WISATA MURAH DI SUNGAI MAHAKAM

Ingin sekedar santai saat weekend? Cobalah wisata murah di Sungai Mahakam. Sungai ini merupakan sungai paling besar di wilayah provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini mengalir kira-kira sepanjang 920 km dari arah Kutai Barat sampai Kutai Kartanegara dan juga Samarinda.

Sungai Mahakam mengalir melewati tiga wilayah yaitu wilayah Kutai Kartanegara, wilayah kabupaten Kutai Barat dan juga wilayah kota Samarinda. Sebagian besar datarannya hanya bisa diakses menggunakan ketinting, perahu motor, ataupun taksi air (kapal). Beberapa daerah yang terdapat di dekat sungai juga bisa diakses lewat angkutan darat. Anda dapat memakai kendaraan bermotor untuk bepergian menyususi sepanjang sungai melalui kota Samarinda. Anda juga dapat berjalan di sepanjang pesisir sungai untuk dapat menikmati pemandangan kota.

Sungai mahakam

Image: indonesia.travel

Mahakam memang sangat penting untuk sebagian besar penduduk yang bermukim di provinsi ini dan beberapa wilayah yang hanya bisa diakses melewati sungai. Transportasi barang juga sangat bergantung dengan aliran sunga ini. Ketika Anda bepergian di sepanjang sungai, Anda juga akan menemukan berbagai aktifitas hidup yang dilakukan oleh penduduk lokal yang tinggal di wilayah sepanjang pesisir sungai ini misalnya, pengangkutan barang dan juga sumber daya alam antar pulau, memancing serta berjualan ikan. Baca juga: Daftar Objek Wisata Di Samarinda & Balikpapan.

Di Samarinda, pesisir Mahakam digunakan sebagai tempat untuk berlibur dan bersantai oleh oleh masyarakat setempat, terutama dari sejak sore hingga malam hari, apalagi saat weekend tiba. Pada sore hari, banyak pedagang berderet manis menjual berbagai macam makanan dan minuman di area sepanjang sungai. Warga biasanya bertujuan untuk menyaksikan matahari tenggelam sambil menikmati lezatnya jagung bakar, roti dan menu makanan lain. Daerah pesisir ini akan semakin ramai dengan banyak orang di saat malam hari. Memang wisata murah di Sungai Mahakam ini menjadi pilihan banyak orang setiap harinya 7 saat weekend tiba.

Jembatan Kukar Sungai Mahakam

Image: pon.kutaikartanegarakab.go.id

Di tengah sungai ada Pulau Kumala. Pulau ini merupakan obyek wisata terkemuka di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Anda dapat  menikmati menara langit, bumper mobil, mobil wisata dan berbagai atraksi lainya disini. Baca juga: Kuliner Lezat Balaikpapan, Rumah Makan Dandito.

Untuk Anda yang akan menuju ke Mahakam, dari bandara Sepinggan di Balikpapan, yang menjadi pintu masuk ke daerah Kalimantan Timur, Anda dapat menggunakan transportasi darat ataupun udara ke Samarinda. Beberapa pesawat telah menyediakan rute lokal dari Balikpapan menuju ke Samarinda. Anda juga bisa naik taksi ke wilayah Samarinda selama 2,5 hingga 3 jam.

Sungai Mahakam Sunset

Image: indonesia.travel

Jika Anda memilih menggunakan transportasi darat, Anda pasti akan kagum dengan keindahan dan ketenangan sungai Mahakam di daerah yang disebut dengan Samarinda Seberang. Anda dapat melihat berbagai kesibukan di sungai yang melintasi pusat kota Samarinda. Nikmati jajanan di sekitar sungai sambil bercengkrama bersama keluarga.

Related Post "WISATA MURAH DI SUNGAI MAHAKAM"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak