14 TEMPAT WISATA KULINER MALANG YANG MAKNYUS

Melakukan perjalanan wisata ke kota Malang jangan sampai Anda melewatkan wisata kuliner Malang. Aneka makanan lezat dan nikmat yang hanya dapat Anda rasakan jika mengunjungi kota Malang telah menunggu. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat tersedia di sepanjang jalan kota yang terkenal akan buah apelnya itu. Banyak tempat-tempat yang menawarkan makanan khas yang tentunya akan memanjakan lidah Anda.

Malang bisa dikatakan sebagai surganya wisata. Kota Malang tidak hanya kaya dengan beragam obyek wisata alam dan keluarga. Kota Malang juga mempunyai banyak tempat-tempat kuliner otentik yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Meskipun di kota Malang mulai banyak berdiri resto-resto modern, namun masih belum bisa menggeser popularitas dari beberapa tempat kuliner di Malang yang sudah cukup tua umurnya tersebut. Ada 14 tempat yang direkomendasikan jika akan melakukan wisata kuliner di Malang, antara lain:

Tempat Wisata Kuliner di Malang yang Menyajikan Menu Makanan Otentik Dengan Resep Tradisional yang Lezat

1. Restaurant Ice Cream Oen

Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Malang Yang Legend Dengan Beragam Menu Istimewa-Es Krim Toko Oen

Siapa si yang tidak suka ice cream? Jika Anda mengunjungi kota Malang, cobalah untuk datang ke Restaurant Ice Cream Oen yang berada di daerah alun-alun. Tentu Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat itu karena letaknya yang strategis serta sudah sangat populer di masyarakat. Restaurant Oen menawarkan berbagai macam varian ice cream dengan berbagai toping yang nikmat. Suasana restaurant bukan lah suasana modern maupun mewah, melainkan suasana yang sederhana dengan arsitektur tempo doeloe.

Toko Oen ini juga buka di kota Semarang. Namun awal mulanya, Toko Oen hanya buka di kota Malang. Menu makanan di Toko Oen Malang ini memang sama persis seperti yang ada di kota Semarang. Salah satu signature dish di Toko Oen ini adalah es krim homemade-nya. Sampai saat ini, es krim di Toko Oen ini masih menjadi es krim paling enak di Indonesia. Selain es krim, tempat kuliner di Malang ini juga mempunyai menu unggulan lain yaitu bistik lidah sapi.

Toko Oen di kota Malang ini berada di Jalan Jendral Basuki Rahmat nomor 5. Lokasi toko Oen sangat dekat sekali dengan alun-alun kota Malang. Toko Oen Malang buka mulai dari jam 08:00 sampai 21:30 setiap hari.

Restaurant Ice Cream Oen

Image: www.deluxshionist.com

2. Bakso President

Bagi Anda pencinta wisata kuliner, khususnya yang suka bakso, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner Malang yang satu ini, namanya Bakso Presiden. Depot bakso berada di Jl. Batanghari No. 5 Malang. Anda dapat merasakan berbagai macam varian bakso, mulai dari rasa original hingga rasa keju ada di tempat ini. Jika membicarakan masalah harga, tentu dapat bersaing dipasaran karena murah meriah. Meskipun murah, rasa bakso tetap lah lezat dan menjadi legenda di kota Malang.

Bakso President Malang

Image: www.eastjavatraveler.com

3. Bakso Kota Cak Man

Bakso Kota Cak Man

Wisata kuliner di Malang kurang lengkap jika belum mencoba Bakso Kota Cak Man yang tak kalah populernya dengan depot bakso lainnya. Alamat depot bakso tersebut di Jalan WR. Supratman C1 Kav 13-14. Jika berkunjung ke Bakso Kota Cak Man, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis bakso, mulai dari bakso jumbo, bakso kasar, bakso rawut dan lain-lain. Anda juga dapat menikmati makanan lainnya seperti siomay, telur tahu, aneka gorengan, dan lain-lain. Hal yang membuat tempat ini unik yaitu pengunjung dapat memilih sendiri isi mangkuk bakso sesuai dengan selera.

Bakso Kota Cak Man Malang

4. Mie Buto Ijo

Jangan pernah Anda bayangkan jika mengunjungi depot makan yang satu ini akan melihat buto ijo, karena yang disebut buto ijo adalah mie yang memiliki warna hijau. Bagi Anda pencinta makanan bercitarasa pedas, sebaiknya kunjungi depot Mie Buto Ijo yang terdapat di 3 tempat, yaitu yang beralamat di Jl. Raya Sulfat / Jl. Krypton, Malang, Jl. Soekarno Hatta dan Jl. Urip Sumoharjo (Kawasan Rampal). Mie yang disajikan sangatlah unik dan menarik karena terdiri dari beberapa tingkat kepedasan. Level terendah adalah bujo bintang 1 disajikan dengan 7 buah cabai dan level tertinggi bujo bintang 5 yang disajikan dengan 64 buah cabai.

Mie Buto Ijo di malang

5. Repoeblik Telo

Perjalanan wisata kuliner di Malang Anda semakin menarik jika berkunjung ke Repoeblik Telo yang menawarkan berbagai makanan dengan menggunakan bahan dasar telo. Adapun makanan yang disediakan antara lain mie, bakpao, juice, ice cream, bakpia, dan lain-lain. Cita rasa dari semua sajian di tempat tersebut sangat nikmat dan menggugah selera. Selain dapat menikmatinya di Repoeblik Telo, Anda juga dapat membelinya untuk buah tangan.

Republik Telo Malang

Image: www.fotografi.tp.ac.id

6. Bakpao Boldy

Jajanan kuliner Malang yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, namanya Bakpao Boldy yang berada di Jl. Mangun Sarkoro No. 25 Malang. Bakpao yang satu ini termasuk dalam kategori bakpao yang legendaris. Berbagai macam varian dapat Anda rasakan, mulai dari rasa cokelat hingga rasa ayam tersedia di Bakpao Boldy.

kuliner bakpau boldy malang

Image: www.seputarmalang.com

7. Soto Daging Rahayu

Pelancong yang sudah sering berlibur di kota Malang pasti tidak akan pernah melewatkan hidangan soto istimewa khas kota Malang.

Salah satu warung soto yang legend di kota Malang adalah Soto Daging Rahayu. Lokasi Soto Daging Rahayu ini berada di Jalan Danau Maninja (lokasi Soto Daging Rahayu berada di dalam Pasar Besar, tepatnya di depan toko Santosa).

Soto Daging Rahayu ini memiliki cita rasa yang khas. Hal tersebut dikarenakan penggunaan bubuk koya yang dibuat dari kelapa bukan dari kerupuk udang.

Untuk bisa menikmati cita rasa soto daging khas kota Malang yang sudah menjadi legenda ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per porsinya.

Soto Daging Rahayu ini adalah salah satu tempat kuliner di Malang yang usianya sudah cukup tua. Soto Daging Rahayu sudah berdiri sejak tahun 1928.

Anda bisa menikmati Soto Daging Rahayu ini mulai dari jam 08:00 sampai 18:00 WIB. Namun biasanya, Soto Daging Rahayu sudah tidak tersisa di sore hari sekitar jam 15:00 WIB.

8. Rawon Brintik

Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Malang Yang Legend Dengan Beragam Menu Istimewa-Rawon Brintik

Bagi anda pecinta kuliner, anda juga wajib mencicipi cita rasa Rawon Brintik. Kota Malang memang mempunyai banyak tempat kuliner yang menjual menu rawon.

Namun demikian, belum ada satupun kuliner di Malang yang bisa menyaingi cita rasa dari Rawon Brintik. Rawon Brintik berada di Jalan K.H Ahmad Dahlan nomor 39. Rawon Brintik sudah berdiri sejak tahun 1942.

Penamaan Rawon Brintik sendiri diberikan oleh pelanggan karena memang istri dari pendiri Rawon Brintik ini memiliki rambut bergelombang.

Lalu apa bedanya Rawon Brintik ini dengan berbagai macam menu rawon dari tempat wisata kuliner Malang lainnya? Yang membedakan antara Rawon Brintik dengan rawon di tempat lain adalah tingkat keempukan daging sapi dan juga kuah rawonnya.

Bagi anda yang penasaran dengan kelezatan dari Rawon Brintik ini, anda bisa mencicipinya secara langsung. Rawon Brintik buka setiap hari dari jam 08:00 sampai 12:00 WIB.

9. Pecel Kawi

Kota Madiun bukan satu-satunya yang mempunyai menu khas pecel. Kota Malang juga mempunyai pecel yang khas.

Salah satu tempat kuliner di Malang yang menjual menu pecel khas adalah Pecel Kawi yang kebetulan juga berada di Jalan Kawi Atas nomor 43B/46.

Pecel Kawi ini sudah buka sejak tahun 1975. Disamping menyehatkan, cita rasa Pecel Kawi sampai saat ini masih terjaga meskipun sudah digantikan oleh penerusnya. Jika anda ingin mencicipi kelezatan pecel khas kota Malang, Pecel Kawi buka setiap hari dari mulai jam 05:30 sampai 18:00 WIB.

10. Tahu Lontong Lonceng

Satu lagi tempat kuliner di Malang yang sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka. Tahu Lontong Lonceng berdiri sejak tahun 1935.

Menu makanan Tahu Lontong Lonceng ini cukup unik yaitu lontong dicampur dengan tahu telur dan diberi sambal petis. Cita rasa dari Tahu Lontong Lonceng di kota Malang ini sangat otentik dan tidak akan bisa anda temukan di kota lain.

Tahu Lontong Lonceng ini berada di Jalan Laksamana Martadinata nomor 66. Tahu Lontong Lonceng ini buka dari jam 10:00 sampai 22:00 WIB di hari senin sampai sabtu. Khusus hari minggu, Tahu Lontong Lonceng hanya buka dari jam 16:00 sampai 22:00 WIB.

11. Ronde Titoni

Malam hari di kota Malang memang cukup dingin. Karena itu, suasananya sangat cocok sekali ditemani dengan minuman ronde khas Belanda.

Berbicara mengenai minuman khas Belanda tersebut, ada satu tempat kuliner di Malang yang cukup legendaris rondenya. Ronde Titoni adalah kuliner di Malang yang memang menjual wedang ronde paling lezat sejak tahun 1948.

Selain ronde, anda juga bisa menikmati angsle di Ronde Titoni ini. Angsle adalah minuman yang terdiri dari kacang hijau, bubur mutiara, dan juga pethulo (berbentuk seperti mie) dan disajikan dengan kuah santan.

Jika anda ingin menghangatkan badan ketika berwisata di kota Malang, jangan lupa mampir di Ronde Titoni. Ronde Titoni berada di depan Pasar Besar Malang dan mulai buka dari jam 17:00 sampai 23:30 WIB.

12. Gado-Gado Warung Citra

Jika anda berlibur di kota Malang, jangan lupa juga untuk mencicipi kelezatan Gado-Gado Warung Citra.

Gado-Gado Warung Citra ini juga termasuk sebagai salah satu tempat wisata kuliner Malang yang legend. Pasalnya, Gado-Gado ini sudah buka sejak tahun 1956 dan masih ramai pembeli hingga saat ini.

Yang menarik dari Gado-Gado Warung Citra adalah masih dijual dengan menggunakan sepeda kumbang tua namun masih sangat terawat hingga saat ini.

Gado-Gado Warung Citra ini tepatnya berada di Jalan Sutomo dan buka mulai dari jam 08:00 sampai 16:00 WIB. Namun jangan terlalu sore karena biasanya Gado-Gado Warung Citra ini sudah habis di siang hari.

13. Warung Rujak Cingur Bude Ruk

Satu lagi tempat kuliner di Malang yang sudah berusia lanjut adalah Warung Rujak Cingur Bude Ruk. Di Warung yang berada di Jalan Suruji nomor 17 ini memang tertulis dibuka sejak tahun 1960, namun menurut banyak orang, Warung Rujak Cingur Bude Ruk ini sudah berdiri sejak tahun 1950 silam.

Menariknya lagi, cita rasa Rujak Cingur Bude Ruk masih tetap otentik hingga saat ini. Bagi anda pecinta rujak, anda wajib mencicipi cita rasa khas dari rujak cingur di Malang ini.

14. Rumah Makan Cairo

Bagi anda yang lebih suka menikmati menu makanan olahan daging kambing, maka anda wajib mencicipi menu makanan tempat kuliner di Malang satu ini.

Rumah Makan Cairo yang berada di Jalan Kapten Tendean 1 ini sangat terkenal dengan menu sate kambing. Bedanya sate kambing di Rumah Makan Cairo ini dengan yang lain adalah dagingnya empuk, tidak berbau apek, dan potongan dagingnya cukup besar.

Rumah Makan Cairo ini juga bukan termasuk tempat wisata kuliner Malang baru. Rumah Makan Cairo ini sudah ada sejak tahun 1952, dan cita rasanya masih tetap sama sampai saat ini.

Selain sate daging kambing, anda juga bisa memesan susu kambing etawa di Rumah Makan Cairo ini. Rumah Makan Cairo ini buka setiap hari dari mulai jam 08:00 sampai 22:00 WIB.

Bagaimana? Apakah perut anda semakin keroncongan setelah membaca tempat kuliner di Malang yang direkomendasi di artikel ini? Nah, sekarang Anda bisa menentukan pilihan, wisata kuliner Malang mana yang lebih Anda sukai dan akan Anda kunjungi saat berkeliling di Kota Malang dan sekitarnya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang wisata alam dan kuliner malang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Related Post "14 TEMPAT WISATA KULINER MALANG YANG MAKNYUS"

Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Tempat Wisata di Tuban Terbaru
Tempat Wisata di Tuban. Kota Tuban yang
Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik
Oleh-Oleh Khas Tuban yang Terkenal dan Unik.
Wisata Alam di Tuban yang Eksotis
Tuban merupakan salah satu kota yang berada