WISATA KE PEMANDIAN AIR PANAS SARI ATER

Wisata Ke Pemandian Air Panas Sari AterSari Ater atau Ciater adalah satu tempat wisata yang sangat populer di Kabupaten Subang Jawa Barat. Setiap bulannya, tempat pemandian air panas Sari Ater dapat mendatangkan pengunjung kurang lebih sebanyak 70.000 orang. Para pengunjung yang datang tidak hanya para wisatawan lokal sekitar Subang dan sekitarnya saja, namun juga banyak yang datang dari berbagai kota besar di Indonesia, bahkan tidak sedikit juga para pegunjung yang datang dari mancanegara. Misalnya seperti wisatawan yang berasal dari berbagai negara di kawasan Arab atau Timur Tengah.

Lokasi Pemandian Air Panas Sari Ater
Lokasi pemandian air panas Sari Ater persisnya terletak tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu. Yaitu di kompleks pemandian air panas alami Sari Ater di daerah Desa Ciater, wilayah Kecamatan Jalan Cagak, Subang Jawa Barat.

Air panas di pemandian ini pun mengalir dari sebuah sumber dari kawasan kawah aktif dari gunung yang menjadi legenda populer tanah Pasundan tersebut. Selain dialirkan ke objek wisata pemandian air panas Sari Ater, air yang mengaliri melalui sungai dengan panjang sekitar 2000 meter itu juga banyak digunakan untuk kepentingan irigasi bagi lahan persawahan.

Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Gerbang masuk Sari Ater Subang
Wisata ke pemandian  air panas Sari Ater memang menyenangkan. Air panas yang mengalir menuju ke lokasi wisata ini sebagian ditampung dalam bentuk kolam serta kamar rendam ekslusif dengan desain yang cukup unik. Dengan luas areal pemandian sekitar 30 hektare dan pesona alam khas wilayah pegunungan, objek wisata terbesar di Provinsi Jawa Barat ini menyediakan berbagai fasilitas wisata yang nyaman bagi Anda dan keluarga agar dapat bersantai sambil berendam di hangatnya air panas yang menyehatkan serta menikmati pesona keindahan alam di sekitarnya yang eksotis.

Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Air panas Sari Ater mengalir langsung dari kaki Gunung Tangkuban Parahu
Sejarah Pemandian Air Panas Sari Ater
Pada zaman dulu, kawasan objek wisata pemandian air panas Sari Ater ini masih berupa hutan alami yang dianggap angker oleh sebagian warga sekitar. Di hutan rimba tersebut, banyak terdapat pohon ater. Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut di kalangan masyarakat, pernah suatu ketika ada seseorang yang dulu mencoba untuk memotong pohon ater tersebut, ternyata dari cabang pohon yang ditebas tersebut keluar air yang mengalir dengan cukup deras.

Fenomena tersebut menjadi sebuah anugerah untuk warga sekitar yang pada masa itu sedang mengalami kesusahan akan ketersediaan air bersih. Pancaran air deras yang keluar dari pohon ater itu diyakini oleh warga sekitar mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, terutama mengobati penyakit kulit. Keyakinan warga tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah oleh seorang peneliti asal Belanda yang bernama Hack Bessel setelah dia melakukan berbagai pengujian terhadap air di wilayah tersebut yang ternyata memang berkhasiat.
Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Berawal dari pohon ater
Pada sekitar tahun 1960, seorang pria bernama Embah Ebos yang terkenal kesaktiannya oleh warga sekitar mulai berusaha untuk membuka hutan rimba di kawasan tersebut. Daerah yang tadinya dianggap angker oleh warga tersebut diubah menjadi sebuah lahan perkampungan dan kemudian diberi nama Ciater yang berarti air yang memancar. Dari sinilah asal mula nama Ciater yang kemudian populer sebagai tempat wisata pemandian air panas. Sejak sekitar tahun 1968, potensi air panas di kawasan Ciater mulai dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Subang dengan cara menunjuk bagian Dinas Pekerjaan Umum dan juga Dinas Pendapatan Daerah untuk melakukan pengembangan wisata air panas di Ciater atau Sari Ater ini.

Keistimewaan Dan Khasiat Air Panas Sari Ater
Banyak ragam keistimewaan yang disediakan oleh tempat wisata pemandian air panas Ciater, bahkan hal itu bisa Anda rasakan sebelum Anda tiba di lokasi pemandian air panas Ciater. Di sepanjang perjalanan wisata ke pemandian air panas Sari Ater, Anda akan menyaksikan pemandangan yang eksotis dan asri. Hamparan hijaunya kebun teh di bagian kanan dan juga kiri jalan akan menyejukkan pandangan serta menenangkan hati siapa saja yang melewatinya. Udara khas alam pegunungan yang sejuk hingga menusuk tulang akan menambah rasa nyaman dalam perjalanan Anda menuju ke lokasi pemandian air panas Ciater.
Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Kolam pemandian umum Sari Ater, airnya terbukti berkhasiat
Sesampainya di tempat wisata pemandian air panas Sari Ater.  Anda bisa memilih lokasi mana saja yang ingin Anda kunjungi karena di kawasan wisata ini ada beberapa pihak berbeda yang mengelola sejumlah tempat untuk wisata pemandian air panas. Selain menyediakan tempat pemandian air panas yang alami, di objek wisata Ciater juga ada kolam umum yang dapat digunakan bersama serta tersedia fasilitas kamar-kamar berendam air panas yang disewakan. Di dalam kamar-kamar VIP ini, Anda bisa mendapatkan privacy serta kenyamanan untuk berendam jika Anda malu berendam di kolam umum. Selain itu, di obyek wisata pemandian air panas Ciater juga tersedia fasilitas bungalau bagi para pengunjung yang ingin bermalam.

Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan berselimut kabut uap air yang hangat di kompleks pemandian air panas Sari Ater ini. Khasiat air panas di Ciater memang telah diuji secara klinis. Berdasarkan hasil penelitian air panas di Ciater ini mengandung chloride, thermo, kalsium, magnesium, mineral, sulfat dan hypertherma dengan kandungan kadar aluminium yang cukup tinggi yaitu 38,5 equiv persen dan keasamannya juga cukup tinggi yaitu dengan kandungan ph 2,45. Air panas yang mengalir langsung dari mata air Ciater diperkirakan bersuhu 43 hingga 46 derajat celcius. Sedangkan air panas yang sudah dialirkan ke dalam kolam pemandian temperaturnya rata-rata sekitar 37 hingga 42 derajat celsius. Saat air panas yang terus mengalir dari kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu itu sampai di sekitar areal persawahan milik warga, temperaturnya sudah agak dingin sekitar 8 hingga 10 derajat celsius.
Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Pemandian air panas Sari Ater, menyediakan tempat khusus terapi
Selain terbukti dapat mengobati penyakit kulit, khasiat yang terkandung dalam air panas Ciater juga diyakini bermanfaat untuk terapi bagi penyembuhan rematik, berbagai gangguan syaraf dan tulang serta penyembuhan pada kelumpuhan yang diakibatkan karena darah tinggi ataupun stroke. Hal ini dikarenakan karena air panas sari Ater mengandung belerang dengan komposisinya yang ideal untuk kesehatan. Tentu saja khasiat air panas Ciater ini akan bisa maksimal dirasakan apabila Anda melakukan terapi dengan cara berendam dengan rutin dan teratur. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan terapi kesehatan, di tempat pemandian air panas Sari Ater juga tersedia fasilitas bagi terapi pengobatan.

Wahana Dan Fasilitas Di Pemandian Air Panas Sari Ater
Tidak hanya wisata air panas alami dan terapi kesehatan yang bisa Anda dapatkan di Ciater. Banyak kegiatan lainnya yang tidak kalah menyenangkan untuk lakukan di tempat ini, misalnya seperti bersepeda, memancing, berenang, Anda juga bisa berperahu dan mendayung, menikmati arung jeram, berkeliling dengan berkuda, olahraga tenis lapangan, voli, basket, gokart, mini golf, berkemah, fasilitas outbond, berbagai wahana permainan anak, jalan-jalan di areal perkebunan teh serta mengunjungi pusat kerajinan keramik.
Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Air terjun panas di Sari Ater untuk berendam dan relaksasi
Rute Menuju Pemandian Air Panas Sari Ater
Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Ciater ini cukup mudah sebab berada di lokasi yang terbilang cukup strategis. Itu karena letaknya tidak jauh dari lintas utama jalan yang menghubungkan Subang dengan Kota Bandung. Rute menuju pemandian air panas Ciater dapat ditempuh dari semua arah. Dari arah Bandung, Ciater bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 hingga 60 menit tergantung padatnya lalu lintas, dengan jarak sekitar 32 kilometer. Dari pusat kecamatan Lembang hanya berjarak sekitar 15 kilometer, dari Kawah Tangkuban Parahu berjarak sekitar 7 kilometer. Jika Anda berangkat dari Subang maka jaraknya sekitar 30 kilometer.

Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Jalan menuju Sari Ater Hot Spring
Harga Tiket Pemandian Sari Ater
Tiket Masuk Gerbang Utama:     
Tiket Orang : Rp. 22.000,-
Tiket Motor : Rp. 11.000,-
Tiket Mobil : Rp. 16.000,-
Tiket Bus / Truk : Rp. 22.000,-
Harga tiket tersebut sekitar bulan Juni 2013. Harga sewaktu-waktu dapat berubah. Untuk harga tiket berbagai kolam, kamar rendam dan semua wahana di Sari Ater lihat disini!

Pemandian Air Panas Sari Ater Subang ( Ciater Hot Spring )
Shower air panas alami di Sari Ater, menyehatkan
Selain berbagai fasilitas dan wahana wisata, ada juga fasilitas umum sebagai penunjang bagi kenyamanan pengunjung seperti lahan parkir yang luas, masjid, toilet umum, serta sarana berbelanja. Anda bisa dapat mengadakan acara di lokasi wisata ini karena tersedia juga banyak fasilitas untuk tempat konferensi atau meeting khusus yang cukup luas dengan biaya yang bervariasi. Tak ketinggalan berbagai menu kuliner andalan seperti sate kelinci tersedia disini ditambah beberapa outlet tempat penjualan oleh-oleh.
Terima kasih telah membaca artikel tentang sari ater pemandian air panas, pemandian air panas sari ater. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE PEMANDIAN AIR PANAS SARI ATER"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa