LIBURAN MURAH DI BUKIT KABA BENGKULU

Liburan murah di Bukit Kaba Bengkulu mungkin bisa jadi alternatif bagi Anda dan keluarga. Hanya ada 2 gunung saja yang dipunyai Provinsi Bengkulu, yaitu Bukit Daun & Kaba. Keduanya berada di Kabupaten Rejang Lebong yang ditanami dengan hijaunya sayur dan juga buah-buahan segar. Dari kedua gunung ini, Bukit Kaba yang lebih terkenal karena terkenal ramah untuk para pendaki pemula.

Bukit yang indah ini terletak di Desa Sumber Urip, wilayah Kecamatan Selupuh Rejang, Kab. Rejang Lebong – Bengkulu. Ketinggian puncak Bukitnya sekitar 1.952 m dpl tapi terdapat kawah yang besar di ketinggian kurang lebih 1.700 m dpl yang menyajikan pemandangan menarik. Rutenya juga sudah terarah melewati dua jalur, yaitu jalur tanah yang seringkali digunakan untuk aktifitas trekking & jalur aspal yang dapat dilewati oleh ojek. Jalur aspal ini dibuat sejak tahun 1994 untuk kelancaran petugas yang sering pulang pergi mengamati aktifitas gunung.

bukit kaba bengkulu

Image: hotelbandungid.wordpress.com

Bila dilihat dari sejarah letusannya, Bukit Kaba merupakan gunung api aktif tipe A, yaitu gunung yang pernah meletus pada rentang tahun 1600 hingga sekarang. Ada 8 buah kawah yang dimiliki gunung tersebut, namun 5 diantaranya tertutup oleh vegetasi. Bukit ini selalu dipantau oleh Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana atau PVMB yang dapat ditemui di kaki gunung. Para petugas akan menginformasikan pada Kelompok Sadar Wisata alias Pokdarwis setempat bahwa gunung tersebut sedang dalam kondisi aman atau tidak untuk didaki. Walaupun selama ini gunung selalu menunjukkan pertanda baik, Anda yang akan naik untuk berlibur dan mendaki disarankan untuk melakukan pengecekan lebih dulu ke pos penjaga. Baca juga: Daftar Objek Wisata Menarik Di Palembang & Sekitarnya.

Pendakian pertama dilakukan mulai dari pos menuju pematang durian yang membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam, tapi medan ini dapat dilewati oleh roda 4 apabila Anda ingin menghemat tenaga. Pendakian lainnya berlanjut melalui kepungan hutan yang juga memiliki kemiringan ekstrem selama sekitar 2 jam. Saat persediaan air Anda habis maka isi saja botol minum Anda di sumber mata air yang ada di jalur ini. Ada juga air terjun yang sering digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri sebelum Anda melanjutkan perjalanan menuju ke puncak.

bukit kaba curup

Image: bimbi1404.wordpress.com

Apabila telah tiba di wilayah kubah Bukit Kaba Bengkulu, Anda bisa merasa lega, meregangkan dulu tubuh sejenak sambil meluruskan kaki yang terasa letih. Dari situ, bersiaplah untuk melewati 307 anak tangga untuk bisa mencapai kawah & puncak bukit. Anda yang melalui jalur aspal juga harus menghadapi anak tangga ini sesudah menaiki ojek selama setengah jam. 20 menit menapaki tangga akan terbayar lunas setelah Anda melihat 3 buah kawah di puncak Bukit Kaba. Asap yang selalu mengepul dari 2 kawah menjadi tanda bahwa gunung tersebut masih aktif, satu kawah lainnya sudah mati jadi tidak lagi mengeluarkan asap. Pagar-pagar yang berada di bibir kawah dibuat untuk menjaga para pengunjung agar tidak terjatuh ke dalam kawah.

Apabila Anda menemukan buah-buahan atau mungkin sesajen di puncak kawah, ini adalah tanda bahwa Bukit ini masih dipercaya masyarakat setempat  sebagai tempat untuk menghaturkan doa. Mereka disana meminta banyak hal, mulai dari keselamatan sampai kesembuhan dari berbagai macam penyakit.

mendaki bukit kaba

Image: eldesimedis.blogspot.com

Jangan ragu untuk mencoba liburan murah di Bukit Kaba Bengkulu dan mendakinya walaupun Anda sendiri belum tahu banyak mengenai informasinya. Ada Pokdarwis yang anggotanya adalah warga Desa Sumber Urip, mereka akan siap membantu para pendaki untuk mengelola transportasi hingga konsumsinya. Desa Sumber Urip dulunya menjadi kawasan transmigrasi dari jawa, jadi wajar saja apabila Anda akan menemukan bcukup anyak penduduk yang mengunakan bahasa Jawa di sini.

Related Post "LIBURAN MURAH DI BUKIT KABA BENGKULU"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak