YANG SERU DI PULAU LENGKUAS BANGKA BELITUNG

Banyak hal yang seru di Pulau Lengkuas Bangka Belitung. Sebuah pulau yang selain populer keindahannya juga punya sebuah mercusuar yang telah berusia ratusan tahun. Disini para pengunjung bisa merasakan indahnya hamparan laut biru yang jernih bertabur bebatuan granit yang eksotik. Tempat wisata ini kian mempesona dan spektakuler jika dipandangi dari atas mercusuar tua tersebut.

Berada di wilayah Kecamatan Sijuk – Kabupaten Belitung, pulau yang satu ini terbilang kecil dengan luasnya yang kurang dari 1 hektar. Meskipun kecil, keindahan pantai di Pulau tersebut tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran jika pulau yang dahulunya sepi pengunjung tersebut saat ini berhasil menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung. Nuansa eksotis pantai yang berpasir putih menghadap birunya samudera yang dihiasi dengan batuan granit raksasa dengan aneka bentuk.

Pulau Lengkuas di bangka Belitung

Keistimewaan lainnya dari pulau ini yang tidak banyak ditemukan di pantai lainnya adalah keberadaan sebuah mercusuar peninggalan penjajah Belanda yang dibangun di tahun 1882. Hingga sekarang, mercusuar ini masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas bagi kapal laut yang lewat ataupun keluar masuk dari Pulau Belitung. Baca juga: Daftar Destinasi Wisata Menarik Di Bangka Belitung.

Para pengunjung juga diizinkan untuk menaiki mercusuar yang ketinggiannya kurang lebih 50 meter ini. Mercusuar yang punya belasan lantai ini memungkinkan  para pengunjung menikmati keindahan alam di sekitar pulau. Ini jelas merupakan ‘imbalan’ setelah Anda sedikit bersusah payah meniti banyak anak tangganya. Dari atas mercusuar Anda dapat menikmati cantiknya warna biru laut yang berpadu harmonis  dengan keindahan bebatuan granit sekitar pantai yang berwarna putih pucat. Bukan cuma itu, pulau-pulau kecil yang berwarna hijau tampak juga dari kejauhan menjadi pemandangan lainnya yang kian memanjakan mata. Keindahan tersebut bisa dinikmati dari berbagai sisi (360 derajat).

Apabila Anda merasa lelah dan tidak sanggup mencapai puncak mercusuarnya jangan khawatir. Karena di setiap lantai mercusuar tersebut ada jendela yang menghadap ke semua arah sehingga pemandangan indah yang ada di bawah sana tetap bisa Anda nikmati ataupun diabadikan dengan kamera.

Pulau Lengkuas Mercusuar

Selain menikmati kecantikan alam pantai tropis sambil bersantai di tepiannya, pulau kecil tersebut menawarkan daya tarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Banyak aktifitas menyenangkan bisa pengunjung lakukan di sini. Berenang akan menjadi aktifitas berlibur yang menyenangkan, terlebih lagi perairan di sekitar pesisirnya tidak terlalu dalam. Anda juga boleh snorkeling karena keindahan alam bawah lautnya cukup mempesona. Banyak terumbu karang dan juga berbagai jenis biota laut yang bisa dinikmati keindahannya. Bahkan, para pengunjung juga boleh memancing atau berjemur di hamparan pasir putihnya yang sangat lembut setelah merasa lelah bermain di pesisirnya.

Jika Anda belum puas menikmati keindahan dan eksotisme yang ditawarkan Pulau Lengkuas Bangka Belitung ini, telusuri saja pulau-pulau lainnya yang terbentuk dari bebatuan granit raksasa yang lokasinya tak terlalu jauh dari Pulau Lengkuas. Pulau-pulau kecil yang sebagian besar tak bernama ini dapat dicapai hanya dengan cara berjalan kaki ataupun dengan cara berenang. Selain pulau-pulau tersebut, ada sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Burung. Dinamakan demikian karena terdapat batu granit raksasa yang bentuknya mirip seperti kepala burung disana.

Pulau Lengkuas map

Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, Pulau Lengkuas Bangka Belitung ini hanya dihuni oleh sedikit orang saja yang bertugas untuk menjaga mercusuar. Pada tahun 2008 silam, film Laskar Pelangi yang mengambil setting di wilayah Bangka Belitung membuat pulau ini menarik perhatian pengunjung, meskipun Pulau Lengkuas sendiri tidak menjadi bagiannya. [From: indonesia.travel]

Terima kasih telah membaca artikel tentang pulau lengkuas bangka belitung. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "YANG SERU DI PULAU LENGKUAS BANGKA BELITUNG"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk