WISATA KE KEPULAUAN ANAMBAS RIAU YANG EKSOTIS

Kepulauan Anambas merupakan salah satu kabupaten dengan kepulauan tropis seluas 46.667 km2 yang terdapat di Laut China Selatan. Wilayahnya berbentuk kepulauan yang berada di perbatasan terdepan wilayah Indonesia dan sisi perairan terluarnya dilalui oleh 90% kapal internasional. Secara administratif, Anambas termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau dan dulunya hasil pemekaran dari wilayah Kabupaten Natuna. Ada 255 pulau di wilayah Anambas, namun baru 26 pulau saja yang berpenghuni. Jumlah penduduk Anambas sekitar 45.500 jiwa. Wilayah Anambas ini mayoritas berupa lautan (sebanyak 97%) dengan tujuh wilayah kecamatan yang tersebar di tiga pulau besar, yaitu Pulau Siantan, Pulau Palmatak dan Jemaja. Ibukota kabupaten Anambas berada di Terempa.

Anambas adalah kepulauan tropis yang sangat memukau dan patut disambangi. Bukan tanpa alasan, pada tahun 2013 keindahannya ditempatkan dalam urutan paling atas dari sekian banyak pulau tropis di kawasan Asia. Ya, CNN.com telah memilih Anambas sebagai yang terbaik di antara Koh Chang (di Thailand), Langwaki (di Malaysia), Halong Bay (di Vietnam), dan Similan (di Thailand).

Kepulauan Anambas

Dinobatkan sebagai Pulau Tropis terbaik oleh CNN
(Image: zulalimin.blogspot.com)

Nikmati keindahan hamparan laut yang biru luas dihiasi dengan laguna yang bertebaran. Anda juga dapat menemukan beragam titik diving dengan aneka biota laut yang menakjubkan, barisan vegetasi pohon kelapa di sepanjang 8 kilometer, garis pantainya yang sejauh 2 kilometer, serta sejumlah pulau lainnya yang menjadi habitat penyu (yaitu di Pulau Keramut & Pulau Mangkai).

Kepulauan Anambas juga sangat istimewa karena mempunyai sejumlah laguna atau danau air laut yang letaknya terpisah dari lautan lepas. Ketika air lautnya sedang surut, gugusan beberapa pulaunya akan tampak tersambung oleh gundukan pasir yang membentuk pembatas antara air laut di dalam dan juga di luar gugusan pulaunya. Dasar dari laguna tersebut berupa pasir putih dengan sebaran berbagai terumbu karang pada sejumlah titik. Baca juga: Jalan Kaki Di Bawah Laut Pulau Sepa.

Kepulauan Anambas Tarempa

Liburan di Kepulaun Anambas Tarempa
(Image: domiyanto.blogspot.com)

Pulau-pulau di Kepulauan Anambas semuanya mempunyai pasir pantai yang putih halus berkilau dan juga semakin indah dengan air lautnya yang jernih, dangkal, serta diisi dengan terumbu karang bersama beraneka macam ikan. Air laut di kawasan tersebut sangat jernih, sehingga dari atas permukaan air dapat tampak jelas sampai ke bagian dasar laguna, termasuk ikan-ikan dan karang. Jelajahi beberapa pulau di Anambas satu per satu dengan menyewa jasa perahu atau melakukan tracking di beberapa pulaunya. Karena disini ada beragam tujuan wisata dan juga aktivitas wisata bahari yang bisa Anda lakukan, berikut ini  adalah beberapa dari sekian banyak pilihannya.

Pulau Penjalin Anambas

Pulau Penjalin adalah laguna memukau yang bisa Anda sambangi dari Tarempa. Lokasinya terdapat di Kecamatan Palmatak. Perairannya juga sangat tenang dihiasi dengan bebatuan yang bertebaran, Anda disini dapat berenang, snorkeling, ataupun berkano. Pesisir pantainya sangat indah dengan pasir yang begitu halus berkilauan.

letak kepulauan anambas

Penangkaran Penyu di Anambas Island
(Image: www.kaskus.co.id)

Pulau Selat Rang-sang Anambas

Pulau ini memiliki pemandangan alam yang menawan dengan laguna dan juga pasir putih yang indah. Ada banyak pepohonan rimbun dan juga pohon kelapa yang menghiasinya. Pesisirnya berair tenang ini sangat cocok untuk pecinta snorkeling, renang dan juga bermain sampan.

Pulau Durai Anambas

Pulau Durai berukuran tidak terlalu besar namun begitu mempesona, apalagi di sana ada tempat untuk konservasi penyu. Pada sore hari biasanya ada puluhan penyu betina yang mendarat ke bibir pantai untuk menggali pasir pantai tempatnya bertelur.

Pulau Bawah Anambas

Pulau bawah ini pernah disebut CNN.com sebagai sebuah pulau tropis terbaik di kawasan Asia. Di sana ada juga gugusan pulau kecil indah, yaitu: Pulau bawah (luasnya 63,54 hektare), Pulau Sanggah (luasnya 27,45 hektare), Pulau Elang (luasnya 59,4 hektare), Pulau Merba (luasnya 1,3 hektare), dan Pulau Lidi (luasnya 1,13 hektare). Di bagian tengah pulau-pulau tersebut, ada laguna yang begitu indah. Anda bisa menaiki bukit untuk dapat memotret keindahan laguna tersebut.

Pulau Penjalin Anambas

Pantai di Pulau Penjalin Anambas
(Image: ngapainaja.com)

Pantai Tanjung Momong & Pasir Manang Anambas

Pantai Tanjung Momong & Pasir Manang ini berlokasi di Pulau Siantan yang dekat dari Kota Tarempa yang menawarkan lasekap alam mempesona serta memadukan air laut yang jernih, hamparan luasnya pasir putih, serta indahnya terumbu karang. Pantainya dikelilingi hamparan bebatuan. Selain bisa berenang, Anda juga dapat snorkeling atau sekadar bersantai sambil berjalan-jalan di pinggir pantainya. Lokasi pantai ini sangat cocok untuk fotografi, terutama saat sunrise atau sunset tiba.

Di Pulau Siantan dimana lokasi Kota Tarempa berada, Anda bisa menyusuri pulaunya untuk mengunjungi Vihara Gunung Dewa dan Masjid Jamik yang usianya lebih dari 80 tahun. Ada juga Air Terjun Temburun yang sangat indah mempesona. Memiliki kontur yang berundak setinggi  tujuh tingkat. Air terjun yang langsung jatuh ke laut serta begitu memukau.

Untuk melakukan perjalanan wisata ke Kepulauan Anambas, sebaiknya Anda memakai jalur udaradibandingkan memakai jalur laut, Anda bisa terbang dari berbagai kota besar yang ada di Tanah Air menuju ke Tanjung Pinang di Pulau Bintan. Kemudian melanjutkan penerbangan dengan memakai Nusantara Air Charter yang melayani penerbangan menuju ke Matak Airport (di Kecamatan Palmatak). Pesawat dengan kapasitas hingga 48 orang tersebut biasanya beroperasi setiap hari dan harga tiketnya sekitar 1.200.000. Dari sana perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan untuk menuju Tarempa yang merupakan ibukota Kabupaten Anambas dengan menggunakan perahu atau speed boat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kepulauan anambas riau. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "WISATA KE KEPULAUAN ANAMBAS RIAU YANG EKSOTIS"

REVIEW PANTAI PANDAWA BALI YANG EKSOTIS
Review Pantai Pandawa Bali Yang Eksotis -
ASYIKNYA WISATA DI BUMI PERKEMAHAN RANCA UPAS BANDUNG
Asyiknya Wisata Di Bumi Perkemahan Ranca Upas
WISATA KE PANTAI KLAYAR PACITAN YANG UNIK
Wisata Ke Pantai Klayar Pacitan Yang Unik
PESONA CURUG CIMAHI YANG INDAH
Pesona Curug Cimahi Yang Indah - Untuk