berdatangan ke pantai Parangtritis, karena suasana sunsetnya memang menjadi favorit para wisatawan. Jika Anda ingin melihat indahnya seluruh bagian pantai Parangtritis dan eksotisnya laut selatan dari ketinggian, Anda bisa naik ke Tebing Gembirawati yang berada di bagian belakang pantai Parangtritis.

Di kawasan objek wisata pantai Parangtritis Jogja ini ada sebuah candi yang bisa Anda kunjungi, namanya Candi Gembirawati. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari bibir pantai. Pantai Parangtritis ini memang tidak dapat dipisahkan dari legenda Ratu laut kidul atau ratu pantai selatan yang cukup populer. Sebagian masyarakat Jogja mempercayai bahwa Pantai Parangtritis yang indah ini merupakan suatu gerbang menuju kerajaan gaib Ratu laut Kidul yang menguasai laut selatan.

Selain itu ada tempat bersejarah lain yang bisa Anda kunjungi saat Anda melakukan perjalanan wisata ke pantai Parangtritis Jogja. Salah satunya ialah Makam Syekh Bela Belu yang  letaknya di jalan menuju ke pantai. Anda bisa naik ke area makam dengan tangga yang menghubungkan jalan raya dengan sebuah bukit yang menjadi tempat ziarah ini. Umumnya, para peziarah datang kesini pada hari Selasa kliwon.

Sebagian masyarakat juga percaya bahwa pantai Parangtritis ini merupakan tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan salah satu wali songo, yaitu Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai melakukan pertapaan. Dalam pertemuan tersebut, Panembahan Senopati diingatkan oleh Sunan Kalijaga agar tetap bersikap rendah hati sebagai pemimpin walaupun sudah mempunyai kesaktian.

beautiful beach, Parangtritis Indonesia
Legenda Ratu Laut Kidul di Pantai Parangtritis
Eit, jangan berfikir Anda bisa berenang di pantai Parangtritis. Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang menerapkan larangan pada para wisatawan untuk berenang. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menikmati suasana  pantai selain indahnya sunset. Mungkin Anda bisa menyewa ATV yang memang banyak disana untuk berkeliling di sekitar pantai. Atau Anda juga bisa naik Bendi (kereta kuda) menyusuri bibir pantai saat senja mulai menguning. Ada pula tawaran untuk menunggang kuda untuk menyusuri bibir pantai.

Jika belum puas menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar pantai Parangtritis dari bibir pantai, Anda bisa bergerak menuju ke arah Gua Langse untuk merasakan suasana yang berbeda. Di jalan tanah untuk menuju ke Gua Langse, Anda dapat memandang ke arah barat pantai dan melihat keindahan lainnya dari pantai Parangtritis. Gulungan ombak yang besar menuju ke tepian pantai akan terlihat seperti berwarna perak karena terpaan sinar matahari dan warna tersebut akan menyerupai warna emas apabila sinar matahari mulai berubah merah atau saat menjelang senja.

Ingin kegiatan yang lain? Anda juga bisa bermain layang-layang bersama keluarga dengan layang-layang yang banyak dijual di sekitar pantai. Jika masih tidak puas menikmati suasana senja di pantai Parangtritis Jogja, mungkin Anda juga bisa menikmati suasana malam disini, jika cuaca sedang cerah banyak pedagang yang menggelar tikar di area pantai, terutama pedagang jagung bakar. Di sekitar pantai juga banyak penginapan dengan harga yang relatif terjangkau jika Anda kemalaman disana. 

beautiful beach, Parangtritis Indonesia
Menikmati sunset di pinggir pantai dengan naik Benji
Jika Anda berkunjung untuk wisata ke pantai Parangtritis Jogja bertepatan dengan tanggal 5 dan bulan 5 pada penanggalan Cina, Anda akan mendapat bonus tambahan karena dapat menyaksikan prosesi upacara Peh Cun di pantai Parangtritis. Perayaan tradisi Peh Cun di pantai Parangtritis Jogja ini tergolong cukup unik karena tidak diisi dengan atraksi mendayung perahu yang berhias naga seperti yang biasa dilakukan di tempat-tempat lain, akan tetapi Peh Cun disini diisi dengan atraksi telur berdiri. Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis? Segera datang kesini!
Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai parangtritis, pantai parang tritis. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE PANTAI PARANGTRITIS JOGJA"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI SEMARANG KOTA DAN KABUPATEN
Daftar Tempat Wisata Di Semarang Kota Dan
WISATA KE PULAU KARIMUN JAWA YANG CANTIK
Wisata Ke Pulau Karimun Jawa Yang Cantik
WISATA KE PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN YANG CANTIK
Wisata Ke Pantai Tanjung Lesung Banten Yang
TEMPAT WISATA DI LUMAJANG DAN PROBOLINGGO JATIM
Tempat Wisata Di Lumajang Dan Probolinggo Jatim