WISATA MALAM JOGJA YANG BIKIN KETAGIHAN

Wisata Malam Jogja

Apa yang Anda pikirkan tentang wisata malam Jogja? Anda pernah ke Jogja? Anda kangen Jogja? Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Inilah sepenggal kata dari lagu Kla Project yang berjudul Jogjakarta. Kota pelajar ini benar-benar bisa menghipnotis wisatawan baik lokal maupun internasional. Kota yang syarat akan keindahan budayanya ini menawarkan wisata alam dan wisata budaya yang bisa Anda kunjungi pada siang hari. Wisata alam Jogja dan wisata budaya Jogja yang bisa kamu nikmati sebut saja hutan pinus mangunan, cave tubing gua pindul, kaliurang, tebing breksi, wisata kalibiru, kebun teh nglinggo, waduk sermo, gunung merapi, Kraton Jogja, Taman Sari, Benteng Vredeburg, dan masih banyak lagi. Karena letaknya yang berada di Selatan, Provinsi inipun juga memiliki banyak sekali pantai, berikut aalah pantai jogja yang wajib Anda datangi, yaitu Pantai Baru, Pantai Pok Tunggal, Pantai Cemara Tujuh, Pantai Samas, Pantai Sadranan, Pantai Jogan, Pantai Drini, Pantai Indrayanti, Pantai Glagah, Pantai Siung, Pantai Depok, Pantai Krakal, Pantai Parangtristis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Yogyakarta

Anehnya, wisata Jogja tidak hanya berhenti pada siang hari. Kota Jogja menawarkan wisata malamnya yang sangat semarak yang membuat rindu para wisatawan yang datang. Berikut wisata malam Jogja yang bisa Anda datangi dan jelajahi adalah sebagai berikut:

1. Malioboro Jogja

Wisata malam Jogja di sepanjang jalan Malioboro, sebuah jalan cantik nan legendaris yang menjadi salah satu jantung Kota Jogja ini menawarkan sajian yang sangat khas, berbagai macam penjual makanan baik gudeg maupun angkringan yang menawarkan salah satu menu favoritnya seperti Kopi Jos mampu menghipnotis para wisatawan, ditambah dengan alunan meriah para pengamen jalanan lengkap dengan angklung dan gendangnya serta lampu-lampu cantik yang menyala mampu menghadirkan suasana magis jalanan ini. Malioboro adalah jalan yang wajib didatangi baik itu siang maupun malam hari, terutama kawasan Pedestrian Malioboro yang baru saja dibangun dan diresmikan kemarin menambah nyaman para wisatawan yang datang. Tidak hanya musim liburan, di hari-hari tertentu juga sering diadakan Kirab Budaya maupun Parade Budaya Jogja yang menjadikan Malioboro sebagai salah satu jalan yang dilewati oleh Kirab tersebut.

sumber: IG @jogja

2. Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan Jogja

Alun-alun Jogja merupakan tempat wisata malam Jogja yang bisa dibilang tempat di mana para wisatawan bisa bermain dan berolahraga dalam sekali waktu. Alun-alun Kidul menawarkan sajian khasnya berupa Pohon Beringin Kembar yang konon katanya, ketika Anda berhasil melewati kedua Pohon Beringin Kembar tersebut dengan menutup mata, niscaya keinginan Anda dapat terpenuhi. Tidak hanya beringin kembar, Anda bisa bersepeda bersama dengan keluarga, teman atau orang terdekat anda. Di alun-alun Kidul ini Anda disuguhkan berbagai macam sepeda yang sudah dimodifikasi bentuknya (ada yang menyerupai mobil) yang dihiasi oleh lampu warna-warni yang ada di sepanjang pinggir jalan alun-alun. Untuk Anda yang tidak berminat berolahraga, Anda bisa menikmati wedang ronde dan jagung bakar yang banyak terdapat di pinggir-pinggir jalan

sumber: IG @widie_widya

3. Sekaten Jogja

Berbeda dengan Alun-alun Selatan dengan sepeda lampunya, wisata malam Jogja di Alun-alun Utara menawarkan sajian istimewa yang hanya ada setiap setahun sekali bernama Sekaten. Sekaten sendiri berasal daata dua kalimat syahadat yang merupakan sebuah peringatan untuk kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang selalu diadakan setiap tanggal 5 pada bulan Jawa Mulud (atau Rabiul Awal pada tahun Hijriah). Selama sekaten, alun-alun utara menawarkan Pasar Malam yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama untuk Anda yang sudah memiliki anak. Karena berbagai macam permainan disuguhkan di sana.

sumber: IG @caturp450

4. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja merupakan tempat wisata malam Jogja yang tidak boleh dilewatkan. Bagi para wisatawan, mungkin ini hanya sebuah titik persimpangan jalan yang dihiasi oleh lampu-lampu cantik di antara gedung-gedung tua, Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, Bank BNI dan ujung jalan Malioboro di sebelah utaranya. Di sisi timur lautnya, Anda bisa menyaksikan Monumen Serangan Umum 1 Maret (sebuah serangan besar-besaran di Kota Yogyakarta pada saat Agresi Militer Belanda yang kedua) dan di sisi Barat terdapat Gedung Agung yang pernah menjadi kantor Kepresidenan ketika sempat Yogyakarta secara darurat dijadikan Ibu Kota Republik Indonesia.

sumber: kompasiana.com

5. Taman Pelangi Jogja (Taman Lampion Jogja)

Taman Pelangi Jogja merupakan salah satu taman bermain Jogja, yang letaknya di kawasan Monumen Jogja Kembali (monjali) yang berada di Ring Road Utara. Taman Pelangi ini sangat menarik, Anda disuguhkan dengan berbagai macam lampion yang memiliki bentuk yang unik dan warna yang menarik, dan sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya lampion di sana juga banyak sekali permainan-permainan yang bisa anak Anda lakukan. Yang paling menarik lagi, Taman Pelangi Jogja ini tidak hanya dibuka di Monumen Jogja Kembali saja, setiap musim liburan panjang akhir tahun diadakan Festival Of Light di Bukit Turgo Kaliurang Jogjakarta. Suguhan wisata malam Jogja ini hanya bisa Anda saksikan setahun sekali seperti halnya sekaten. Kompleks wisata yang berada di salah satu gardu pandang di kaki gunung merapi ini dihiasi oleh lampu-lampu serta lampion warna-warni dengan bentuk yang lebih beragam dengan suasana berkabut yang sangat khas di Kaliurang. Kalau Anda ingin merasakan suasana Taman Lampion yang berbeda Anda bisa mencoba untuk datang kemari dan jangan lupa untuk memakai baju yang hangat, karena di sana sangat dingin.

sumber: IG @apriyanherry

6. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja merupakan salah satu tempat paling romantis di Jogja. Kawasan Bukit Bintang terletak di Perbukitan Pathuk, Yogyakarta yang menawarkan kecantikan kota Jogja di malam hari. Wisata malam Jogja satu ini, menjadi pilihan tempat untuk Tahun Baru. Selain sebagai tempat nongkrong kamu bisa menyaksikan kota Jogja dan lampu-lampu cantiknya dari atas, dan rasanya seperti melihat kunang-kunang. Di malam pergantian tahun, kamu bisa melihat Kembang Api yang dinyalakan di titik-titik utama perayaan di kota Jogja, seperti Kaliurang, Tugu Jogja, Malioboro, dan Alun-alun Kidul dari atas. Dan di Bukit Bintang tentu saja akan diadakan perayaan Tahun Baru sendiri dimana banyak orang yang akan menghidupkan kembang api di sini.

sumber: IG @paradhitabayu

7. Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah sebuah ikon atau landmark dari Kota Jogja. Tugu Jogja memiliki nama lain yaitu Tugu Malioboro, Tugu Pal Putih atau Tugu Golong Gilig ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Tugu ini berada di garis yang bersifat magis, karena menghubungkan antara Gunung Merapi, Kraton Jogja dan juga Laut Selatan. Tugu Jogja menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti yang artinya adalah semangat persatuan antara rakyat dan para penguasa untuk melawan penjajah. Hal ini bisa dilihat dari tiang yang berbentuk silinder (gilig) dengan puncak yang berbentuk bulat (golong). Tadinya Tugu Jogja memiliki tinggi 25 meter, dan menjadi patokan arah Sri Sultan Hamengku Buwono I ketika bermeditasi menghadap puncak Gunung Merapi, tetapi dengan adanya gempa bumi besar di tahun 1867, bangunan inipun runtuh dan direnovasi puncaknya menjadi kerucut dan runcing. Landmark Jogja bercat putih dengan sepuhan emas ini terletak di persimpangan Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman dan Jalan Mangkubumi. Pada saat malam hari, tugu ini menjadi salah satu wisata malam Jogja yang wajib Anda datangi, dihiasi lampu kota, tugu ini terlihat mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan.

sumber: IG @afrianprakasa

8. Sindu Kusuma Edupark Jogja

Sebuah Bianglala atau Feris Wheel besar yang dilengkapi oleh lampu yang berwarna-warni menjadi ciri khas dari Taman bermain ini. Sindu Kusuma Edupark atau yang biasa disbut sebagai SKE memiliki wahana kincir angin yang memiliki tinggi 48 meter. Tempat bermain Jogja ini bisa kamu nikmati dari pagi hingga pukul 9 malam dan sebagai alternatif tempat wisata malam Jogja yang yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Jambon Sinduadi Sleman, dan terbilang sebagai salah satu wahana rekreasi yang baru di Jogja.

sumber: IG @skedupark

9. Sendratari Ramayana Jogja

Sendratari Ramayana merupakan sebuah pagelaran seni budaya yang berisikan drama dan tarian yang menceritakan kisah Ramayana. Wisata malam Jogja satu ini cocok bagi Anda yang pecinta kesenian dan budaya. Sendratari Ramayana ini biasanya digelar setiap hari Selasa, Kamis kemudian Sabtu, dan berlangsung pada pukul 19.30 sampai 21.30 WIB, bertempat di kompleks Candi Prambanan. Pertunjukan Sendratari Ramayana biasanya dilakukan di Open Air Theatre dan memiliki latar Candi Prambanan yang tampak anggun. Dan pada saat musim hujan, biasanya dipindah menjadi indoor yaitu di Trimurti Theatre.

sumber: IG @kamasetrauny

10. Cabaret Show di Oyot Godhong Jogja

Tidak hanya Thailand dan Bali, di Jogja Anda juga bisa melihat para waria atau ladyboy melakukan pertunjukan kabaret. Acara ini berlangsung setiap malam minggu di sebuah restoran di Mirota Batik yang bernama Oyot Godhong. Cabaret Show ini menjadi salah satu wisata malam Jogja yang sangat sayang dilewatkan. Anda bisa melihat para waria ini menari dan bernyanyi lipsync di atas panggung dan dihiasi oleh busana-busana yang gemerlap dengan lenggak-lenggok yang bisa membuat Anda tertawa.

sumber: kompasiana.com

Baca Juga: 100+ Tempat Wisata di Jogja yang Keren

Terima kasih telah membaca artikel tentang wisata malam kaliurang, wisata malam jogja. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Wisata Malam Jogja

Related Post "WISATA MALAM JOGJA YANG BIKIN KETAGIHAN"

WISATA ALAM KALIBIRU DAN KEINDAHAN ALAM YANG MIRIP KAYANGAN
Wisata alam Kalibiru – Jogja adalah tempat
BERPETUALANG DI GOA PINDUL YOGYAKARTA
Berpetualang di goa pindul Yogyakarta memang seru.
PANTAI JOGAN YOGYAKARTA DAN AIR TERJUN TEPI LAUT
Pantai Jogan merupakan salah satu pantai di
PENGINAPAN MURAH DI MALIOBORO DAN SEKITARNYA
Jogja merupakan salah satu kota dengan destinasi