WISATA SEJARAH KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN BANDUNG

Wisata Sejarah Ke Taman Makam Pahlawan Bandung – Setelah jalan-jalan keliling berbagai tempat wisata di Kota Bandung, saatnya sejenak mampir ke Taman Makam Pahlawan Cikutra. Ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah atau wisata religi di Kota Bandung. Apalagi jika Anda berkunjung kesini saat hari pahlawan tiba bersama anak-anak. Anda bisa wisata sekaligus mengajarkan pada anak tentang pentingnya arti patriotisme, mengenang jasa orang-orang yang telah berjuang demi bangsa dan tanah air, khususnya bagi Kota Bandung dan Jawa Barat. Taman Makam Pahlawan ini tepatnya terletak di Jalan Pahlawan Kota Bandung. Sebuah tempat yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat dalam mempertahankan kehormatan bangsa ini.

Taman Makam Pahlawan Kota Bandung
Tempat Wisata Sejarah Dan Religi, Taman Makam Pahlawan Bandung
Anda tidak akan kesulitan untuk menuju ke lokasi taman makam pahlawan Bandung ini, karena tempatnya sudah cukup populer, sehingga bagi Anda yang baru pertama kali akan berkunjung cukup bertanya pada siapa saja di Kota Bandung, pasti mereka akan menunjukkan arahnya pada Anda.

Ketika pertamakali menginjakkan kaki di  lokasi Taman Makam Pahlawan Bandung, kita akan melihat 2 buah tugu batu yang berdiri dengan kokoh. tugu ini merupakan simbol Taman Makam Pahlawan Kota Bandung yang menyambut setiap pengunjung atau peziarah yang datang.
Taman Makam Pahlawan Kota Bandung 2
Sepi jika di hari-hari biasa
Memasuki area makam, Anda diwajibkan untuk mengisi buku tamu, dan kemudian masuk melalui gerbang utama. Setelah itu Anda akan menyusuri bentangan tangga yang cukup lebar yang menuju ke arah atas dan terlihat sangat kokoh. Uniknya tangga yang menuju areal pemakaman ini mempunyai makna tersendiri, jumlah anak tangga tersebut menunjukkan tanggal, bulan serta tahun kemerdekaan Negara Indonesia.

Silahkan saja sambil berjalan Anda hitung satu persatu anak tangga yang menuju areal makam tersebut. Tangga dengan tahap pertama jumlahnya 17 anak tangga, sedangan tangga tahap ke dua jumlahnya adalah 8 anak tangga serta tahap yang paling akhir jumlahnya adalah 45 anak tangga.

Taman Makam Pahlawan Cikutra ini dibangun sejak tahun 1958 silam. Memang sudah cukup tua, namun tempat ini terawat dengan sangat baik dan terjaga karena berada dibawah pengawasan dan pengelolaan Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung dan juga dibantu oleh KODAM III Siliwangi.
Taman Makam Pahlawan Kota Bandung 3
Keluarga pahlawan yang sedang berziarah
Saat tempatwisatamu.com berkunjung dan mulai masuk ke area pemakaman, suasanannya cukup hening dan sepi. Terlihat hanya ada beberapa pekerja saja yang sedang membersihkan dan juga merawat beberapa bagian dari area pemakaman. Karena Taman Makam Pahlawan Cikutra ini tidak setiap waktu didatangi banyak pengunjung, hanya pada saat ada acara atau perayaan peringatan hari besar nasional dan ketika hari besar keagamaan saja tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh berbagai aparat pemerintah, pejabat dari TNI ataupun keluarga besar para pahlawan yang datang untuk berziarah.

Wisata sejarah ke Taman Makam Pahlawan Bandung membuat kita mempunyai spirit baru. Karena ditempat ini dimakamkan banyak para pejuang yang dengan sepenuh hati dan jiwa memberikan tenaga dan juga fikirannya untuk kemerdekaan serta pembangunan, khususnya Jawa Barat dan umumnya negara Indonesia tercinta ini, sehingga mengenang mereka membuat jiwa kita tergugah untuk meneruskan perjuangan mereka. Selain makam para pejuang yang telah gugur dalam tugas, ada juga makam para purnawirawan TNI yang pernah mendapat berbagai penghargaan dari negara, ada juga makam juga para mantan gubernur yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan ini.

Selain area pemakaman, disini juga ada sebuah lapangan yang cukup luas. Lapangan ini biasa digunakan untuk pelaksanaan upacara pada peringatan hari-hari besar nasional, tentu saja dilengkapi dengan sebuah tiang bendera yang cukup tinggi. Di sebelah kiri lapang upacara ada sebuah tembok besar yang berwarna putih tulang, tembok ini disebut dengan Tembok Abadi. Pada tembok itu ditulis nama-nama pahlawan yang telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Diantara mereka ada tulisan ‘Tidak dikenal’. Itu artinya mereka merupakan para pahlawan yang tidak dikenal siapa nama dan juga asal-usulnya serta keluarganya. Semoga Allah menerima semua perjuangannya, amal sholehnya dan juga menerima iman islamnya serta mengampuni segala kesalahannya.

Tembok abadi Taman Makam Pahlawan Kota Bandung
Tembok abadi
Dari lapang utama terdapat sebuah jembatan yang menjadi penghubung dengan area pemakan yang berada bagian sebelah Barat. Di sana ada pemakaman para pahlawan yang beragama kristen. Taman makam Pahlawan ini merupakan sebuah penghargaan atas jasa-jasa para pejuang yang telah gugur dalam membela dan juga mempertahankan kemerdekaan bumi tercinta ini. Semoga perjuangan para pahlawan ini menjadi motivasi tersendiri bagi para generasi penerusnya.

Nah, jika Anda sedang wisata ke Bandung, jangan lupa juga ya menyempatkan diri wisata sejarah ke Taman Makam Pahlawan Bandung.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Daftar nama pahlawan yang dimakamkan di taman makam pahlawan sumenep, Makam pahlawan di jawa barat. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA SEJARAH KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN BANDUNG"

LIBURAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG YANG POPULER
Liburan Di Saung Angklung Udjo Bandung Yang
BELANJA JEANS DI CIHAMPELAS BANDUNG SAAT LIBURAN
Belanja Jeans Di Cihampelas Bandung Saat Liburan
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk