WISATA KE PANTAI SUNDAK JOGJA YANG INDAH

Wisata Ke Pantai Sundak Jogja Yang Indah – Kabupaten Gunung Kidul di Jogja merupakan salah satu daerah yang kaya dengan potensi wisata. Terutama  dikenal banyaknya kawasan pantai yang indah dan eksotis. Biasanya para wisatawan yang menikmati libur panjang di kota gudeg ini selalu menyertakan wisata pantai dalam salah satu paket wisatanya, selain tempat-tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi seperti Malioboro, Parangtritis dan tentunya Candi Borobudur yang meskipun letaknya di Magelang Jawa Tengah namun sering disatukan dengan paket wisata Jogja.

Lokasi Pantai Sundak Yogyakarta
Salah satu pantai yang indah dan cantik di Jogja adalah pantai Sundak. Lokasi pantai Sundak Jogja tepatnya berada di Desa Sidoharjo, wilayah Kecamatan Tepus, dan secara administratif masuk di daerah Kabupaten Gunung kidul. 

Pantai Sundak Jogja
Salah satu sudut di Pantai Sundak Jogja

Untuk mencapai lokasi pantai Sundak Jogja Anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Perjalanan wisata menuju pantai Sundak Jogja yang indah ini dapat Anda tempuh melalui jalur ke Wonosari dan kemudian menuju wilayah Tepus  Gunung Kidul.

Beautiful Sundak Beach Indonesia
Bersantai di Pantai Sundak Yogyakarta
Perjalanan dari Kota Jogja menuju pantai Sundak memang terbilang cukup panjang. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena perjalanan wisata ke pantai Sundak Jogja yang indah ini akan melewati jalanan dengan kontur banyak tanjakan dan tentunya udara yang cukup terasa sejuk ketika  memasuki wilayah Kota Wonosari. Memasuki daerah tepus juga Anda dapat melihat hijaunya alam yang indah karena banyaknya kebun dan ladang milik warga.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Tiba di Pantai Sundak Jogja
Ketika Anda sudah sampai ke lokasi pantai Sundak Jogja, dari tempat parkir kendaraan menuju bibir pantai hanya berjarak sekitar 40-50 meter. Pantai Sundak cukup terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan bersih. Namun sebagaimana ciri khas daerah pantai selatan, pantai Sundak memiliki deburan ombak yang cukup besar, sehingga tidak boleh dipakai untuk berenang. Hal ini dikarenakan lokasi pantai Sundak Yogyakarta yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Tidak boleh berenang di Pantai Sundak
Air laut pantai Sundak memang sangat bening sehingga membuat hamparan batu karang kecil di sepanjang bibir pantai dapat terlihat dengan jelas. Di sisi kanan dan juga kiri pantai terdapat sebuah batu karang dengan ukuran yang cukup besar. Batu karang ini juga menjadi pembatas yang memisahkan daerah pantai Sundak dengan daerah pantai yang lain.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Sejarah Pantai Sundak yang unik
Sejarah Pantai Sundak
Asal mula nama pantai Sundak menurut warga sekitar berasal dari kata asu dan landak. Sebuah cerita yang beredar di tengah masyarakat wilayah pantai menyebutkan bahwa zaman dahulu kala, pada sekitar tahun 1976, ada seekor anjing yang sedang merasa kelaparan dan mencari makanan ke dalam sebuah gua, si anjing akhirnya menemukan landak laut untuk dimakan, akhirnya keduanya berkelahi dengan dalam gua yang ada dipinggir pantai Sundak tersebut. Saat si pemilik anjing mencari keberadaan hewan peliharaannya, tiba-tiba anjing yang kelaparan ini keluar dari gua tersebut dengan menggigit sebagian tubuh si landak.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Gua bersejarah di Pantai Sundak
Pemilik anjing yang bernama Arja sangku kemudian masuk ke dalan gua tadi karena penasaran dengan tubuh anjingnya yang basah kuyup, dan menemukan potongan tubuh landak yang tersisa di dalam gua. Namun yang tidak disangka disana ditemukan mata air tawar. Lama-lama mata air ini akhirnya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari. Kejadian ini menjadi berkah tersendiri bagi warga karena sudah puluhan tahun lamanya mereka kekurangan air. Berdasarkan cerita yang populer tersebut, maka pantai yang satu ini diberi nama Sundak. Sundak merupakan gabungan dari asu (bahasa Jawa, yang artinya anjing dalam Bahasa Indonesia) dari landak. Sebelum kejadian tersebut, nama daeran pantai ini adalah Wedi baedah.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Dulu Pantai Sundak bernama Wedibaedah
Hingga saat ini gua tersebut masih ada dan dapat kita kunjungi. Gua bersejarah ini terbentuk dari batu karang dengan ketinggian kurang lebih sekitar 12 meter. Di dalam gua, Anda akan akan menemukan sumur alami seperti cerita di atas yang merupakan tempat warga sekitar mendapatkan air tawar. Sekarang air tawar dari gua tersebut sudah disalurkan kepada warga melalui pipa.
Beautiful Sundak Beach Indonesia
Banyak gubuk yang disewakan masyarakat
Fasilitas Di Kawasan Pantai Sundak Jogja
Jika Anda ingin bermalam disini, sebaiknya membawa peralatan untuk mendirikan tenda dan membuat api unggun, karena di daerah ini belum ada hotel untuk bermalam. Namun untuk urusan makanan Anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai banyak warung-warung pedagang yang menyediakan makanan. Anda juga dapat menghabiskan waktu untuk dapat menikmati pesona keindahan Pantai Sundak di gubuk-gubuk kecil yang sudah disediakan oleh masyarakat di sekitar pesisir pantai. Gubuk-gubuk tersebut memang disewakan untuk wisatawan, namun warga tidak ada yang mematok biaya, pengunjung dapat membayar dengan seikhlasnya. Di pesisir pantai Sundak juga sudah ada masjid dan kamar mandi umum yang dapat dimanfaatkan para pengunjung.

Harga tiket masuk pantai Sundak adalah 4 ribu rupiah di hari biasa, sedangkan di hari libur akhir pekan atau ketika libur panjang Anda dikenakan biaya 5 ribu rupiah. Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
Terima kasih telah membaca artikel tentang tiket masuk pantai sundak, HTM pantai sundak. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE PANTAI SUNDAK JOGJA YANG INDAH"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa