Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta

Pantai Trisik – Siapa sih yang tidak ingin menikmati liburan di saat libur panjang bersama keluarga maupun teman-teman? Siapa bilang pantai yang indah bagus cuma ada di Lombok dan Bali saja? Pulau Jawa merupakan pulau yang padat penduduknya. Pulau Jawa tidak kalah indahnya dengan pulau Bali. Anda bisa menemukan surga dunia ini di berbagai daerah khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak ada habisnya jika ingin berwisata di pantai Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda tidak akan merasa bosan, karena banyak sekali pilihan pantai untuk berwisata di Yogyakarta, salah satunya pantai yang berada di kawasan Kabupaten Kulonprogo dalah Pantai Trisik yang akan kita bahas untuk referensi pilihan liburan anda. Lebih tepatnya lokasi Pantai Trisik ini, berada di wilayah Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 37 kilometer dan dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan sepeda motor kecepatan rata-rata 50km/jam.

Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta

Wisata Pantai Trisik ini menawarkan nuansa keindahan pantai seperti pantai yang lain pada umumnya, tetapi  setiap pantai yang berada di Yogyakarta juga mempunyai kelebihan tersendiri, contohnya seperti Pantai Trisik ini yang menjadi pantai salah satu wisata andalan Kabupaten Kulonprogo.

Pantai ini mempunyai ciri khas dibandingkan dengan pantai-pantai di kawasan Kulonprogo lainnya, yaitu Panorama alam yang bernuansa pedesaan di pesisir, jauh dari hiruk pikuk perkotaan inilah yang kita cari untuk beristirahat sejenak dari segala masalah, sehingga wisata Pantai Trisik ini sangat cocok untuk destinasi wisata anda yang menawarkan kedamaian untuk para pengunjungnya.

Pantai Trisik ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi karena letaknya sangat dekat dengan jalan raya. Jalannya sangat halus seprti lokasi pantai pada umumnya minimal tanjakan dan ada pula warung makan di kanan kiri jalan untuk tempat beristirahat dalam perjalanan. Anda tidak akan menyesal jika berkunjung di Pantai ini, untuk anda yang merasa  bosan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, Anda dapat bersantai dan rileks dipantai ini sambil menikmati segarnya deburan ombak dan pikiran penat pun terobati.

Suasana di Pantai Trisik Yogyakarta

Rute menuju Pantai Trisik Yogyakarta

Pengunjung yang akan menikmati keindahan panorama Objek wisata Pantai Trisik, perjalanan menuju pantai ini sangat mudah, jika anda berangkat dari kota Yogyakarta, anda bisa menuju ke kota Bantul kemudian langsung melanjutkan perjalanan kembali menuju kecamatan Srandakan, setelah anda selesai melewati jembatan Kaliprogo lanjutan perjalanan sampai menemui pertigaan Brosot, kemudian belok ke kiri maka anda akan melihat rambu-rambu menuju Objek wisata Pantai Trisik lalu ikuti arah tersebut.

Sebelum sampai ke tenpat tujuan anda akan menemui kegiatan sehari-hari dari warga desa disekitar pesisir pantai yang sedang menjemur dan mengeringkan enceng gondok, itulah salah satu kegiatan warga dari ambarawa. Enceng gondok yang sudah kering bisa dijadikan kerajinan sepereti tas, sendal dan kerajinan lainnya, hasil dari kerajinan itu disetor kepada pengusaha untuk diproses menjadi lebih cantik lagi sehingga layak untuk dijual kembali. Objek wisata pantai Trisik ini juga masih satu jalur dengan pantai congot, pantai glagah, dan juga pantai bugel.

Suasana di Pantai Trisik Yogyakarta

Salah satu yang dapat di nikmati oleh anda adalah suasananya. Yang membedakan pantai ini  dengan pantai di Jogja yang lain adalah panorama yang indah dan bernuansa nelayan menghiasi pantai tersebut, karena anda mungkin belum tentu bisa mendapatkan suasana dari pantai lain. Disekitar pantai tersebut, banyak pelelangan ikan dan anda bisa menikmati konservasi penyu disana. Kegiatan ini layak untuk dikembangkan sehingga menjadi alat untuk lebih menarik perhatian wisatawan hanya saja jika pengelolaannya secara baik, serius, kreatif dan inovatif.

Tetapi sampai saat ini potensi tersebut belum dikembangkan secara baik oleh penduduk sekitar. Tidak hanya itu saja, suasana eksotisnya pedesaan pesisir ini menjadi salah satu pemandangan saat anda tiba di Pantai Trisik, dengan penduduk disekitar yang ramah menambah lebih asyiknya liburan anda. Karena penduduk mayoritas nelayan, laut dan pantai adalah mata pencaharian mereka. Dan di sekitar pantai Trisik, terdapat warung gubug-gubug sederhana yang terbuat dari gedheg yang digunakan sebagai warung makan yang menjual minuman seperti es degan dan makanan. Sehingga mereka akan merasa senang jika anda membeli makanan di warung mereka.

Suasana di Pantai Trisik Yogyakarta 2

Tempat pelelangan ikan akan anda temui saat berada di pantai tersebut. Ketika anda akan memasuki daerah pantai, anda akan menemui tempat pelelangan ikan dengan bermacam-macam pilihan ikan segar yang dapat anda pilih untuk dijadikan oleh-oleh kepada keluaraga maupun teman. Jika anda ingin membeli di tempat pelelangan ini anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga yang akan dijual di pasar. Karena mayoritas penduduknya nelayan, sehingga pelelangan ikan ini menjadi salah satu mata pencaharian mereka, pelelangan dimulai pada saat nelayan selesai untuk melaut.

Jika anda merasa suntuk atau bosan, anda bisa sekedar nongkrong ditepi pantai pada sore hari. Jika anda beruntung bisa melihat beberapa macam burung migran yang berasal dari berbagai wilayah seperti burung kedidi leher yang merah, trinil pantai, trinil rawa, cerek kalung kecil dan ada juga burung yang non migran seperti udang biru, kuntul kerbau, walet sapi yang sedang berterbangan diatas air laut yang indah. Itulah keistimewaan dari pantai Trisik ini begitu potensial yang pantas dijadikan sebagai objek wisata.

Wisata pantai Trisik ini memang cukup mengasyikkan untuk dikunjungi, terlebih lagi jika anda mengajak keluarga maupun teman akan terasa lebih lengkap. Nuansa sejarahpun juga masih kental dilakukan oleh warga sekitar sampai saat ini, setiap 1 Syuro Bulan Jawa, Pantai Trisik ramai warga yang sedang menyelenggarakan untuk permohonan keselamatan nelayan dan meminta sedekah laut. Menikmati panorama nuansa pedesaan nelayan yang asri sambil menanti sunset di Wisata pantai Trisik memang sangat nikmat. Seluruh kekayaan alam pantai ini sangat menarik perhatian wisatawan mancanegara maupun domestik sendiri.

Dengan panorama yang indah di Pantai Trisik ini, anda bisa menikmati keindahan di sekitar pantai dengan sembari minum es atau sekedar berfoto dengan keluarga maupun teman-teman.

Harga tiket masuk

Untuk memasuki wilayah objek wisata pantai Trisik ini cukup tergolong murah, hanya Rp. 2000 per orang saya bisa menikmati keindahan disekitar pantai ini. Dan tiket masuk untuk kendaraan pribadi di patok dengan harga Rp 3000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas yang ada di Pantai Trisik Yogyakarta

Fasilitas di pantai Trisik ini masih belum memadai untuk pengunjung, bangunan yang ada disekitar terlihat kurang terawat dengan baik jadi terkesan rusak. Tetapi anda tidak perlu merasa cemas karena masih banyak warung-warung sederhana yang buka disekitar tempat tersebut sehingga anda bisa mengobati keterbatasan fasilitas yang ada disana. Anda bisa menikmati berbagai makanan atau minuman yang dijual untuk sekedar beristirahat sejenak yang tidak kalah lezat juga rasanya.

Demikian adalah referensi tempat objek wisata yang cocok untuk dijadikan liburan bersama keluarga maupun teman-teman anda. Semoga dapat membantu, selamat liburan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pantai trisik, pantai trisik yogyakarta. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Pantai

Related Post "Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Tebing Gunung Parang
Tebing Gunung Parang - Pernahkah Anda berwisata