INDAHNYA DANAU BIRU KOLAKA UTARA

Indahnya Danau Biru Kolaka Utara –  Suara gemericik air yang terhempas dari sela-sela bebatuan di kaki gunung. Airnya yang terus mengalir, berkumpul dalam sebuah danau yang selalu menampakkan warna biru yang kehijauan, Danau Biru adalah julukannya. Layaknya menikmati sebuah terapi alam saat singgah di sini, kicauan banyak burung & udara cukup segar pun menemani rasa damai alam yang tersaji.

Danau Biru ini tepatnya terletak di Desa Walasiho, wilayah Kecamatan Wawo – Kabupaten Kolaka Utara. Ini adalah pintu gerbang perbatasan wilayah Kabupaten Kolaka & Kabupaten Kolaka Utara. Letaknya sekitar 10 kilometer dari daerah Sungai Tamborasi yang merupakan salah satu sungai terpendek di dunia. Warna birunya yang terlihat begitu memikat, siapapun akan semakin tergoda menceburkan diri sendiri ke dalamnya. Sekeliling danau merupakan karang gunung yang menjulang sangat tinggi sampai ratusan meter. Danau ini terkepung sehingga cahaya matahari tersaring melahirkan sebuah tempat peristirahatan yang sangat teduh.

Indahnya Danau Biru Kolaka Utara

Image: lintokendari.blogspot.com

Menariknya, sekitar 80 meter dari danau ada pantai sepanjang 2 km, pasir putihnya melintang di sebelahnya. Terdapat beberapa kamar mandi bilas dan juga sebuah rumah panggung yang menghadap ke laut untuk bersantai para pengunjung.

Ada sebuah mitos yang hidup di dalam benak warga sekitar Danau Biru. Diceritakan bahwa tempat ini menaungi berbagai jenis ikan seperti baronang & bandeng. Warga sekitar percaya bahwa mengambil dan juga mengonsumsi ikan artinya mendekati bahaya. Oleh sebab itu, siapapun yang berkunjung ke Danau Biru dihimbau untuk turut menjaga ekosistem alam yang ada.

Kuliner Di Sekitar Danau Biru

Di Lasusua ada juga sebuah rumah makan yang cukup unik yakni Rumah Makan Irien. Dekorasinya mulai dari tembok, gelas, piring, hingga taplak mejanya diberi sentuhan warna hijau. Menu masakan yang dihidangkan adalah menu makanan lokal seperti ikan bakar.

Apabila ingin mencicipi kuliner sekitar yang lebih bervariasi, para pengunjung bisa mendapatkannya di sekitar Kabupaten Kolaka. Sinonggi adalah salah satu makanan lokal yang berbahan sari pati sagu, makanan ini disajikan secara terpisah bersama dengan sayur & lauk pauk berupa ikan. Menu makanan ini bisa Anda nikmati di Rumah Makan Berkah yang berada di Jalan Ahmad Mustin No 10 KM 3 Kolaka.

Danau Biru Kendari

Image: lintokendari.blogspot.com

Kolaka sendiri terkenal dengan kue-kuenya yang terbuat dari bahan sagu & kacang mete. Apabila Anda pulang menuju ke Kota Kendari ataupun menuju Kabupaten Kolaka, singgahlah dulu sebentar di pasar tradisional yang terdapat di sebelah Hotel Sutan Raja untuk membeli oleh-oleh tersebut, letaknya berada di Jalan Khairil Anwar. Jangan pernah lewatkan juga madu asli khas Kolaka yang diolah dengan cara tradisional oleh warga setempat.

Belum ada penginapan jika Anda ingin bermalam di sekitar Kecamatan Wawo.  Namun Anda bisa pergi ke wilayah Lasusua, yang menjadi ibukota Kabupaten Kolaka Utara apabila ingin bermalam. Penginapan yang ada di sana merupakan Hotel Berlian, letaknya terdapat di Jalan Trans Sulawesi No 270, untuk reservasi Anda bisa menghubungi Tlp. 085299722176. Baca juga: Daftar Objek Wisata Terbaik Di Sulawesi.

Danau Biru Sulawesi Tenggara

Image: miracles-mag.com

Danau Biru Kolaka Utara merupakan sebuah pemandian alam yang indah & menggoda, sayang sekali bila tak menyentuhkan tubuh Anda dengan air dinginnya. Anda bisa sekadar mencuci muka saja ataupun berenang. Tapi jangan heran apabila air terasa payau, air laut juga ikut mengalir ke sini dan bercampur dengan sejuknya mata air gunung. Setelah puas untuk singgah di sekitar danau, Anda bisa langsung menikmati panorama pantai yang ada di dekatnya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang danau biru kolaka utara, danau biru kolaka. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "INDAHNYA DANAU BIRU KOLAKA UTARA"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak