WISATA KE PANTAI YEBEN RAJA AMPAT YANG EKSOTIS

Wisata Ke Pantai Yeben Raja Ampat Yang EksotisPantai di Yeben merupakan salah satu keajaiban wisata di wilayah Raja Ampat yang masih belum banyak dibicarakan atau dipromosikan. Makanya tidak heran jika beberapa traveler merasa jatuh cinta pada pandangan pertama pada saat tiba di pulau yang indah ini.

Setiap wisatawan diwajibkan membeli sebuah pin sebelum masuk ke kawasan Raja Ampat. Pin ini wajib berfungsi sebagai pass dan dapat dibeli di Tourist Information Center atau TIC yang terdapatdi Hotel Meridien, tepatdi depan Bandara DEO.

Wisatawan asing harus membayar 1 juta rupiah per orang. Sedangkan wisatawan lokal asli Indonesia harus membayar 250 ribu rupiah per orang. Tapi harga ini katanya akan mulai naik ditahun 2014 ini menjadi 500 ribu rupiah per orang.
Pulau Yeben Raja Ampat
Pantai Yeben Raja Ampat Papua
Berbeda dengan pass di tempat lainnya, pin ataupun pass di Raja Ampat ini berlaku selama setahun penuh, dari Januari sampai Desember. Jika Anda membelinya di bulan Januari, maka tidak usah membayar lagi ketika kembali ke Raja Ampat saat bulan Desember misalnya, pada tahun yang sama. Pin tersebut tidak boleh hilang dan harus dipakai selama berada di daerah Raja Ampat.

Tempat wisata yang cukup populer dan menjadi ikon daerah ini adalah Wayag. Sehingga ada istilah ‘Wayag itu Raja Ampat’, sebagaimana  halnya istilah  ‘Bali itu Indonesia’ bagi para wisatawan. Namun sebenarnya masih banyak objek wisata di Raja Ampat yang tidak kalah indah. Misalnya saja seperti Pianemo, Yeben, Teluk dan juga Selat Kabui. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang perjalanan wisata ke Pantai Yeben Raja Ampat yang eksotis
Keindahan bawah laut Raja Ampat
Menyelam di Pantai Yeben
Peraturan penyelaman di Pantai Yeben sini merupakan yang paling ketat di Indonesia. Hal ini dilakukan pengelola demi menjaga kelestarian lingkungan serta alam bawah laut Raja Ampat, yang luasnya dapat mencapai 80% dari wilayah kabupatennya.

Para pengunjung yang belum memiliki sertifikat dilarang untuk menyelam. Ini juga demi keselamatan wisatawan,karena karakter arus bawah laut di pantai ini yang tidak dapat diduga. Namun untuk Anda yang belum mempunyai sertifikat, jangan khawatir, karena masih bisa berenang ataupun snorkeling yang tidak kalah menyenangkan.
Pantai Yeben Papua
Gradasi air lautnya luar biasa
Pantai Yeben Raja Ampat merupakan sebuah wilayah pantai yang mempunyai hamparan pasir putih, tampak berkilau ketika sinar matahari menerpanya, air sebening kristal dan juga bergradasi menjadi warna biru muda, hijau toska dan juga biru tua. Pemandangan horison yang tanpa batas antara laut dengan langit, seperti yang selalu digambarkan dalam foto ataupun film yang sering kita lihat selama ini, seperti itulah Yeben.

Pada kedalaman sekitar setengah meter,jarak pandang kita di dalam air dapat mencapai lebih dari 5 meter karena beningnya. Berenanglah sedikit ke bagian tengah mengikuti arus air yang lembut dan cukup hangat, Anda akan menikmati nikmatnya berenang dan snorkeling di antara berbagai terumbu karang indah dan masih hidup.

Anda juga bisa melihat kima di sana, ikan-ikan yang berwarna-warni meliuk-liuk dan berseliweran di antaranya serta di antara kaki Anda. Rasanya seperti sedang berenang di sebuah kolam raksasa dan jauh dari perasaan membosankan.

Pemandu disana akan membimbing Anda mengunjungi berbagai spot yang indah dan akan senantiasa mengingatkan Anda untuk selalu memakai alas kaki saat berenang dan juga saat snorkeling. Tujuannya agar tidak terluka jika terkena koral atau jika ada ikan pari yang tiba-tiba mampir ke sini.

Mengenakan perlengkapan lengkap snorkeling seperti masker, snorkle dan juga fin akan sangat membantu Anda menikmati pantai di Yeben yang indah. JIka tidak yakin dengan kemampuan sendiri dalam berenang, gunakan saja pelampung yang telah disediakan di semua kapal yang membawa para wisatawan.
Raja Ampat
Selain itu, sebaiknya selalu menjaga jarak dengan terumbu karang serta usahakan agar tidak menginjak dasar laut supaya tidak ada biota laut atau terumbu karang yang terinjak. Jangan lupa untuk mengangkat kepala Anda ke permukaan ketika berenang ataupun snorkeling, agar tetap dapat menjaga posisi untuk dekat ke bibir pantai.

Pantai Yeben sendiri berada di sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Jaraknya sekitar 1 jam baik dari Waisai ataupun dari Pianemo. Jika Anda sedang atau akan berkunjung ke kawasan wisata raja Ampat, jangan lupa untuk mencoba sensasi wisata ke Pulau Yeben Raja Ampat yang eksotis, Anda akan semakin cinta dengan Indonesia karena keindahannya.

Related Post "WISATA KE PANTAI YEBEN RAJA AMPAT YANG EKSOTIS"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
11 TIPS AMAN ARUNG JERAM ATAU RAFTING
11 Tips Aman Arung Jeram Atau Rafting