WISATA DAN MENDAKI GUNUNG ARJUNO MALANG

Pernah Wisata Dan Mendaki Gunung Arjuno Malang – Jawa Timur atau belum? Gunung Arjuno (atau disebut Gunung Arjuna, dalam nama kuna) berlokasi di Malang – Jawa Timur. Gunung yang bertipe Strato ini ketinggiannya yang mencapai 3.339 m dpl & dari dulu pengelolaannya berada di bawah pengelola Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dapat dicapai dari 3 titik pendakian yang cukup populer di telinga para pecinta alam, yaitu dari Lawang, Tretes dan dari Batu. Nama Arjuno sendiri berasal dari nama salah satu tokoh populer pewayangan Mahabharata yang terkenal tampan, Arjuna.

Gunung Arjuno ini bersebelahan dengan letaknya dengan Gunung Welirang. Puncak Gunung ini terletak pada sebuah punggungan yang sama dengan punggungan puncak gunung Welirang. Selain dari dua tempat tersebut, Gunung Arjuna dapat didaki pula dari beberapa arah yang lain jika Anda mau wisata dan mendaki Gunung Arjuno Malang ini.

 

Gunung Arjuno

Mendaki sekaligus berlibur
(Image: travelmalangmurah.blogspot.com)

Objek Wisata Air terjun Kakek Bodo

Gunung yang posisinya terletak di sebelah barat Kota Batu, Jawa Timur ini juga termasuk salah satu tujuan para pendaki. Di samping tingginya puncaknya yang telah mencapai lebih dari sekitar 3000 meter, di gunung ini juga terdapat beberapa lokasi objek wisata yang menakjubkan dan eksotis. Salah satunya yang cukup terkenal serta bisa dikunjungi adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yang juga terdapat pada salah satu jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Arjuna. Selain objek wisata air terjun Kakek Bodo ini sebenarnya terdapat pula air terjun lainnya, namuan para wisatawan atau pendaki jarang yang mendatangi lokasi air terjun lainnya, mungkin dikarenakan letak dan juga sarana wisatanya kurang mendukung.

Peninggalan Purbakala

Di lereng Gunung ini terdapat sekitar 52 situs purbakala yang lokasinya tersebar di kawasan lereng gunung tersebut. Anda dapat menemukan berbagai situs ini di sepanjang jalur pendakian. Misalnya, jika Anda memilih rute pendakian arah timur, yaitu lewat Dusun Tambak Watu – Desa Tambaksari, wilayah Kecamatan Purwodadi 0 Kabupaten Pasuruan. Ada juga Goa Onto Boego. Banyak warga masyarakat disana meyakini tempat ini punya kekuatan supranatural, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah lainnya seperti makam para leluhur warga setempat. Baca juga: Daftar Lengkap Objek Wisata Malang.

Gunung Arjuna Malang

Banyak situs purbakala disini
(Image: www.eastjavatraveler.com)

Perkebunan Apel Gunung Arjuna

Ada area perkebunan teh di bagian selatan kawasan Gunung ini, tepatnya di Desa Tulungrejo, wilayah Kecamatan Bumi Aji – Kota Batu. Di desa ini, mayoritas mata pencaraharian penduduknya ialah bertani sayur mayur dan berkebun buah apel. Perkebunan apel yang terdapat di Desa Tulungrejo memiliki luas 80 hektar dengan ketinggian sekitar 1.500 – 1600 mdpl. Di perkebunan ini, para pengunjung bebas memetik apel sesuka hati mereka, namun apel-apel tersebut harus dihabiskan di tempat tersebut serta tidak boleh dibawa pulang. Berbagai jenis apel yang ditanam adalah apel manalagi, apel wanglin, ada juga apel anna dan apel romebeauty.

Gunung Arjuno Tretes

Air terjun Kakek Bodo
(Image: www.1001malam.com)

Jalur Pendakian Gunung Arjuna

Gunung Arjuna memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, kawasan hutan Montane, kawasan hutan Dipterokarp Atas, dan juga kawasan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung indah ini dapat didaki dari berbagai arah, arah Utara melalui Tretes dan melalui Gunung Welirang, dari arah Timur melalui Lawang, dari arah Barat melalui Batu-Selecta, dan dari arah selatan melalui Karangploso serta dari Sumberawan, Singosari. Desa Sumberawan merupakan desa pusat kerajinan tangan di wilayah kecamatan Singosari – Malang dan merupakan desa paling akhir untuk mempersiapkan diri sebelum Anda memulai pendakian. Bisa juga Anda melewati Purwosari yang rutenya lebih mudah untuk dilewati, karena hanya butuh setengah jam saja dari jalan raya dan langsung akan sampai di Tambakwatu. Baca juga: Menikmati Keindahan Gunung Kawi Malang.

Nah, bagaimana review singakat di atas? Apakah membuat Anda tertarik untuk wisata dan mendaki Gunung Arjuno Malang ini sekaligus siap berpetualang dengan teman? Pastikan Anda selalu mengikuti peraturan yang ditetapkan dan melewati jalur atau rute pendakian yang resmi agar aman dan menyenangkan saat mendaki.

Related Post "WISATA DAN MENDAKI GUNUNG ARJUNO MALANG"

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali
WISATA SEJARAH KE MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT
Wisata Sejarah Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa