TAMAN NASIONAL KOMODO, WISATA DI ALAM LIAR

Jika Anda sedang berada di pulau Flores, hendaknya mampir ke Taman Nasional Komodo. Taman ini merupakan salah satu dari 3 pulau utama yang berada di beberapa gugusan pulau kecil di Nusa tenggara Timur. Letak Pulau Komodo ini berada dalam wilayah administratif Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki luas sekitar 1.817 km persegi. Di Pulau Komodo Anda akan menemukan hewan purbakala yang telah mendiami pulau ini sekitar 40 juta tahun yang lalu, hewan sejenis kadal raksasa ini bernama Komodo.

Wisata Pulau Komodo saat ini semakin ramai, karena pulau ini merupakan tempat wisata dimana Komodo ini hidup dan berkembang biak. Hewan dengan panjang sekitar 2 hingga 3 meter dengan berat mencapai 165 kg ini merupakan hewan predator yang memiliki kesabaran. Walau hewan ini termasuk predator yang sabar, tetapi hewan ini dalam melumpuhkan mangsanya hanya dalam satu gigitan saja. Untuk melihat para hewan langka ini, Anda akan ditemani oleh pawang yang menjadi guide tour Anda.

Taman nasioal Komodo

Taman nasioal Komodo
(Image: cindiltravel.wordpress.com)

Untuk menuju Taman Nasional Komodo ini bisa dengan dua cara, yaitu dengan mengunjunginya dengan berangkat dari Lombok dan menuju ke pulau ini. Namun berangkat dari Kupang, untuk perjalanan wisata Pulau Komodo, bisa menggunakan pesawat menuju Ende, dan dilanjutkan menuju Labuhanbajo selama 10 jam perjalanan menggunakan minibus. Lalu, dilanjutkan lagi dengan menggunakan speedboat ke Pulau Komodo selama 2 jam.

Letak Pulau Komodo yang berada diantara Pulau Rinca dan Pulau Padar dan pulau-pulau lainnya tidak hanya menawarkan wisata melihat kehidupan sehari-hari Komodo. Namun, Pulau Komodo ini juga menawarkan pemandangan laut yang tak kalah indahnya. Beberapa di antaranya adalah:

Loh Liang di Pulau Komodo

Pantai ini merupakan pintu masuk wisata Pulau Komodo. Ditempat ini Anda mungkin akan bisa menikmati keindahan pantai dengan berenang dan snorkeling di pantai merah muda (Pink Beach). Pantai dangkal ini memiliki pesona bawah laut yang sangat indah.

Pulau Komodo Indonesia

Hewan Purba yang masih hidup, Komodo
(Image: punyaane.com)

Loh Buaya di Pulau Rinca

Di pulau ini Anda juga bisa menemukan hewan komodo, karena Pulau Rinca masih satu gugus dengan taman nasional. Di pulau ini Anda akan menyaksikan bagaimana hewan hidup di alam liar, seperti rusa, komodo, kerbau liar, dll.

Komodo Island Indonesia

Keindahan Pulau Komodo
(Image: kaskus.co.id)

Pulau Pudar

Di pulau ini Anda akan menemukan surganya tempat melakukan diving dan snorkeling. Ada sekitar 42 spot penyelaman yang bisa Anda jelajahi.

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional yang mendapatkan bantuan langsung dari UNESCO. Letak Pulau Komodo yang dikelilingi dengan padang savanna yang luas menjadikan taman wisata ini menjadi begitu eksotis menjadikan taman nasional Pulau Komodo sebagai destinasi liburan, Anda akan merasakan kehidupan alam liar seperti taman nasional Safari di Afrika.

Related Post "TAMAN NASIONAL KOMODO, WISATA DI ALAM LIAR"

DAFTAR TEMPAT WISATA DI MAKASSAR UNTUK LIBURAN
Daftar Tempat Wisata Di Makassar Untuk Liburan
GUNUNG TANGKUBAN PERAHU YANG PENUH LEGENDA
Gunung Tangkuban Perahu Yang Penuh Legenda -
TEMPAT WISATA DI PATI DAN PEMALANG JATENG
Tempat Wisata Di Pati Dan Pemalang Jateng
6 KESERUAN WISATA DI PANTAI KUTA BALI
6 Keseruan Wisata Di Pantai Kuta Bali